Susilo S

08 Juli 2023 11:11

Iklan

Susilo S

08 Juli 2023 11:11

Pertanyaan

Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 2023 , FULL 20K 0813-1129-1022 1. Pak Furqon mengajar di kelas 4 SDN Merdeka. Menurutnya, kondisi kelas tersebut dirasa kurang efektif. Sebagian besar siswa nampak tidak siap mengikuti kegiatan pembelajaran, selalu gaduh setiap kali beliau akan memulai pembelajaran. Terkadang ada saja siswa yang berteriak di kelas, tidak memperhatikan pada saat Pak Furqon berbicara dan masih mengobrol dengan temannya, padahal Beliau sudah membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapa. Tidak jarang kondisi tersebut membuat beliau kesal dan marah. Begitupun pada saat beliau akan mengelompokkan siswa, kondisi kelas tidak kondusif. Mereka tidak mau mendengarkan arahan beliau dan cenderung asyik sendiri. Hingga pada akhirnya beliau berteriak, baru mereka mengikuti arahannya. Pada saat kelompok sudah terbentuk dan beliau memberikan topik untuk diskusi, ada saja kelompok yang asyik mengobrol dan tidak mengerjakan tugas. Sampai akhirnya waktu belajar usai, beberapa kelompok belum menyelesaikan tugasnya. Melihat kasus tersebut, sebagai calon guru SD silakan Anda bantu Pak Furqon dalam: a. Menentukan langkah-langkah yang efektif agar kegiatan pra pembelajaran berlangsung efektif. b. Menentukan cara yang efektif agar siswa dapat berkelompok dengan kondusif untuk mengikuti pembelajaran bersama Pak Furqon. 2. Pak Asep sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi panjang" kepada siswa kelas 4 di SDN Pahlawan dengan apersepsi mengingatkan kembali materi terkait konsep luas bangun datar. Beliau menjelaskan bahwa luas daerah bangun datar adalah ukuran yang menyatakan besarnya daerah bangun datar, dengan tujuan membangun pemahaman konsep siswa terkait materi tersebut dengan menerapkan metode tanya jawab dan demonstrasi. Ia menunjukkan bahwa luas daerah bangun datar persegi panjang dapat diperoleh dengan cara menunjukkan persegi satuan yang tepat menutupi daerah persegi panjang besar, kemudian menghitung jumlah persegi satuannya. Pak Asep juga menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan luas daerah persegi panjang dengan berbagai ukuran. Sehingga pada akhirnya diperoleh bahwa luas daerah bangun datar persegi panjang adalah hasil kali dua buah sisinya yang memiliki sisi tidak sama panjang. Terkait dengan keterampilan bertanya yang harus dimiliki oleh Pak Asep untuk membangun pemahaman konsep siswa dan tentunya sebagai modal dasar dalam berinteraksi dengan siswa, agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Sebagai calon guru SD, bantu Pak Asep merumuskan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dengan mengacu kepada komponen komponen keterampilan bertanya dasar! 3. Pak Hafiz akan menjelaskan materi mengenai keliling bangun datar lingkaran. Agar siswa dapat memahami konsep yang akan dipelajari, beliau mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Selanjutnya, Pak Hafiz meminta siswa untuk mengumpulkan benda-benda di sekitar siswa yang permukaannya berbentuk lingkaran. Masing-masing siswa minimal memiliki satu benda yang permukaannya berbentuk lingkaran. Setelah setiap kelompok memiliki minimal lima benda yang permukaannya berbentuk lingkaran, beliau membagikan Lembar Keja Peserta Didik (LKPD) yang berisi panduan dalam melakukan percobaan membuktikan keliling lingkaran. Tak lupa, beliau juga membagikan satu benang dan penggaris untuk setiap kelompok. Beliau menjelaskan bahwa keliling lingkaran merupakan hasil kali nilai phi dengan diameter lingkaran atau nilai phi dengan dua kali jari-jari. Namun, baru 15 menit berjalan, nampak satu kelompok yang terdiri dari 5 siswa yaitu Aripin, Bintang, Caca, Didi dan Erna tidak melakukan kerja kelompok. Mereka sibuk beraktivitas sendiri-sendiri dan tidak ada komunikasi. Beliau pun mendekati kelompok tersebut untuk mengetahui masalah yang terjadi. Ternyata, salah satu dari anggota kelompok tersebut yaitu Caca, merasa yang lainnya tidak bisa bekerja. Sehingga ia berinisiatif untuk mengerjakannya sendiri dan yang lainnya karena merasa diremehkan oleh Caca, mereka memilih untuk melakukan aktivitas lain. a. Berdasarkan pada kondisi tersebut, lakukan analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak Hafiz dan identifikasi lima karakteristik Caca! b. Bantu Pak Hafiz untuk membuat skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca tidak meremehkan kemampuan temannya dan mau bekerjasama dengan baik! 4. Bu Safitri adalah guru Bahasa Inggris di kelas V SDN Kawah Putih. Sebagian besar siswanya setiap pulang sekolah membantu orang tuanya untuk menjajakan oleh-oleh khas Ciwidey yaitu stroberi. Pada musim liburan banyak turis yang berkunjung ke Ciwidey. Namun permasalahannya sebagian besar dari anak-anak tersebut belum mahir berbicara dalam Bahasa Inggris secara aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pembelajaran di sekolah harus mendukung peningkatan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan ilustrasi di atas, bantu Bu Safitri membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat komponen: identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, alat, media dan sumber belajar serta penilaian agar dapat membantu siswanya untuk melakukan speaking dengan baik! Jawab : FULL 20K , 0813-1129-1022 1. a . Langkah-langkah yang efektif …. b . Cara yang efektif agar siswa dapat … 2. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar yang dapat digunakan oleh Pak Asep untuk membangun pemahaman konsep siswa adalah 3. a. Berdasarkan kondisi tersebut, analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak Hafiz adalah… b. Skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca … 4. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP…. FULL 20K , 0813-1129-1022

Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 2023 ,  FULL 20K 0813-1129-1022

 

1. Pak Furqon mengajar di kelas 4 SDN Merdeka. Menurutnya, kondisi kelas tersebut dirasa kurang
efektif. Sebagian besar siswa nampak tidak siap mengikuti kegiatan pembelajaran, selalu gaduh
setiap kali beliau akan memulai pembelajaran. Terkadang ada saja siswa yang berteriak di kelas,
tidak memperhatikan pada saat Pak Furqon berbicara dan masih mengobrol dengan temannya,
padahal Beliau sudah membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapa. Tidak
jarang kondisi tersebut membuat beliau kesal dan marah. Begitupun pada saat beliau akan
mengelompokkan siswa, kondisi kelas tidak kondusif. Mereka tidak mau mendengarkan arahan
beliau dan cenderung asyik sendiri. Hingga pada akhirnya beliau berteriak, baru mereka mengikuti
arahannya. Pada saat kelompok sudah terbentuk dan beliau memberikan topik untuk diskusi, ada
saja kelompok yang asyik mengobrol dan tidak mengerjakan tugas. Sampai akhirnya waktu belajar
usai, beberapa kelompok belum menyelesaikan tugasnya.
Melihat kasus tersebut, sebagai calon guru SD silakan Anda bantu Pak Furqon dalam:
a. Menentukan langkah-langkah yang efektif agar kegiatan pra pembelajaran berlangsung efektif.
b. Menentukan cara yang efektif agar siswa dapat berkelompok dengan kondusif untuk mengikuti
pembelajaran bersama Pak Furqon.

