Haura A

17 Maret 2024 12:29

Iklan

Iklan

Haura A

17 Maret 2024 12:29

Pertanyaan

sebutkan organisasi pasar bebas di dunia beserta wilayah dan tujuannya!

sebutkan organisasi pasar bebas di dunia beserta wilayah dan tujuannya!


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aisyah P

17 Maret 2024 13:38

Jawaban terverifikasi

<p>World Trade Organization (WTO) merupakan satu-satunya organisasi internasional yang mengatur perdagangan internasional. Terbentuk sejak tahun 1995, WTO berjalan berdasarkan serangkaian perjanjian yang dinegosiasikan dan disepakati oleh sejumlah besar negara di dunia dan diratifikasi melalui parlemen. Tujuan dari perjanjian-perjanjian WTO adalah untuk membantu produsen barang dan jasa, eksportir dan importir dalam melakukan kegiatannya.</p>

World Trade Organization (WTO) merupakan satu-satunya organisasi internasional yang mengatur perdagangan internasional. Terbentuk sejak tahun 1995, WTO berjalan berdasarkan serangkaian perjanjian yang dinegosiasikan dan disepakati oleh sejumlah besar negara di dunia dan diratifikasi melalui parlemen. Tujuan dari perjanjian-perjanjian WTO adalah untuk membantu produsen barang dan jasa, eksportir dan importir dalam melakukan kegiatannya.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:29

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa organisasi pasar bebas di dunia beserta wilayah dan tujuannya:</p><p>Uni Eropa (UE):</p><ul><li>Wilayah: Eropa</li><li>Tujuan: Mewujudkan pasar tunggal yang bebas di antara negara-negara anggotanya, mempromosikan integrasi ekonomi dan politik, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.</li></ul><p>Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN):</p><ul><li>Wilayah: Asia Tenggara</li><li>Tujuan: Mendorong kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggotanya, menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang terintegrasi, meningkatkan daya saing ekonomi, dan mempromosikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.</li></ul><p>Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA):</p><ul><li>Wilayah: Amerika Utara (Amerika Serikat, Kanada, Meksiko)</li><li>Tujuan: Menghapuskan hambatan perdagangan antara negara-negara anggotanya, meningkatkan investasi, dan memperluas akses pasar bagi barang dan jasa.</li></ul><p>Kesepakatan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP):</p><ul><li>Wilayah: Asia Pasifik (sebelumnya termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, dan beberapa negara lainnya)</li><li>Tujuan: Menciptakan kawasan perdagangan bebas yang luas di kawasan Asia Pasifik, mengurangi hambatan perdagangan, meningkatkan investasi, dan mengatur standar perdagangan.</li></ul><p>Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP):</p><ul><li>Wilayah: Asia Pasifik (termasuk negara-negara ASEAN, China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru)</li><li>Tujuan: Menciptakan pasar tunggal yang besar di kawasan Asia Pasifik, mengurangi tarif perdagangan, meningkatkan investasi, dan memperdalam integrasi ekonomi di antara negara-negara anggota.</li></ul><p>Organisasi-organisasi pasar bebas tersebut bertujuan untuk memperluas perdagangan internasional, mengurangi hambatan perdagangan, dan meningkatkan kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggota.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Berikut adalah beberapa organisasi pasar bebas di dunia beserta wilayah dan tujuannya:

Uni Eropa (UE):

  • Wilayah: Eropa
  • Tujuan: Mewujudkan pasar tunggal yang bebas di antara negara-negara anggotanya, mempromosikan integrasi ekonomi dan politik, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN):

  • Wilayah: Asia Tenggara
  • Tujuan: Mendorong kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggotanya, menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang terintegrasi, meningkatkan daya saing ekonomi, dan mempromosikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA):

  • Wilayah: Amerika Utara (Amerika Serikat, Kanada, Meksiko)
  • Tujuan: Menghapuskan hambatan perdagangan antara negara-negara anggotanya, meningkatkan investasi, dan memperluas akses pasar bagi barang dan jasa.

Kesepakatan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP):

  • Wilayah: Asia Pasifik (sebelumnya termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, dan beberapa negara lainnya)
  • Tujuan: Menciptakan kawasan perdagangan bebas yang luas di kawasan Asia Pasifik, mengurangi hambatan perdagangan, meningkatkan investasi, dan mengatur standar perdagangan.

Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP):

  • Wilayah: Asia Pasifik (termasuk negara-negara ASEAN, China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru)
  • Tujuan: Menciptakan pasar tunggal yang besar di kawasan Asia Pasifik, mengurangi tarif perdagangan, meningkatkan investasi, dan memperdalam integrasi ekonomi di antara negara-negara anggota.

Organisasi-organisasi pasar bebas tersebut bertujuan untuk memperluas perdagangan internasional, mengurangi hambatan perdagangan, dan meningkatkan kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggota.

 

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

13

0.0

Jawaban terverifikasi