Anonim A

25 Agustus 2023 06:25

Iklan

Iklan

Anonim A

25 Agustus 2023 06:25

Pertanyaan

Tolong bantu

Tolong bantu

alt

20

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Agustus 2023 06:48

Jawaban terverifikasi

Berikut adalah beberapa komponen kebugaran jasmani beserta pengertiannya dan contohnya: 1. **Daya Tahan Kardiorespiratori:** - **Pengertian:** Kemampuan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) serta sistem pernapasan (paru-paru) untuk memberikan oksigen dan nutrisi ke otot selama aktivitas fisik yang berkelanjutan. - **Contoh:** Berlari jarak jauh, bersepeda, berenang, atau latihan kardio lainnya. 2. **Kekuatan Otot:** - **Pengertian:** Kapasitas otot untuk menghasilkan gaya melawan suatu hambatan atau beban. - **Contoh:** Angkat beban, push-up, pull-up, atau latihan kekuatan lainnya. 3. **Daya Tahan Otot:** - **Pengertian:** Kemampuan otot untuk melakukan aktivitas berulang atau tetap mempertahankan posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama. - **Contoh:** Plank (posisi planck), squat bertahan, atau latihan isometrik lainnya. 4. **Fleksibilitas:** - **Pengertian:** Rentang gerakan sendi atau kelenturan otot untuk dapat melakukan gerakan tubuh dengan bebas dan tanpa rasa kaku. - **Contoh:** Peregangan otot, yoga, senam, atau gerakan peregangan lainnya. 5. **Komposisi Tubuh:** - **Pengertian:** Proporsi lemak tubuh dan massa otot dalam tubuh. - **Contoh:** Pengukuran persentase lemak tubuh, pengukuran berat badan, atau penilaian komposisi tubuh. 6. **Kelincahan:** - **Pengertian:** Kemampuan tubuh untuk mengubah arah atau posisi dengan cepat dan akurat. - **Contoh:** Latihan drill kelincahan, bermain bulu tangkis, atau latihan agility. 7. **Keseimbangan:** - **Pengertian:** Kemampuan untuk mempertahankan posisi tubuh secara stabil saat bergerak atau dalam posisi diam. - **Contoh:** Berdiri di satu kaki, yoga poses yang memerlukan keseimbangan, atau latihan keseimbangan lainnya. 8. **Kekuatan Otot Inti:** - **Pengertian:** Kekuatan otot di sekitar daerah perut, pinggang, dan punggung bagian bawah yang mendukung postur tubuh yang baik dan gerakan yang efisien. - **Contoh:** Sit-up, plank, Russian twist, atau latihan inti lainnya. Setiap komponen kebugaran jasmani memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan performa dalam berbagai aktivitas fisik. Kombinasi dari komponen-komponen ini membentuk kebugaran jasmani yang menyeluruh.


