Simon B

14 Mei 2022 14:11

Iklan

Iklan

Simon B

14 Mei 2022 14:11

Pertanyaan

Selama menjadi menyemir sepatu di halaman masjid raya, aku merasa senang sekali (...) Ya, pelanggan. Mereka kusebut pelanggan karena selalu menyemir sepatu kepadaku setiap kali shalat. Meski tidak pernah tahu nama mereka, aku kenal wajah-wajahnya. Wajah-wajah bersih dan bercahaya. Apakah karena wajah mereka dibasahi air wudhu. Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut adalah .... A. Sebab aku dapat melihat keceriaan dalam melakukan pekerjaan ini. B. Sebab seperti yang pernah kukatakan, aku mendapat banyak rezeki. C. Sebab seperti pelanganku bilang tadi, pelanganku baik-baik D. Sebab aku dapat mengenal orang yang datang ke masjid dengan baik E. Sebab aku mendapatkan banyak pengalaman dari pengunjung masjid


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Lisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

17 Agustus 2022 16:29

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah pilihan C. Simak pembahasan berikut. Untuk mengisi teks rumpang, berikut hal-hal yang perlu dilakukan. 1. Bacalah teks dengan saksama. 2. Temukan topik yang sedang dibahas dalam kalimat. 3. Perhatikan kata/kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. 4. Lengkapi bagian yang rumpang dengan kata yang sesuai. Bagian awal sebelum bagian rumpang, penulis menjelaskan mengenai perasaan tokoh menjadi penyemir sepatu. Kemudian, kalimat setelah kalimat rumpang membahas mengenai pelanggan. Jadi, kalimat rumpang tersebut haruslah membahas alasan kebahagiaan penyemir sepatu dan pelanggan. Kalimat rumpang yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah "Sebab seperti yang pelanggan kubilang tadi, pelangganku baik-baik." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

535

5.0

Jawaban terverifikasi