Kmlh K

23 April 2024 12:36

Iklan

Iklan

Kmlh K

23 April 2024 12:36

Pertanyaan

siapa raja dari kerajaan mataram hindu dan siapa raja kerajaan mataran budha?

siapa raja dari kerajaan mataram hindu dan siapa raja kerajaan mataran budha?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lucius F

23 April 2024 16:28

Jawaban terverifikasi

<p>Raja dari kerajaan Mataram Hindu...</p><ul><li>Raja Sanjaya (732-760 M): Pendiri Kerajaan Mataram Kuno yang memerintah dari Mataram (Medang).</li><li>Rakai Panangkaran (760-780 M): Putra Sanjaya yang memindahkan pusat pemerintahan ke Jawa Tengah bagian selatan.</li><li>Rakai Panunggalan/Dharmatungga (780-800 M): Putra Rakai Panangkaran yang berhasil membangun kembali Candi Prambanan.</li><li>Rakai Warak/Indra (Syailendra) (800-820 M): Menantu Rakai Panangkaran yang membangun Candi Borobudur.</li><li>Rakai Garung/Samaratungga (820-840 M): Saudara Rakai Warak yang membangun Candi Mendut dan Pawon.</li><li>Mpu Sindok (929-947 M): Raja yang memindahkan pusat pemerintahan ke Jawa Timur dan membangun Candi Dinoyo dan Jawi.</li><li>Sri Lokapala dan Ratu Sri Isanatunggawijaya (sejak 947 M): Anak dan menantu Mpu Sindok.</li><li>Makutawangsawardhana (hingga 985 M): Cucu Mpu Sindok.</li><li>Dharmawangsa Teguh (985-1007 M): Putra Makutawangsawardhana yang memimpin Kerajaan Mataram Kuno hingga keruntuhannya.</li></ul><p>Raja dari kerajaan Mataram Budha...</p><ul><li>Rakai Pikatan (840-856 M): Menantu Rakai Garung yang berhasil menyatukan kembali kedua dinasti.</li><li>Rakai Kayuwangi (856-882 M): Putra Rakai Pikatan yang membangun Candi Lumbung dan Ngabean.</li><li>Rakai Watukura Dyah Balitung (882-898 M): Putra Rakai Kayuwangi yang memimpin Kerajaan Mataram Kuno mencapai masa kejayaan.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Semoga bermanfaat ๐Ÿ™</p>

Raja dari kerajaan Mataram Hindu...

  • Raja Sanjaya (732-760 M): Pendiri Kerajaan Mataram Kuno yang memerintah dari Mataram (Medang).
  • Rakai Panangkaran (760-780 M): Putra Sanjaya yang memindahkan pusat pemerintahan ke Jawa Tengah bagian selatan.
  • Rakai Panunggalan/Dharmatungga (780-800 M): Putra Rakai Panangkaran yang berhasil membangun kembali Candi Prambanan.
  • Rakai Warak/Indra (Syailendra) (800-820 M): Menantu Rakai Panangkaran yang membangun Candi Borobudur.
  • Rakai Garung/Samaratungga (820-840 M): Saudara Rakai Warak yang membangun Candi Mendut dan Pawon.
  • Mpu Sindok (929-947 M): Raja yang memindahkan pusat pemerintahan ke Jawa Timur dan membangun Candi Dinoyo dan Jawi.
  • Sri Lokapala dan Ratu Sri Isanatunggawijaya (sejak 947 M): Anak dan menantu Mpu Sindok.
  • Makutawangsawardhana (hingga 985 M): Cucu Mpu Sindok.
  • Dharmawangsa Teguh (985-1007 M): Putra Makutawangsawardhana yang memimpin Kerajaan Mataram Kuno hingga keruntuhannya.

Raja dari kerajaan Mataram Budha...

  • Rakai Pikatan (840-856 M): Menantu Rakai Garung yang berhasil menyatukan kembali kedua dinasti.
  • Rakai Kayuwangi (856-882 M): Putra Rakai Pikatan yang membangun Candi Lumbung dan Ngabean.
  • Rakai Watukura Dyah Balitung (882-898 M): Putra Rakai Kayuwangi yang memimpin Kerajaan Mataram Kuno mencapai masa kejayaan.

 

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™


Kmlh K

24 April 2024 10:53

makasih yaa

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 April 2024 10:22

Jawaban terverifikasi

<p>Raja dari Kerajaan Mataram Hindu adalah <strong>Raja Sanjaya</strong>, yang memerintah sekitar abad ke-8 hingga abad ke-10 Masehi. Raja Sanjaya merupakan salah satu raja terkenal dari Dinasti Sanjaya yang memerintah di Jawa Tengah.</p><p>Sementara itu, Raja dari Kerajaan Mataram Buddha adalah <strong>Sriwijaya Maharaja Rakai Pikatan</strong>, yang memerintah sekitar abad ke-8 Masehi. Rakai Pikatan memerintah pada masa awal Kerajaan Medang, yang kemudian berkembang menjadi Kerajaan Mataram Buddha setelah dia menikahi Ratu Pramodhawardhani, putri dari Raja Samaratungga, penguasa Wangsa Syailendra.</p>

Raja dari Kerajaan Mataram Hindu adalah Raja Sanjaya, yang memerintah sekitar abad ke-8 hingga abad ke-10 Masehi. Raja Sanjaya merupakan salah satu raja terkenal dari Dinasti Sanjaya yang memerintah di Jawa Tengah.

Sementara itu, Raja dari Kerajaan Mataram Buddha adalah Sriwijaya Maharaja Rakai Pikatan, yang memerintah sekitar abad ke-8 Masehi. Rakai Pikatan memerintah pada masa awal Kerajaan Medang, yang kemudian berkembang menjadi Kerajaan Mataram Buddha setelah dia menikahi Ratu Pramodhawardhani, putri dari Raja Samaratungga, penguasa Wangsa Syailendra.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dion adalah siswa yang rajin dan pintar. Dia memiliki cita-cita menjadi orang sukses. Setiap hari Dion harus membantu orang tuanya bekerja sepulang sekolah. Dion memiliki cita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika menggantungkan kepada orang tuanya yang tidak mungkin mampu membiayai kuliah, Dion tak mungkin bisa mewujudkan cita-citanya, dengan doa dan kerja kerasnya akhirnya Dion bisa diterima di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan beasiswa. Tulislah hal yang dapat dijadikan pelajaran dari kutipan teks inspiratif ini!

9

5.0

Jawaban terverifikasi