Muhammad A

25 Agustus 2023 09:00

Makasih Kak Udah Bantu πŸ˜πŸ™

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

25 Agustus 2023 07:58

Jawaban terverifikasi

<p>Kebugaran jasmani merujuk pada kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dengan efisien dan efektif. Ada beberapa komponen yang membentuk kebugaran jasmani, dan masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja tubuh. Berikut adalah komponen kebugaran jasmani beserta pengertian dan contohnya:</p><p><strong>Kekuatan Otot (Muscular Strength):</strong> Pengertian: Kekuatan otot adalah kemampuan otot-otot untuk menghasilkan kekuatan maksimal dalam satu usaha. Contoh: Angkat be ban berat dalam latihan be ban untuk merasakan kekuatan otot lengan atau kaki.</p><p><strong>Daya Tahan Otot (Muscular Endurance):</strong> Pengertian: Daya tahan otot adalah kemampuan otot-otot untuk bertahan dalam melakukan aktivitas fisik yang berulang-ulang atau tahan lama. Contoh: Melakukan sejumlah repetisi push-up atau squats tanpa henti untuk menguji daya tahan otot.</p><p><strong>Kelincahan (Flexibility):</strong> Pengertian: Kelincahan adalah kemampuan sendi-sendi untuk bergerak dengan rentang gerakan penuh tanpa mengalami cedera. Contoh: Melakukan gerakan peregangan (stretching) untuk menjaga fleksibilitas sendi dan otot.</p><p><strong>Kecepatan (Speed):</strong> Pengertian: Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam waktu singkat. Contoh: Berlari sprint di lintasan pendek untuk menguji kecepatan.</p><p><strong>Daya Tahan Kardiorespiratori (Cardiorespiratory Endurance):</strong> Pengertian: Daya tahan kardiorespiratori adalah kemampuan sistem kardiovaskular dan pernapasan untuk menyediakan oksigen dan energi selama aktivitas fisik yang berkelanjutan. Contoh: Berlari jarak jauh seperti maraton atau bersepeda dalam waktu lama untuk menguji daya tahan kardiorespiratori.</p><p><strong>Komposisi Tubuh (Body Composition):</strong> Pengertian: Komposisi tubuh mengukur persentase lemak tubuh dan massa otot dalam tubuh. Contoh: Mengukur persentase lemak tubuh dengan menggunakan alat pengukuran khusus atau metode lainnya.</p><p><strong>Koordinasi (Coordination):</strong> Pengertian: Koordinasi adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh dengan baik dan efisien. Contoh: Bermain tenis atau bulutangkis, di mana perlu koordinasi yang baik antara gerakan mata, tangan, dan kaki.</p><p><strong>Keseimbangan (Balance):</strong> Pengertian: Keseimbangan adalah kemampuan untuk menjaga posisi tubuh dalam posisi stabil, baik saat bergerak maupun diam. Contoh: Berdiri di atas satu kaki selama beberapa waktu untuk menguji keseimbangan.</p><p>Mengembangkan semua komponen kebugaran jasmani yang seimbang akan memberikan manfaat kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Kebugaran jasmani merujuk pada kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dengan efisien dan efektif. Ada beberapa komponen yang membentuk kebugaran jasmani, dan masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja tubuh. Berikut adalah komponen kebugaran jasmani beserta pengertian dan contohnya:

Kekuatan Otot (Muscular Strength): Pengertian: Kekuatan otot adalah kemampuan otot-otot untuk menghasilkan kekuatan maksimal dalam satu usaha. Contoh: Angkat be ban berat dalam latihan be ban untuk merasakan kekuatan otot lengan atau kaki.

Daya Tahan Otot (Muscular Endurance): Pengertian: Daya tahan otot adalah kemampuan otot-otot untuk bertahan dalam melakukan aktivitas fisik yang berulang-ulang atau tahan lama. Contoh: Melakukan sejumlah repetisi push-up atau squats tanpa henti untuk menguji daya tahan otot.

Kelincahan (Flexibility): Pengertian: Kelincahan adalah kemampuan sendi-sendi untuk bergerak dengan rentang gerakan penuh tanpa mengalami cedera. Contoh: Melakukan gerakan peregangan (stretching) untuk menjaga fleksibilitas sendi dan otot.

Kecepatan (Speed): Pengertian: Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam waktu singkat. Contoh: Berlari sprint di lintasan pendek untuk menguji kecepatan.

Daya Tahan Kardiorespiratori (Cardiorespiratory Endurance): Pengertian: Daya tahan kardiorespiratori adalah kemampuan sistem kardiovaskular dan pernapasan untuk menyediakan oksigen dan energi selama aktivitas fisik yang berkelanjutan. Contoh: Berlari jarak jauh seperti maraton atau bersepeda dalam waktu lama untuk menguji daya tahan kardiorespiratori.

Komposisi Tubuh (Body Composition): Pengertian: Komposisi tubuh mengukur persentase lemak tubuh dan massa otot dalam tubuh. Contoh: Mengukur persentase lemak tubuh dengan menggunakan alat pengukuran khusus atau metode lainnya.

Koordinasi (Coordination): Pengertian: Koordinasi adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh dengan baik dan efisien. Contoh: Bermain tenis atau bulutangkis, di mana perlu koordinasi yang baik antara gerakan mata, tangan, dan kaki.

Keseimbangan (Balance): Pengertian: Keseimbangan adalah kemampuan untuk menjaga posisi tubuh dalam posisi stabil, baik saat bergerak maupun diam. Contoh: Berdiri di atas satu kaki selama beberapa waktu untuk menguji keseimbangan.

Mengembangkan semua komponen kebugaran jasmani yang seimbang akan memberikan manfaat kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

 


 


Muhammad A

25 Agustus 2023 09:01

Makasih Kak Udah Bantu πŸ˜πŸ™

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tinggi balok start dalam perlombaan renang berkelas olimpiade adalah.. a. 0,3 m hingga 0,75 dari permukaan air b. 0,5 m hingga 0,75 dari permukaan air c. 0,5 m hingga 0,80 dari permukaan air d. 0,3 m hingga 0,80 dari permukaan air e. 0,4 hingga 0,90 dari permukaan air .

29

0.0

Jawaban terverifikasi