 

2. Pak Asep sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi panjang" kepada
siswa kelas 4 di SDN Pahlawan dengan apersepsi mengingatkan kembali materi terkait konsep
luas bangun datar. Beliau menjelaskan bahwa luas daerah bangun datar adalah ukuran yang
menyatakan besarnya daerah bangun datar, dengan tujuan membangun pemahaman konsep
siswa terkait materi tersebut dengan menerapkan metode tanya jawab dan demonstrasi. Ia
menunjukkan bahwa luas daerah bangun datar persegi panjang dapat diperoleh dengan cara
menunjukkan persegi satuan yang tepat menutupi daerah persegi panjang besar, kemudian
menghitung jumlah persegi satuannya. Pak Asep juga menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan
luas daerah persegi panjang dengan berbagai ukuran. Sehingga pada akhirnya diperoleh bahwa
luas daerah bangun datar persegi panjang adalah hasil kali dua buah sisinya yang memiliki sisi
tidak sama panjang.
Terkait dengan keterampilan bertanya yang harus dimiliki oleh Pak Asep untuk membangun
pemahaman konsep siswa dan tentunya sebagai modal dasar dalam berinteraksi dengan siswa,
agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Sebagai calon guru SD, bantu Pak Asep
merumuskan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dengan mengacu kepada komponen
komponen keterampilan bertanya dasar!

3. Pak Hafiz akan menjelaskan materi mengenai keliling bangun datar lingkaran. Agar siswa dapat
memahami konsep yang akan dipelajari, beliau mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok yang
terdiri dari 5-6 orang. Selanjutnya, Pak Hafiz meminta siswa untuk mengumpulkan benda-benda di
sekitar siswa yang permukaannya berbentuk lingkaran. Masing-masing siswa minimal memiliki
satu benda yang permukaannya berbentuk lingkaran. Setelah setiap kelompok memiliki minimal
lima benda yang permukaannya berbentuk lingkaran, beliau membagikan Lembar Keja Peserta
Didik (LKPD) yang berisi panduan dalam melakukan percobaan membuktikan keliling lingkaran.
Tak lupa, beliau juga membagikan satu benang dan penggaris untuk setiap kelompok. Beliau
menjelaskan bahwa keliling lingkaran merupakan hasil kali nilai phi dengan diameter lingkaran atau
nilai phi dengan dua kali jari-jari. Namun, baru 15 menit berjalan, nampak satu kelompok yang
terdiri dari 5 siswa yaitu Aripin, Bintang, Caca, Didi dan Erna tidak melakukan kerja kelompok.
Mereka sibuk beraktivitas sendiri-sendiri dan tidak ada komunikasi. Beliau pun mendekati
kelompok tersebut untuk mengetahui masalah yang terjadi. Ternyata, salah satu dari anggota
kelompok tersebut yaitu Caca, merasa yang lainnya tidak bisa bekerja. Sehingga ia berinisiatif
untuk mengerjakannya sendiri dan yang lainnya karena merasa diremehkan oleh Caca, mereka
memilih untuk melakukan aktivitas lain.
a. Berdasarkan pada kondisi tersebut, lakukan analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak
Hafiz dan identifikasi lima karakteristik Caca!
b. Bantu Pak Hafiz untuk membuat skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca tidak
meremehkan kemampuan temannya dan mau bekerjasama dengan baik!

 

4. Bu Safitri adalah guru Bahasa Inggris di kelas V SDN Kawah Putih. Sebagian besar siswanya
setiap pulang sekolah membantu orang tuanya untuk menjajakan oleh-oleh khas Ciwidey yaitu
stroberi. Pada musim liburan banyak turis yang berkunjung ke Ciwidey. Namun permasalahannya
sebagian besar dari anak-anak tersebut belum mahir berbicara dalam Bahasa Inggris secara aktif.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pembelajaran di sekolah harus mendukung peningkatan
keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris.
Berdasarkan ilustrasi di atas, bantu Bu Safitri membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang memuat komponen: identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi
pembelajaran, strategi pembelajaran, alat, media dan sumber belajar serta penilaian agar dapat
membantu siswanya untuk melakukan speaking dengan baik!

