KALILA I

27 April 2024 23:33

Iklan

Iklan

KALILA I

27 April 2024 23:33

Pertanyaan

Tolong dijawab dan beri alasannya ya! Terima kasih

Tolong dijawab dan beri alasannya ya!

Terima kasih

alt

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salman A

28 April 2024 09:04

Jawaban terverifikasi

C. Pengibaran Bendera Merah Putih Biru Di Hotel Yamato Insiden Surabaya pada tanggal 19 September 1945 diawali dengan peristiwa perobekan bendera Belanda. Peristiwa tersebut terjadi sebelum pertempuran 10 November, tepatnya berada di Hotel Yamato, Jalan Tunjungan, Surabaya. Adapun faktor penyebab peristiwa itu terjadi adalah Belanda dinilai memprovokasi dengan mengibarkan bendera merah putih biru. Selain itu, juga karena gagalnya perundingan antara Residen Sudirman dengan Victor W. Charles Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda. Sejarah Insiden Surabaya pada Tanggal 19 September 1945 Diawali dengan Peristiwa Perobekan Bendera Belanda Ilustrasi Insiden Surabaya pada Tanggal 19 September 1945 Diawali dengan Peristiwa. Perbesar Ilustrasi Insiden Surabaya pada Tanggal 19 September 1945 Diawali dengan Peristiwa. Insiden Surabaya pada tanggal 19 September 1945 diawali dengan peristiwa perobekan bendera Belanda. Adapun sejarah dari peristiwa tersebut menurut buku Peran Surabaya dalam Revolusi Nasional 1945, Moehkardi, (2020:32) berawal dari peristiwa perobekan bendera Belanda tanggal 19 September 1945 di Hotel Oranje, Jl. Tunjungan, berawal saat hotel tersebut dijadikan markas RAPWI, organ tentara Sekutu yang bertugas mengurusi para tawanan warga Eropa dan peranakan. Di zaman Jepang, di Jl. Darmo Surabaya, terdapat kamp tawanan warga Sekutu. Anggota RAPWI tersebut diterjunkan dari udara, sebelum pendaratan tentara Sekutu di Surabaya. Kedatangan RAPWI di Surabaya membangkitkan semangat orang- orang Belanda untuk kembali sebagai penguasa di Indonesia. Apalagi, setelah sebuah pesawat Dakota Belanda yang datang dari Balikpapan menyebarkan surat selebaran yang berisi agar bersiap-siap menerima kedatangan tentara Sekutu dan Belanda dalam waktu dekat. Surat selebaran itu dihiasi dengan bendera Belanda, Merah Putih Biru dengan gambar Ratu Wilhelmina. Di-"mabuk"-kan oleh selebaran itu, maka sekelompok orang Belanda, di bawah pimpinan Mr. Ploegman pada tanggal 19 September 1945 mengibarkan bendera Belanda di menara atap Hotel Oranje di Jl. Tunjungan. Secara demonstratif, mereka berdiri di atas atap mengelilingi bendera dengan sikap menantang.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 April 2024 22:59

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Insiden Surabaya pada 19 September 1945 terjadi ketika bendera Merah Putih, yang merupakan simbol kemerdekaan Indonesia, dikibarkan oleh para pemuda Indonesia di Hotel Yamato. Tindakan ini menjadi pemicu konflik dengan pihak Jepang yang masih menduduki Surabaya pada saat itu, karena Jepang masih berusaha untuk mempertahankan kekuasaannya di Indonesia pasca-kapitulasi mereka dalam Perang Dunia II. Pengibaran bendera Merah Putih di Hotel Yamato dianggap sebagai tindakan provokatif oleh pihak Jepang, yang kemudian memicu bentrokan antara pasukan Jepang dan pemuda Indonesia. Insiden ini menjadi awal dari Pertempuran Surabaya yang berlangsung selama beberapa minggu dan menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

jawabannya adalah B.

 

Insiden Surabaya pada 19 September 1945 terjadi ketika bendera Merah Putih, yang merupakan simbol kemerdekaan Indonesia, dikibarkan oleh para pemuda Indonesia di Hotel Yamato. Tindakan ini menjadi pemicu konflik dengan pihak Jepang yang masih menduduki Surabaya pada saat itu, karena Jepang masih berusaha untuk mempertahankan kekuasaannya di Indonesia pasca-kapitulasi mereka dalam Perang Dunia II. Pengibaran bendera Merah Putih di Hotel Yamato dianggap sebagai tindakan provokatif oleh pihak Jepang, yang kemudian memicu bentrokan antara pasukan Jepang dan pemuda Indonesia. Insiden ini menjadi awal dari Pertempuran Surabaya yang berlangsung selama beberapa minggu dan menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong dong 1,19 รท 100 = berapa ya?

8

5.0

Jawaban terverifikasi