Era E

15 Februari 2024 14:34

Iklan

Iklan

Era E

15 Februari 2024 14:34

Pertanyaan

sebutkan makna dari persatuan dan kesatuan

sebutkan makna dari persatuan dan kesatuan


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Februari 2024 02:00

Jawaban terverifikasi

<p>bernegara. Meskipun seringkali digunakan bersamaan, keduanya memiliki nuansa makna yang berbeda:</p><p><strong>Persatuan:</strong></p><ul><li><strong>Makna Umum:</strong> Persatuan merujuk pada keadaan bersatu atau bersama-sama, di mana individu atau kelompok-kelompok yang berbeda dapat bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.</li><li><strong>Makna dalam Konteks Sosial:</strong> Persatuan dalam konteks masyarakat mencerminkan harmoni, solidaritas, dan kerjasama antara berbagai kelompok sosial, suku, agama, dan budaya.</li></ul><p><strong>Kesatuan:</strong></p><ul><li><strong>Makna Umum:</strong> Kesatuan merujuk pada keadaan menjadi satu kesatuan yang utuh, bulat, dan tidak terpecah-belah.</li><li><strong>Makna dalam Konteks Negara:</strong> Kesatuan dalam konteks negara merujuk pada keseluruhan atau keutuhan suatu negara. Ini menekankan pentingnya mempertahankan integritas wilayah, keutuhan bangsa, dan identitas nasional.</li></ul>

bernegara. Meskipun seringkali digunakan bersamaan, keduanya memiliki nuansa makna yang berbeda:

Persatuan:

  • Makna Umum: Persatuan merujuk pada keadaan bersatu atau bersama-sama, di mana individu atau kelompok-kelompok yang berbeda dapat bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.
  • Makna dalam Konteks Sosial: Persatuan dalam konteks masyarakat mencerminkan harmoni, solidaritas, dan kerjasama antara berbagai kelompok sosial, suku, agama, dan budaya.

Kesatuan:

  • Makna Umum: Kesatuan merujuk pada keadaan menjadi satu kesatuan yang utuh, bulat, dan tidak terpecah-belah.
  • Makna dalam Konteks Negara: Kesatuan dalam konteks negara merujuk pada keseluruhan atau keutuhan suatu negara. Ini menekankan pentingnya mempertahankan integritas wilayah, keutuhan bangsa, dan identitas nasional.

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

16 Februari 2024 02:17

Jawaban terverifikasi

<p>Arti penting <strong>persatuan dan kesatuan</strong> bagi bangsa Indonesia bisa dimaknai sebagai bersatunya berbagai bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi.</p>

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia bisa dimaknai sebagai bersatunya berbagai bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dion adalah siswa yang rajin dan pintar. Dia memiliki cita-cita menjadi orang sukses. Setiap hari Dion harus membantu orang tuanya bekerja sepulang sekolah. Dion memiliki cita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika menggantungkan kepada orang tuanya yang tidak mungkin mampu membiayai kuliah, Dion tak mungkin bisa mewujudkan cita-citanya, dengan doa dan kerja kerasnya akhirnya Dion bisa diterima di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan beasiswa. Tulislah hal yang dapat dijadikan pelajaran dari kutipan teks inspiratif ini!

7

5.0

Jawaban terverifikasi