Anonim A

25 Agustus 2023 10:02

Iklan

Iklan

Anonim A

25 Agustus 2023 10:02

Pertanyaan

Temukan peristiwa tentang gajah Mada bergelut dalam takhta dan angkara serta struktur novel sejarahnya


1

2


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Agustus 2023 10:59

Peristiwa yang terkenal tentang Gajah Mada dalam bergelut dalam takhta dan angkara adalah ketika ia meletakkan sumpah Palapa. Sumpah Palapa dilakukan oleh Gajah Mada pada tahun 1336 M di Maja Agung, Jawa Timur. Dalam sumpah tersebut, Gajah Mada bersumpah tidak akan memakan nasi sejati sebelum berhasil menjadikan seluruh nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Gajah Mada, yang merupakan seorang patih atau perdana menteri Majapahit, memiliki ambisi yang besar untuk mempersatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Ia melakukan perjalanan dan mengadakan perundingan dengan kerajaan-kerajaan kecil dan mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk mencapai tujuannya. Struktur novel sejarah yang menceritakan tentang perjalanan hidup Gajah Mada umumnya mengikuti tahap-tahap perjalanan hidup tokoh tersebut. Berikut adalah struktur umum yang dapat ditemui dalam novel sejarah tentang Gajah Mada: 1. Pengenalan (Exposition): Memperkenalkan latar belakang Gajah Mada dan konteks sejarahnya, termasuk saat kekuasaan Majapahit. 2. Konflik (Conflict): Memperkenalkan ambisi dan cita-cita Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara. Juga menggambarkan perlawanan dan rintangan yang dihadapinya. 3. Klimaks (Climax): Puncak cerita di mana Gajah Mada berhasil meletakkan sumpah Palapa, menentukan arah perjuangannya untuk menyatukan nusantara. 4. Falling Action: Menjelaskan perjalanan Gajah Mada dalam merealisasikan sumpahnya, termasuk pertempuran dan perundingan dengan kerajaan-kerajaan lain. 5. Penyelesaian (Resolution): Menggambarkan bagaimana Gajah Mada mencapai tujuannya dan memperkokoh kekuasaan Majapahit di Nusantara. 6. Epilog: Menjelaskan peran dan pengaruh Gajah Mada setelah berhasil menjalankan sumpahnya, serta rangkaian peristiwa setelah periode hidupnya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua novel sejarah tentang Gajah Mada memiliki struktur ini sepenuhnya. Penulis bebas mengeksplorasi berbagai pendekatan dan struktur untuk menceritakan kisah Gajah Mada, namun umumnya mereka akan mencakup fase-fase penting dalam perjalanan hidupnya sesuai dengan fakta sejarah yang ada.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

25 Agustus 2023 14:50

<p>Peristiwa yang Anda maksud mungkin terkait dengan Gajah Mada, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang dikenal karena Sumpah Palapa dan perannya dalam mempersatukan nusantara di bawah pemerintahan Majapahit.</p><p>Dalam konteks pergelutan Gajah Mada dengan takhta dan angkara, ini mungkin mengacu pada bagian dalam naskah "Negarakertagama," sebuah karangan sastra Jawa Kuno yang menggambarkan kehidupan dan kejayaan kerajaan Majapahit. Bagian ini, terkadang disebut sebagai "Danghyang Nirartha," menceritakan tentang pertarungan antara Gajah Mada dan Danghyang Nirartha.</p><p>Gajah Mada bergelut dengan Danghyang Nirartha yang dikenal sebagai tokoh suci, sementara Gajah Mada adalah pejabat penting di Majapahit. Konflik ini bisa digambarkan sebagai representasi konflik antara ambisi politik dan kekuasaan dengan nilai-nilai spiritual dan keagamaan.</p><p>Tentang struktur novel sejarahnya, perlu dicatat bahwa Gajah Mada dan kisahnya tidak dalam bentuk novel seperti yang kita kenal hari ini. Kisah-kisah tentang Gajah Mada dan perannya dalam sejarah dapat ditemukan dalam berbagai naskah sejarah dan literatur klasik Indonesia, seperti "Negarakertagama" dan karya-karya lainnya.</p><p>"Negarakertagama" sendiri bukanlah novel, melainkan naskah puisi kuno yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada abad ke-14. Naskah ini menggambarkan keadaan politik, sosial, dan budaya Kerajaan Majapahit. Struktur naskah ini lebih mirip dengan kumpulan puisi atau kronik yang menguraikan berbagai aspek dalam sejarah dan kehidupan kerajaan pada saat itu.</p><p>Kisah-kisah seperti ini biasanya ditemukan dalam berbagai sumber sejarah dan sastra yang memberikan wawasan tentang masa lalu Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Peristiwa yang Anda maksud mungkin terkait dengan Gajah Mada, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang dikenal karena Sumpah Palapa dan perannya dalam mempersatukan nusantara di bawah pemerintahan Majapahit.

Dalam konteks pergelutan Gajah Mada dengan takhta dan angkara, ini mungkin mengacu pada bagian dalam naskah "Negarakertagama," sebuah karangan sastra Jawa Kuno yang menggambarkan kehidupan dan kejayaan kerajaan Majapahit. Bagian ini, terkadang disebut sebagai "Danghyang Nirartha," menceritakan tentang pertarungan antara Gajah Mada dan Danghyang Nirartha.

Gajah Mada bergelut dengan Danghyang Nirartha yang dikenal sebagai tokoh suci, sementara Gajah Mada adalah pejabat penting di Majapahit. Konflik ini bisa digambarkan sebagai representasi konflik antara ambisi politik dan kekuasaan dengan nilai-nilai spiritual dan keagamaan.

Tentang struktur novel sejarahnya, perlu dicatat bahwa Gajah Mada dan kisahnya tidak dalam bentuk novel seperti yang kita kenal hari ini. Kisah-kisah tentang Gajah Mada dan perannya dalam sejarah dapat ditemukan dalam berbagai naskah sejarah dan literatur klasik Indonesia, seperti "Negarakertagama" dan karya-karya lainnya.

"Negarakertagama" sendiri bukanlah novel, melainkan naskah puisi kuno yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada abad ke-14. Naskah ini menggambarkan keadaan politik, sosial, dan budaya Kerajaan Majapahit. Struktur naskah ini lebih mirip dengan kumpulan puisi atau kronik yang menguraikan berbagai aspek dalam sejarah dan kehidupan kerajaan pada saat itu.

Kisah-kisah seperti ini biasanya ditemukan dalam berbagai sumber sejarah dan sastra yang memberikan wawasan tentang masa lalu Indonesia.

 

 


 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

490

5.0

Jawaban terverifikasi