Tissa Y

07 Juli 2023 05:02

Iklan

Iklan

Tissa Y

07 Juli 2023 05:02

Pertanyaan

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 19 dan 20. (1) Penyakit tropis adalah penyakit yang lazim terjadi di daerah tropis dan subtropis. (2) lstilah penyakit tropis dinisbahkan dengan penyakit di wilayah beriklim panas di seputar garis khatulistiwa dan berkondisi lembap, seperti malaria, demam berdarah, cacar, dan kusta. (3) Bagi sebagian masyarakat, penyakit seperti itu dianggap penyakit kuno karena telah ada sejak zaman dahulu. (4) lstilah penyakit tropis diperkenalkan peneliti dari Barat (Eropa dan Amerika) di mana keadaan wilayahnya jauh berbeda dengan Indonesia. (S) Namun, isti lah itu sebenarnya memiliki konotasi negatif yang berhubungan dengan cara hidup yang tidak sehat, nutrisi buruk, dan penyakit menular. (6) Oleh karena itu, selama penjajahan Belanda, organisasi ilmiah Belanda dalam bidang kesehatan aktif melakukan riset tentang penyakit tropis untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda di negara jajahan. (7) Dalam perkembangan riset, didapatkan fakta bahwa penyakit tropis bukanlah penyakit yang aneh seperti yang disangka sebelumnya. (8) Bahkan, beberapa jenis penyakit tropis terjadi di daerah yang beriklim sedang, hanya berbeda pada frekuensi penderitanya. Pernyataan manakah yang sesuai dengan isi teks? (SBMPTN 2017) A. lstilah penyakit tropis pada awalnya diajukan untuk kondisi Indonesia. B. Penyakit tropis terjadi akibat kondisi buruk wilayah yang dijangkiti. C. Penyakit tropis tidak hanya ditemukan pada wilayah yang beriklim tropis. D. Orang tidak mengetahui konotasi negatif istilah penyakit tropis. E. Hasil penelitian penyakit tropis telah mengubah kondisi penyakit tropis saat ini.


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mdiki A

08 Juli 2023 15:22

Jawaban terverifikasi

jawaban C.Penyakit tropis tidak hanya ditemukan pada wilayah yang beriklim tropis pembahasan Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah bahwa penyakit tropis tidak hanya ditemukan pada wilayah yang beriklim tropis (jawaban C). Penyakit tropis adalah jenis penyakit yang banyak ditemukan di Asia dan Afrika. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit. Beberapa jenis penyakit tropis yang banyak terjadi di Indonesia meliputi malaria, demam berdarah, cacar, dan kusta. Istilah penyakit tropis sendiri diperkenalkan oleh peneliti dari Barat (Eropa dan Amerika) di mana keadaan wilayahnya jauh berbeda dengan Indonesia. Namun, istilah itu sebenarnya memiliki konotasi negatif yang berhubungan dengan cara hidup yang tidak sehat, nutrisi buruk, dan penyakit menular. Selama penjajahan Belanda, organisasi ilmiah Belanda dalam bidang kesehatan aktif melakukan riset tentang penyakit tropis untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda di negara jajahan. Dalam perkembangan riset, didapatkan fakta bahwa beberapa jenis penyakit tropis terjadi di daerah yang beriklim sedang, hanya berbeda pada frekuensi penderitanya. semoga membantu ya


Iklan

Iklan

Himmatul A

07 Juli 2023 12:32

C. Penyakit tropis tidak hanya ditemukan pada wilayah yang beriklim tropis.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

907

5.0

Jawaban terverifikasi