 

Jawab : FULL 20K , 0813-1129-1022

1. a. Langkah-langkah yang efektif ….

b. Cara yang efektif agar siswa dapat …

 

2. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar yang dapat digunakan oleh Pak Asep untuk membangun pemahaman konsep siswa adalah

 

3. a. Berdasarkan kondisi tersebut, analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak Hafiz adalah…

b. Skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca …

 

4. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP….

FULL 20K , 0813-1129-1022

 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

17

:

04

:

15

Klaim

39

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

DosenMuu D

09 Agustus 2023 01:18

Jawaban terverifikasi

<p>1. a. Langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pra pembelajaran di kelas tersebut antara lain:<br>- Membuat aturan yang jelas dan disepakati bersama dengan siswa tentang perilaku di kelas seperti tidak berbicara saat guru memberikan intruksi atau materi pembelajaran.<br>- Memberikan pesan yang positif dan dukungan kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai untuk memotivasi mereka dalam belajar.<br>- Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik perhatian siswa, seperti diskusi kelompok atau permainan edukatif.<br>- Menggunakan alat bantu seperti gambar atau video untuk menjelaskan materi serta memberikan tugas yang menarik bagi siswa.</p><p>b. Cara yang efektif agar siswa dapat berkelompok dengan kondusif untuk mengikuti pembelajaran bersama Pak Furqon antara lain:<br>- Memberikan panduan dan aturan yang jelas terkait pembagian kelompok dan tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing anggota kelompok.<br>- Mengadakan ice breaking atau aktivitas perkenalan di awal pembelajaran untuk membangun ikatan antarsiswa.<br>- Membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menarik untuk memotivasi siswa agar aktif dan merasa nyaman dalam kelompoknya.<br>- Memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berbicara dan berkontribusi dalam kelompoknya.<br>- Memberikan pengarahan dan arahan jelas terkait tugas dan kelompok agar semua siswa dapat bekerja sama dengan baik.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar yang dapat digunakan oleh Pak Asep untuk membangun pemahaman konsep siswa adalah:<br>- Menentukan tujuan pertanyaan yang jelas dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.<br>- Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan tidak terlalu teknis.<br>- Mengajukan pertanyaan yang terbuka dan menantang siswa untuk berpikir lebih kreatif.<br>- Memberikan waktu yang cukup untuk siswa untuk berpikir sebelum memberikan jawaban.<br>- Menggunakan teknik mendengarkan aktif dan memberikan umpan balik dengan baik.</p><p>&nbsp;</p><p>3. a. Analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak Hafiz adalah:<br>- Salah satu anggota kelompok yaitu Caca meremehkan kemampuan temannya dan memilih untuk mengerjakan tugas sendiri.<br>- Tidak adanya komunikasi antara anggota kelompok dalam mengerjakan tugas mempengaruhi keefektifan kelompok dalam mencapai tujuan bersama.</p><p>b. Skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca tidak meremehkan kemampuan temannya dan mau bekerjasama dengan baik adalah:<br>- Memberikan kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk menyumbangkan ide dan pendapat mereka.<br>- Memberikan respons positif atas setiap gagasan yang diajukan anggota kelompok dan memotivasi mereka untuk terus berkontribusi.<br>- Membuat kesepakatan bersama dan aturan yang jelas terkait kerja kelompok dan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok.<br>- Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.<br>- Menggunakan teknik refleksi dan evaluasi bersama setelah selesai mengerjakan tugas untuk mengevaluasi hasil kerja kelompok dan memberikan umpan balik untuk perbaikan ke depan.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat membantu siswa untuk melakukan speaking dengan baik antara lain:<br>- Identitas mata pelajaran: Bahasa Inggris<br>- Kompetensi dasar: Siswa dapat menggunakan kalimat sederhana dalam percakapan sehari-hari<br>- Indikator: Siswa mampu mengucapkan kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris dengan intonasi dan pelafalan yang benar<br>- Materi pembelajaran: Kalimat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti greetings, asking and answering questions, expressing likes and dislikes, etc.<br>- Strategi pembelajaran: Role play, simulasipercakapan, pembelajaran berbasis proyek<br>- Alat, media, dan sumber belajar: Gambar, kartu kata, audio visual, internet, buku Bahasa Inggris<br>- Penilaian: Tes lisan, observasi, penilaian tugas individu dan kelompok, penilaian partisipasi.</p>

