Tammyytimee T

27 Mei 2024 02:14

Iklan

Iklan

Tammyytimee T

27 Mei 2024 02:14

Pertanyaan

senyawa kimia yang aromatis harus memiliki elekton pi berapa?

senyawa kimia yang aromatis harus memiliki elekton pi berapa?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Mei 2024 12:49

Jawaban terverifikasi

<p>Senyawa kimia yang aromatis, menurut aturan Hückel, harus memiliki jumlah elektron pi (π) yang sama dengan 4n + 2, di mana n adalah bilangan bulat non-negatif. Aturan ini juga dikenal sebagai aturan 4n + 2. Jumlah elektron π ini terkait dengan cincin aromatik yang stabil.</p><p>Jadi, untuk sebuah senyawa kimia dikategorikan sebagai aromatis, jumlah elektron π harus memenuhi kondisi 4n + 2. Contohnya, benzene memiliki 6 elektron π, karena memiliki cincin aromatik yang stabil dan memenuhi kondisi 4n + 2 dengan n = 1 (4 * 1 + 2 = 6).</p>

Senyawa kimia yang aromatis, menurut aturan Hückel, harus memiliki jumlah elektron pi (π) yang sama dengan 4n + 2, di mana n adalah bilangan bulat non-negatif. Aturan ini juga dikenal sebagai aturan 4n + 2. Jumlah elektron π ini terkait dengan cincin aromatik yang stabil.

Jadi, untuk sebuah senyawa kimia dikategorikan sebagai aromatis, jumlah elektron π harus memenuhi kondisi 4n + 2. Contohnya, benzene memiliki 6 elektron π, karena memiliki cincin aromatik yang stabil dan memenuhi kondisi 4n + 2 dengan n = 1 (4 * 1 + 2 = 6).


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 02:24

【Jawaban】: 4 【Penjelasan】: Senyawa kimia yang aromatis adalah senyawa yang memiliki cincin benzena atau cincin serupa. Cincin benzena memiliki enam atom karbon yang terhubung dalam bentuk heksagonal, dengan setiap atom karbon memiliki satu ikatan rangkap dengan atom karbon berikutnya. Struktur ini memungkinkan delokalisasi elektron pi, yang menghasilkan stabilitas tambahan bagi molekul. Oleh karena itu, senyawa kimia yang aromatis harus memiliki empat elektron pi yang terdelokalisasi dalam cincinnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sikap primordial yang masih digunakan dalam menghadapi kelompok lain dapat menjadi penghambat integrasi sosial. Namun, sikap primordial ternyata memiliki fungsi yang positif yaitu.. A. Mengurangi hambatan sosial dalam kelompok B. Menimbulkan keretakan dalam kelompok sendiri C. Memperkuat solidaritas antaranggota kelompok sendiri D. Mewujudkan kebersamaan dengan kelompok sosial lain E. Membentuk identitas yang berbeda dengan karakter awal

27

5.0

Jawaban terverifikasi