Ni P

14 Maret 2024 14:20

Iklan

Iklan

Ni P

14 Maret 2024 14:20

Pertanyaan

Sebutkan konsep tertulis terkait asas dasar negara Indonesia menurut Muhamad Yamin!

Sebutkan konsep tertulis terkait asas dasar negara Indonesia menurut Muhamad Yamin!


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 12:42

Jawaban terverifikasi

<p><br>Muhamad Yamin, seorang tokoh intelektual dan penyair Indonesia, menyampaikan beberapa konsep tertulis terkait dengan asas dasar negara Indonesia. Salah satu konsep terpenting yang disampaikan oleh Muhamad Yamin adalah "Pancasila", yang merupakan dasar negara Indonesia.</p><p>Pancasila, yang secara harfiah berarti "lima prinsip", adalah konsep asas dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima prinsip utama, yaitu:</p><p><strong>Ketuhanan Yang Maha Esa</strong>: Prinsip ini menegaskan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai fondasi moral dan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat.</p><p><strong>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab</strong>: Prinsip ini menegaskan penghargaan terhadap martabat manusia, keadilan sosial, dan keberagaman budaya sebagai landasan dalam menciptakan masyarakat yang beradab.</p><p><strong>Persatuan Indonesia</strong>: Prinsip ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, melampaui perbedaan suku, agama, ras, dan golongan (SARA).</p><p><strong>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan</strong>: Prinsip ini menegaskan prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, di mana kebijaksanaan dijalankan melalui proses musyawarah dan perwakilan.</p><p><strong>Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia</strong>: Prinsip ini menekankan pentingnya pemerataan dan keadilan sosial dalam pembangunan negara, sehingga setiap warga negara dapat menikmati hak dan kesejahteraan yang sama.</p><p><br>&nbsp;</p>


Muhamad Yamin, seorang tokoh intelektual dan penyair Indonesia, menyampaikan beberapa konsep tertulis terkait dengan asas dasar negara Indonesia. Salah satu konsep terpenting yang disampaikan oleh Muhamad Yamin adalah "Pancasila", yang merupakan dasar negara Indonesia.

Pancasila, yang secara harfiah berarti "lima prinsip", adalah konsep asas dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima prinsip utama, yaitu:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Prinsip ini menegaskan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai fondasi moral dan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Prinsip ini menegaskan penghargaan terhadap martabat manusia, keadilan sosial, dan keberagaman budaya sebagai landasan dalam menciptakan masyarakat yang beradab.

Persatuan Indonesia: Prinsip ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, melampaui perbedaan suku, agama, ras, dan golongan (SARA).

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Prinsip ini menegaskan prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, di mana kebijaksanaan dijalankan melalui proses musyawarah dan perwakilan.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Prinsip ini menekankan pentingnya pemerataan dan keadilan sosial dalam pembangunan negara, sehingga setiap warga negara dapat menikmati hak dan kesejahteraan yang sama.


 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:28

<p><br>Konsep tertulis terkait asas dasar negara Indonesia menurut Muhammad Yamin terdapat dalam Piagam Jakarta, yang merupakan dokumen yang disusun oleh Muhammad Yamin pada tahun 1932. Dalam Piagam Jakarta tersebut, Muhammad Yamin menyatakan empat asas dasar negara Indonesia, yaitu:</p><p>Kebangsaan: Mencakup prinsip bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka dan bersatu, berdaulat atas dasar hukum yang berlaku.</p><p>Kesejahteraan: Menyangkut prinsip kesejahteraan bagi rakyat Indonesia secara umum, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.</p><p>Kerakyatan: Menggariskan bahwa negara Indonesia berdasarkan atas kedaulatan rakyat yang dipilih secara langsung maupun tidak langsung.</p><p>Ketuhanan: Mempertegas bahwa Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa.</p><p>Ini merupakan konsep-konsep dasar yang menjadi landasan pemikiran Muhammad Yamin dalam membangun negara Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Konsep tertulis terkait asas dasar negara Indonesia menurut Muhammad Yamin terdapat dalam Piagam Jakarta, yang merupakan dokumen yang disusun oleh Muhammad Yamin pada tahun 1932. Dalam Piagam Jakarta tersebut, Muhammad Yamin menyatakan empat asas dasar negara Indonesia, yaitu:

Kebangsaan: Mencakup prinsip bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka dan bersatu, berdaulat atas dasar hukum yang berlaku.

Kesejahteraan: Menyangkut prinsip kesejahteraan bagi rakyat Indonesia secara umum, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Kerakyatan: Menggariskan bahwa negara Indonesia berdasarkan atas kedaulatan rakyat yang dipilih secara langsung maupun tidak langsung.

Ketuhanan: Mempertegas bahwa Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Ini merupakan konsep-konsep dasar yang menjadi landasan pemikiran Muhammad Yamin dalam membangun negara Indonesia.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa sejarah di Indonesia

0

5.0

Jawaban terverifikasi