1. a. Langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pra pembelajaran di kelas tersebut antara lain:
- Membuat aturan yang jelas dan disepakati bersama dengan siswa tentang perilaku di kelas seperti tidak berbicara saat guru memberikan intruksi atau materi pembelajaran.
- Memberikan pesan yang positif dan dukungan kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai untuk memotivasi mereka dalam belajar.
- Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik perhatian siswa, seperti diskusi kelompok atau permainan edukatif.
- Menggunakan alat bantu seperti gambar atau video untuk menjelaskan materi serta memberikan tugas yang menarik bagi siswa.

b. Cara yang efektif agar siswa dapat berkelompok dengan kondusif untuk mengikuti pembelajaran bersama Pak Furqon antara lain:
- Memberikan panduan dan aturan yang jelas terkait pembagian kelompok dan tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing anggota kelompok.
- Mengadakan ice breaking atau aktivitas perkenalan di awal pembelajaran untuk membangun ikatan antarsiswa.
- Membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menarik untuk memotivasi siswa agar aktif dan merasa nyaman dalam kelompoknya.
- Memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berbicara dan berkontribusi dalam kelompoknya.
- Memberikan pengarahan dan arahan jelas terkait tugas dan kelompok agar semua siswa dapat bekerja sama dengan baik.

 

2. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar yang dapat digunakan oleh Pak Asep untuk membangun pemahaman konsep siswa adalah:
- Menentukan tujuan pertanyaan yang jelas dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
- Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan tidak terlalu teknis.
- Mengajukan pertanyaan yang terbuka dan menantang siswa untuk berpikir lebih kreatif.
- Memberikan waktu yang cukup untuk siswa untuk berpikir sebelum memberikan jawaban.
- Menggunakan teknik mendengarkan aktif dan memberikan umpan balik dengan baik.

 

3. a. Analisis permasalahan yang terjadi di kelas Pak Hafiz adalah:
- Salah satu anggota kelompok yaitu Caca meremehkan kemampuan temannya dan memilih untuk mengerjakan tugas sendiri.
- Tidak adanya komunikasi antara anggota kelompok dalam mengerjakan tugas mempengaruhi keefektifan kelompok dalam mencapai tujuan bersama.

b. Skenario pembelajaran yang dapat membantu Caca tidak meremehkan kemampuan temannya dan mau bekerjasama dengan baik adalah:
- Memberikan kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk menyumbangkan ide dan pendapat mereka.
- Memberikan respons positif atas setiap gagasan yang diajukan anggota kelompok dan memotivasi mereka untuk terus berkontribusi.
- Membuat kesepakatan bersama dan aturan yang jelas terkait kerja kelompok dan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok.
- Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.
- Menggunakan teknik refleksi dan evaluasi bersama setelah selesai mengerjakan tugas untuk mengevaluasi hasil kerja kelompok dan memberikan umpan balik untuk perbaikan ke depan.

