Najla K

Ditanya 4 hari yang lalu

Iklan

Najla K

Ditanya 4 hari yang lalu

Pertanyaan

Seorang guru akan memberi nilai A, B, atau C kepada 6 siswa yang berbeda. Berapa banyak cara pemberian nilai yang mungkin jika paling sedikit 3 siswa mendapatkan nilai B?

Seorang guru akan memberi nilai A, B, atau C kepada 6 siswa yang berbeda. Berapa banyak cara pemberian nilai yang mungkin jika paling sedikit 3 siswa mendapatkan nilai B?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

13

:

58

:

36

Klaim

6

1


Iklan

Egia P

Dijawab 4 hari yang lalu

<p>Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:</p><p>Jumlah cara memilih</p><p>3</p><p>3</p><p>siswa dari</p><p>6</p><p>6</p><p>siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu</p><p>(63)=6!3!(6−3)!=6×5×43×2×1=20</p><p>63=6!3!(6−3)!=6×5×43×2×1=20</p><p>.</p><p>Sisa</p><p>3</p><p>3</p><p>siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk</p><p>3</p><p>3</p><p>siswa ini adalah</p><p>23=8</p><p>23=8</p><p>.</p><p>Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah</p><p>1</p><p>1</p><p>dan</p><p>2</p><p>2</p><p>, yaitu</p><p>20×8=160</p><p>20×8=160</p><p>.</p><p>Kasus 2: Tepat 4 siswa mendapat nilai B</p><p>Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:</p><p>Jumlah cara memilih</p><p>4</p><p>4</p><p>siswa dari</p><p>6</p><p>6</p><p>siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu</p><p>(64)=6!4!(6−4)!=6×52×1=15</p><p>64=6!4!(6−4)!=6×52×1=15</p><p>.</p><p>Sisa</p><p>2</p><p>2</p><p>siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk</p><p>2</p><p>2</p><p>siswa ini adalah</p><p>22=4</p><p>22=4</p><p>.</p><p>Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah</p><p>1</p><p>1</p><p>dan</p><p>2</p><p>2</p><p>, yaitu</p><p>15×4=60</p><p>15×4=60</p><p>.</p><p>Kasus 3: Tepat 5 siswa mendapat nilai B</p><p>Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:</p><p>Jumlah cara memilih</p><p>5</p><p>5</p><p>siswa dari</p><p>6</p><p>6</p><p>siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu</p><p>(65)=6!5!(6−5)!=61=6</p><p>65=6!5!(6−5)!=61=6</p><p>.</p><p>Sisa</p><p>1</p><p>1</p><p>siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk</p><p>1</p><p>1</p><p>siswa ini adalah</p><p>21=2</p><p>21=2</p><p>.</p><p>Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah</p><p>1</p><p>1</p><p>dan</p><p>2</p><p>2</p><p>, yaitu</p><p>6×2=12</p><p>6×2=12</p><p>.</p><p>Kasus 4: Tepat 6 siswa mendapat nilai B</p><p>Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:</p><p>Jumlah cara memilih</p><p>6</p><p>6</p><p>siswa dari</p><p>6</p><p>6</p><p>siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu</p><p>(66)=6!6!(6−6)!=1</p><p>66=6!6!(6−6)!=1</p><p>.</p><p>Tidak ada siswa yang tersisa.</p><p>Total cara untuk kasus ini adalah</p><p>1</p><p>1</p><p>.</p><p>Jawaban Akhir</p><p>Total cara pemberian nilai yang mungkin adalah jumlah dari semua kasus, yaitu</p><p>160+60+12+1=233</p><p>160+60+12+1=233</p><p>.</p>

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Jumlah cara memilih

3

3

siswa dari

6

6

siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu

(63)=6!3!(6−3)!=6×5×43×2×1=20

63=6!3!(6−3)!=6×5×43×2×1=20

.

Sisa

3

3

siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk

3

3

siswa ini adalah

23=8

23=8

.

Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah

1

1

dan

2

2

, yaitu

20×8=160

20×8=160

.

Kasus 2: Tepat 4 siswa mendapat nilai B

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Jumlah cara memilih

4

4

siswa dari

6

6

siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu

(64)=6!4!(6−4)!=6×52×1=15

64=6!4!(6−4)!=6×52×1=15

.

Sisa

2

2

siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk

2

2

siswa ini adalah

22=4

22=4

.

Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah

1

1

dan

2

2

, yaitu

15×4=60

15×4=60

.

Kasus 3: Tepat 5 siswa mendapat nilai B

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Jumlah cara memilih

5

5

siswa dari

6

6

siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu

(65)=6!5!(6−5)!=61=6

65=6!5!(6−5)!=61=6

.

Sisa

1

1

siswa akan mendapat nilai A atau C. Jumlah cara pemberian nilai untuk

1

1

siswa ini adalah

21=2

21=2

.

Total cara untuk kasus ini adalah hasil perkalian dari langkah

1

1

dan

2

2

, yaitu

6×2=12

6×2=12

.

Kasus 4: Tepat 6 siswa mendapat nilai B

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Jumlah cara memilih

6

6

siswa dari

6

6

siswa yang akan mendapat nilai B dihitung menggunakan kombinasi, yaitu

(66)=6!6!(6−6)!=1

66=6!6!(6−6)!=1

.

Tidak ada siswa yang tersisa.

Total cara untuk kasus ini adalah

1

1

.

Jawaban Akhir

Total cara pemberian nilai yang mungkin adalah jumlah dari semua kasus, yaitu

160+60+12+1=233

160+60+12+1=233

.


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermatilah puisi " Aku " Karya CHAIRIL ANWAR benkut ini! Aku Kalau sampai waktuku Ku mau tak seorang kan merayu Tidak juga kau Tak pertu sedu sedan itu Dari kumpulannya terbuang Biar peluru menembus kulitku Aku tetap meradang menerjang Tema puisi di atas adalah.... A. ketekunan dan kemauan seseorang dalam memperjuangan hak dirinya B. kemauan untuk hidup tenang tanpa beban C. kegigihan sesorang dalam mendapatkan cinta sejati D. seseorang yang tidak mau diganggu oleh siapapun E. kepasrahan kepada keadaan yang sedang terjadi

7

5.0

Jawaban terverifikasi