Avita R

25 April 2024 05:10

Iklan

Iklan

Avita R

25 April 2024 05:10

Pertanyaan

Sebutkan kelemahan teori india dan buktinya


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

25 April 2024 06:21

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Teori Brahmana</strong> merupakan salah satu teori tentang sejarah masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara atau Indonesia. Selain Teori Ksatria, Teori Waisya, Teori Sudra, dan Teori Arus Balik, Teori Brahmana juga memiliki peran dalam memahami proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di wilayah ini.Berikut adalah beberapa <strong>kelemahan</strong> dan <strong>bukti sejarah</strong> terkait Teori Brahmana:</p><p><strong>Kelemahan Teori Brahmana</strong>:</p><ul><li><strong>Kemungkinan Belajar Agama di India Sulit</strong>: Teori ini menjelaskan bahwa orang Indonesia sulit belajar agama Hindu-Buddha di India karena pada masa itu masyarakat Indonesia masih bersifat pasif. Ini menjadi kelemahan karena mengasumsikan bahwa orang Indonesia tidak aktif dalam memperoleh pengetahuan agama di India.</li><li><strong>Keterbatasan Sumber Sejarah</strong>: Beberapa kritikus berpendapat bahwa catatan dan sumber sejarah di India atau di Indonesia tidak cukup menunjukkan keberhasilan proses penaklukan terhadap wilayah Nusantara. Ini menimbulkan keraguan terhadap kebenaran teori ini.</li></ul><p><strong>Bukti Sejarah Terkait Teori Brahmana</strong>:</p><ul><li><strong>Tokoh Pendukung</strong>: J.C. van Leur, seorang peneliti asal Belanda, mendukung Teori Brahmana. Dia meyakini bahwa agama Hindu-Buddha tidak datang ke Indonesia melalui peperangan, kolonisasi, atau perdagangan. Menurutnya, catatan sejarah tidak menunjukkan bukti penaklukan wilayah Nusantara. Van Leur juga tidak setuju dengan Teori Waisya yang mengasumsikan pedagang India menyebarkan ajaran Hindu dan Buddha dengan mudah.</li></ul><p>Jadi, meskipun Teori Brahmana memiliki kelemahan, seperti keterbatasan sumber sejarah, tokoh-tokoh seperti J.C. van Leur tetap mendukungnya sebagai salah satu cara memahami masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara.</p>

Teori Brahmana merupakan salah satu teori tentang sejarah masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara atau Indonesia. Selain Teori Ksatria, Teori Waisya, Teori Sudra, dan Teori Arus Balik, Teori Brahmana juga memiliki peran dalam memahami proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di wilayah ini.Berikut adalah beberapa kelemahan dan bukti sejarah terkait Teori Brahmana:

Kelemahan Teori Brahmana:

  • Kemungkinan Belajar Agama di India Sulit: Teori ini menjelaskan bahwa orang Indonesia sulit belajar agama Hindu-Buddha di India karena pada masa itu masyarakat Indonesia masih bersifat pasif. Ini menjadi kelemahan karena mengasumsikan bahwa orang Indonesia tidak aktif dalam memperoleh pengetahuan agama di India.
  • Keterbatasan Sumber Sejarah: Beberapa kritikus berpendapat bahwa catatan dan sumber sejarah di India atau di Indonesia tidak cukup menunjukkan keberhasilan proses penaklukan terhadap wilayah Nusantara. Ini menimbulkan keraguan terhadap kebenaran teori ini.

Bukti Sejarah Terkait Teori Brahmana:

  • Tokoh Pendukung: J.C. van Leur, seorang peneliti asal Belanda, mendukung Teori Brahmana. Dia meyakini bahwa agama Hindu-Buddha tidak datang ke Indonesia melalui peperangan, kolonisasi, atau perdagangan. Menurutnya, catatan sejarah tidak menunjukkan bukti penaklukan wilayah Nusantara. Van Leur juga tidak setuju dengan Teori Waisya yang mengasumsikan pedagang India menyebarkan ajaran Hindu dan Buddha dengan mudah.

Jadi, meskipun Teori Brahmana memiliki kelemahan, seperti keterbatasan sumber sejarah, tokoh-tokoh seperti J.C. van Leur tetap mendukungnya sebagai salah satu cara memahami masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

26 April 2024 15:37

Jawaban terverifikasi

Kelemahan teori India adalah kurangnya bukti arkeologis yang mendukung klaim tersebut. Meskipun ada temuan fosil manusia di India, bukti arkeologis yang lebih kaya dan lengkap ditemukan di Afrika, mendukung teori asal-usul manusia dari Afrika. Ini menghasilkan keraguan tentang keakuratan teori India sebagai tempat asal-usul manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sikap keperwiraan yang patut diteladani dari sosok pendiri Daulah Ayyubiyah adalahsikap toleransi dengan pemeluk agama lain, saat Sultan Salahuddin Al-Ayyubiberhasil menguasaiBaitul Maqdis. Wujud tolerasi itu adalah

5

0.0

Jawaban terverifikasi