 

4. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat membantu siswa untuk melakukan speaking dengan baik antara lain:
- Identitas mata pelajaran: Bahasa Inggris
- Kompetensi dasar: Siswa dapat menggunakan kalimat sederhana dalam percakapan sehari-hari
- Indikator: Siswa mampu mengucapkan kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris dengan intonasi dan pelafalan yang benar
- Materi pembelajaran: Kalimat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti greetings, asking and answering questions, expressing likes and dislikes, etc.
- Strategi pembelajaran: Role play, simulasipercakapan, pembelajaran berbasis proyek
- Alat, media, dan sumber belajar: Gambar, kartu kata, audio visual, internet, buku Bahasa Inggris
- Penilaian: Tes lisan, observasi, penilaian tugas individu dan kelompok, penilaian partisipasi.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Angin 13)putting beliung merupakan angin yang terjadi secara tiba-tiba, bersifat 14)local, dan hanya berlangsung 15)banyak menit. Angin ini muncul d isebabkan karena perubahan tekanan udara yang sangat derastis 16)di atmosfer akibat dari kenaikan suhu yang tiba-tiba di suatu daerah sehingga mendorong pergerakan udara, dengan kecepatan yang dapat 17)memporakporandakan daerah yang dilewati. Angin ini secara umum terjadi di daerah rendah, dibalik perbukitan, seperti di banyak daerah di 18)lndonesia. Hal ini dapat dipahami karena wilayah Indonesia merupakan perlintasan pusat 19)zona deperesi tropis yang dapat memungkinkan terjadinya pengembusan angin kencang sekitar 15 menit dengan kecepatan 20)60-90 kmjam dan intensitas hujan sangat tinggi melebihi 1 50 mm/hari. 17. A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. memporak-porandakan C. Mem-porakporandakan D. _memporakporandakan_ E. meporakporanda-kan (catatan: kata bertanda _..._ ditulis cetak miring)

24

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11-14. Lebih dari 90% anggota DPR Rl periode 2009-2014 yang saat ini duduk di kursi parlemen maju lagi di Pileg 2014. Peneliti senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menegaskan,jika dilihat dari kinerja, 90% dari mereka yang mencalonkan kembali itu tidak layak dipilih rakyat. Lucius menggambarkan rekam jejak mereka sebagai para pelaku perbuatan tercela seperti korupsi, menonton video porno, kerap membolos, dan tidak produktif. Jika dilihat dari fungsi pokok DPR Rl pun, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan, menurut Lucius, target mereka meleset jauh. "Kalaupun mau mencalonkan lagi, semua motivasinya hanya mencari kerja, kekuasaan, dan keuntungan. Mereka tidak peduli rekam jejak kegagalan mereka sepanjang periode jabatan. lni bukan cuma karena faktor kepentingan, melainkan memang karena mereka tidak punya kapasitas," ungkap Lucius, kemarin. Menurut dia, masyarakat harus disadarkan akan rendahnya kompetensi yang dimiliki anggota DPR saat ini. Ia berharap, masyarakat tidak lagi terpancing oleh rayuan politik uang di Pemilu 2014. Peneliti Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam mengatakan alokasi anggaran selama lima tahun masa jabatan DPR menimbulkan harapan mereka mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan · legislasi dengan baik. "Namun, nyatanya, DPR tidak berprestasi. Fungsi pengawasan, penganggaran, apalagi legislasi gagal dijalankan. Direktur Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Ronald Rofi Andri, menambahkan legislasi yang dibahas dan disepakati di DPR kerap bermasalah sehingga banyak UU yang diuji materi dan dikabulkan Mahkamah Konstitus i. Ketua Badan Kehormatan DPR, Trimedya Panjaitan, mengakui seperti itulah kualitas DPR hasil Pemilu 2009. Ketua Badan Legislasi DPR, Ignatius Mulyono, juga mengakui target legislasi DPR tidak bisa dicapai. Jika dapat diringkas berikut rapor merah kinerja DPR selama 5 tahun : (1) Dalam kurun waktu lima tahun, DPR telah menghabiskan anggaran hingga Rp. 11,8 triliun, Rp. 2 triliun di antaranya untuk legislasi (2) Dari 2009 hingga 2014 DPR baru menuntaskan 48 RUU, yaitu: (Tabel) (3) Fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi tidak berjalan dengan baik (4) Banyak anggota dewan sering membolos dan mangkir dalam rapat. (5) Banyak anggota dewan tertidur pulas saat rapat paripurna (6) Banyak anggota dewan terlibat kasus korupsi atau menerima suap 13. Apakah simpulan dari teks di atas? A. Raper merah kinerja DPR menggambarkan kegagalan fungsinya sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun j abatan. B. Raper merah kinerja DPR menggambarkan rekam jejak mereka sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun jabatan. C. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal menjalankan fungsinya selama 5 tahun jabatan D. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal mencapai target kinerja selama 5 tahun jabatan E. Selama 5 tahun jabatan DPR tidak menunjukkan mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi dengan baik.

