Juliana I

01 Januari 2022 15:34

Iklan

Iklan

Juliana I

01 Januari 2022 15:34

Pertanyaan

Susunlah kalimat-kalimat acak berikut menjadi teks anekdot yang padu! Sesuai dengan Bidang Studi 1) Bos perusahaan tersebut sangat puas dengan syarat-syarat yang dimilikinya dan bermaksud akan sebagai salah seorang pegawai. Maka dia pun menanyakan lebih lanjut apa saja tuntutannya. 2) Setelah berpikir sejenak, sang bos menyanggupi akan memenuhi semua tuntutan tersebut. 3) Hari berikutnya, waktu mahasiswa itu datang ke kantor untuk mulai bekerja barulah jelas bahwa pekerjaannya ialah mengoperasikan lift. 4) Dia berkata: "Pertama, pekerjaan harus sesuai dengan jurusan yang saya pelajari; kedua harus diberi sebuah kantor khusus yang independen, dan ketiga harus ada telepon khusus." 5) Sesudah lulus kuliah di universitas, seorang mahasiswa fakultas mesin dan alat elektronik coba melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Sumber: Aziz Megap-Megap, "Sesuai dengan Bidang Studi" dalam Humor Iwak Peyek Ngekek Sampai Tuwek, Jakarta, Citra suatu perusahaan. Media Pustaka, 2012


11

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Saddam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

02 Januari 2022 08:20

Jawaban terverifikasi

Halo, Juliana I. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya :) Susunan kalimat-kalimat di atas dapat dipadukan menjadi teks anekdot sebagai berikut. (5) Sesudah lulus kuliah di universitas, seorang mahasiswa fakultas mesin dan alat elektronik coba melamar pekerjaan di suatu perusahaan. (1) Bos perusahaan tersebut sangat puas dengan syarat-syarat yang dimilikinya dan bermaksud akan sebagai salah seorang pegawai. Maka dia pun menanyakan lebih lanjut apa saja tuntutannya. (4) Dia berkata: "Pertama, pekerjaan harus sesuai dengan jurusan yang saya pelajari; kedua harus diberi sebuah kantor khusus yang independen, dan ketiga harus ada telepon khusus." (2) Setelah berpikir sejenak, sang bos menyanggupi akan memenuhi semua tuntutan tersebut. (3) Hari berikutnya, waktu mahasiswa itu datang ke kantor untuk mulai bekerja barulah jelas bahwa pekerjaannya ialah mengoperasikan lift. Yuk kita simak pembahasan berikut. Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu. Dalam teks anekdot biasanya membahas tentang berbagai topik seperti pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan dalam menyusun teks anekdot. 1. Menentukan topik sebagai masalah yang akan disorot. 2. Menentukan tokoh terkait. 3. Menentukan peristiwa yang menjadi latar belakang. 4. Merinci peristiwa dalam alur anekdot yang meliputi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. 5. Mengembangkan kerangka anekdot menjadi sebuah cerita yang utuh. 6. Penyuntingan. Setelah mengikuti beberapa cara di atas, dapat disimpulkan bahwa susunan kalimat-kalimat di atas dapat diubah menjadi sebuah teks anekdot yang padu dengan cara memperhatikan keterkaitan alur peristiwa yang satu dengan peristiwa lain. Dalam hal ini, susunan yang benar dan sesuai adalah (5), (1), (4), (2), dan (3). Dengan demikian, susunan kalimat-kalimat di atas dapat dipadukan menjadi teks anekdot sebagai berikut. (5) Sesudah lulus kuliah di universitas, seorang mahasiswa fakultas mesin dan alat elektronik coba melamar pekerjaan di suatu perusahaan. (1) Bos perusahaan tersebut sangat puas dengan syarat-syarat yang dimilikinya dan bermaksud akan sebagai salah seorang pegawai. Maka dia pun menanyakan lebih lanjut apa saja tuntutannya. (4) Dia berkata: "Pertama, pekerjaan harus sesuai dengan jurusan yang saya pelajari; kedua harus diberi sebuah kantor khusus yang independen, dan ketiga harus ada telepon khusus." (2) Setelah berpikir sejenak, sang bos menyanggupi akan memenuhi semua tuntutan tersebut. (3) Hari berikutnya, waktu mahasiswa itu datang ke kantor untuk mulai bekerja barulah jelas bahwa pekerjaannya ialah mengoperasikan lift. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

587

0.0

Jawaban terverifikasi