Shakila S

17 September 2021 01:50

Iklan

Iklan

Shakila S

17 September 2021 01:50

Pertanyaan

Suatu ketika dia hendak sekolah mengena kan pakaian hitam-hitam, baju kokok, celana tanggung dan ikat kepala hitam pula. "Aneh!" Seru salah seorang teman, "Itu kan menentang peraturan secara tidak langsung." "Yang begini ini lebih baik daripada hanya ngomong di balik punggung orang," jawab Cipto kemudian. Teman-temannya sinis, karena menurut pikiran mereka yang dimaksud direktur dengan pakaian daerah ialah pakaian Jawa secara Solo atau Yogya. "Itu lebih aneh lagi!" kata Cipto bertahan. "Orang Jawa harus memakai pakaian adat orang Jawa: ikat kepala, kain batik, dan baju beskap, atau surjan. Akan tetapi, orang Jawa yang mana? Apakah yang dinamakan orang Jawa itu hanya orang Solo dan Yogya? Saya pun orang Jawa, tetapi saya anak desa. Dan beginilah rakyat jelata berbusana. Ini pun pakaian daerah daerah perdesaan yang wilayahnya lebih luas dari keraton-keraton Surakarta dan Yogyakarta." Sejak saat itu ada sementara temannya yang menganggap Cipto sebagai seorang mahasiswa yang eksentrik. Maksudnya, seorang anak yang serba original. Apakah benar begitu? "Belum tentu," pendapat seorang teman yang lain. Kenyataannya Cipto memang dapat mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya yang dianggap aneh itu dengan alasan yang tepat dan masuk akal. Cipto memang sengaja melakukan itu semua Sumber: Putut S. Dewantara, dr. Cipto Mangunkusumo Pejuang Kemanusiaan, Jakarta, Karya Unipress, 1983 1. menurut anda, nilai apakah yang menonjol dalam kutipan cerita sejarah tersebut? berikan alasan! 2. susunlah kembali nilai yang terkandung dalam kutipan cerita sejarah tersebut!


178

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

17 September 2021 14:27

Jawaban terverifikasi

Kelas: 12 Topik: Teks Cerita Sejarah Hai Shakila S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks Cerita Sejarah adalah teks yang berisi cerita naratif tentang sebuah peristiwa sejarah. Teks cerita sejarah dibangun atas unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intinsik mencakup seluruh aspek yang terdapat di dalam teks, seperti (1) tema: ide cerita yang dikembangan di dalam teks; (2) tokoh: pemeran atau orang yang terlibat di dalam cerita; (3) penokohan: karakter yang dilakoni oleh tokoh cerita; (4) alur: jalan cerita yang mengurutkan rangkaian peristiwa di dalam cerita; (5) latar: tempat, waktu, suasana cerita; dan (6) amanat: pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Unsur ekstrinsik adalah seluruh aspek luar yang turut memengaruhi isi cerita sejarah, seperti latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang, dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita sejarah. Latar belakang masyarakat mencakup ideologi negara, kondisi politik, kondisi sosial, dan kondisi ekonomi. Latar belakang pengarang yang dapat memengaruhi isi cerita sejarah, yakni riwayat hidup penulis, kondisi psikologis, dan aliran sastra penulis. Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita sejarah, seperti nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, dan nilai agama. Kutipan teks cerita sejarah di atas memuat cerita tentang Cipto, mahasiswa eksentrik yang serba original dengan gaya pakaian selayaknya anak pedesaan tanpa peduli kritikan orang lain. Dengan demikian, nilai yang menonjol pada kutipan cerita sejarah di atas adalah nilai sosial budaya yang berkenaan tentang budaya pakaian orang Jawa yang seharusnya tidak hanya seperti orang keraton Solo dan Yogya karena orang Jawa dari daerah pedesaan juga punya cara berpakaian yang khas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

545

0.0

Jawaban terverifikasi