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

(1) Karena udara di luar ruangan yang tidak sehat itu, sebagian orang lebih memilih untuk tinggal dan menghabiskan waktunya dalam ruangan. (2) Namun, ternyata kualitas udara di dalam ruangan pun tidaksepenuhnya baik dan bebas dari polusi. (3) Studi dari Environmental Protection Agency (EPA) membuktikan, level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan, terkadang bisa 100 kali lebih tinggi. (4) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. (5) Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga. (6) Berangkat dari situ, masyarakat yang hidup di kota besar seperti Jakarta membutuhkan sistem ventilasi agar terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan udara luar ruangan. (7) Sayangnya, lubang tempat pertukaran udara itu pun bisa menjadi pintu masuk polusi dari luar ruangan. (8) Karena itu, kegiatan bersepeda di pagi hari sangat membantu untuk mengurangi stres dan risiko penyakit jantung. (9) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan. (10) Pilihan lainnya adalah tinggal di ruangan atau rumah dengan memiliki sistem sirkulasi udara baik. Sumber: www.lifestyle.kompas.com 32. Ide pokok dalam paragraf pertama adalah … (A) Udara di luar ruangan tidak sehat. (B) Sebagian orang memilih tinggal di dalam ruangan. (C) Kualitas udara di dalam ruangan tidak sepenuhnya bebas dari polusi. (D) Level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan. (E) level polutan di dalam ruangan 100 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 35 sampai dengan 40. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor *bercetak tebal* TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E). Program transmigrasi di Indonesia merupakan program perpindahan penduduk yang terbesar di dunia. Transmigrasi dilakukan sebagai salah satu upaya (35) *menanggulanggi* peningkatan masalah kependudukan dan lingkungan hidup di Indonesia yang terjadi terutama di Pulau Jawa dan sekelilingnya. Perpindahan dilakukan dari Jawa, Bali, dan Lombok ke (36) *Pulau-Pulau* lain di Indonesia yang berpenduduk lebih sedikit serta memiliki kondisi lingkungan yang lebih baik. Bersamaan dengan upaya ini dilakukan pula pendekatan keluarga berencana dan intensifikasi pertanian besar-besaran di seluruh Indonesia. Perpindahan penduduk ini terjadi melalui (37) *2* jalur. Pertama, melalui program pemerintah koloni Belanda dan setelah Indonesia merdeka melalui program (38) *suka rela* dan diselenggarakan pemerintah Indonesia. Antara tahun 1905 dan 1987 tercatat paling tidak 2,5 juta jiwa telah mengajukan diri untuk mengikuti program transmigrasi. Golongan yang kedua adalah perpindahan penduduk yang dilakukan secara (39) *spontan* tanpa bantuan pemerintah. Diperkirakan jumlah golongan yang kedua ini pada daerah-daerah tertentu dapat mencapai dua .atau tiga kali lipat jumlah (40) *transmlgrasi* peserta program pemerintah. Diadaptasi dari: Melestarkan Alam lndonesia. 37. Level 2 A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. dua C. II D. ke-2 E. kedua

5

5.0

Jawaban terverifikasi