Aisyah S

22 Maret 2024 17:50

Iklan

Iklan

Aisyah S

22 Maret 2024 17:50

Pertanyaan

Sebutkan hal-hal apa saja yang dapat membentuk jati diri bangsa pada saat ini... (Sebutkan 6)

Sebutkan hal-hal apa saja yang dapat membentuk jati diri bangsa pada saat ini... (Sebutkan 6)


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dearta D

23 Maret 2024 03:14

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: 1. Budaya dan tradisi lokal. 2. Sejarah bangsa. 3. Bahasa nasional. 4. Pendidikan dan pengetahuan. 5. Kebijakan pemerintah. 6. Interaksi sosial dan media. 【Penjelasan】: 1. Budaya dan tradisi lokal: Budaya dan tradisi yang telah ada sejak lama dalam suatu bangsa dapat membentuk jati diri bangsa tersebut. Hal ini mencakup cara berpakaian, makanan, upacara, dan lainnya. 2. Sejarah bangsa: Peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah suatu bangsa dapat membentuk identitas dan jati diri bangsa tersebut. 3. Bahasa nasional: Bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk suatu bangsa dapat menjadi simbol identitas dan jati diri bangsa tersebut. 4. Pendidikan dan pengetahuan: Pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki oleh penduduk suatu bangsa dapat membentuk jati diri bangsa tersebut. Hal ini mencakup pengetahuan tentang sejarah, budaya, dan tradisi bangsa tersebut. 5. Kebijakan pemerintah: Kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah suatu bangsa dapat membentuk jati diri bangsa tersebut. Hal ini mencakup kebijakan tentang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lainnya. 6. Interaksi sosial dan media: Interaksi sosial dan media dapat membentuk jati diri bangsa. Hal ini mencakup cara penduduk suatu bangsa berinteraksi satu sama lain dan bagaimana mereka menggunakan media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 09:11

Jawaban terverifikasi

<p>Membentuk jati diri bangsa merupakan sebuah proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di bawah ini adalah enam hal yang dapat membentuk jati diri bangsa pada saat ini:</p><p><strong>Nilai-Nilai Budaya</strong>: Nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi memainkan peran penting dalam membentuk jati diri bangsa. Hal ini mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, rasa hormat terhadap sesama, toleransi, dan gotong royong.</p><p><strong>Pendidikan</strong>: Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk jati diri bangsa dengan menyediakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang produktif dan bertanggung jawab. Pendidikan juga membantu mengembangkan kesadaran akan identitas nasional dan cinta tanah air.</p><p><strong>Sejarah dan Tradisi</strong>: Mengetahui sejarah dan tradisi bangsa merupakan bagian integral dari membentuk jati diri bangsa. Memahami perjuangan dan pencapaian bangsa dalam sejarahnya dapat memperkuat rasa kebanggaan dan identitas nasional.</p><p><strong>Keberagaman Kultural dan Etnis</strong>: Keberagaman kultural dan etnis di dalam suatu negara dapat menjadi sumber kekuatan bagi jati diri bangsa. Menerima dan menghargai keberagaman ini dapat membantu memperkuat identitas nasional yang inklusif dan beragam.</p><p><strong>Kepemimpinan dan Tata Kelola Pemerintahan</strong>: Kepemimpinan yang berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang baik memainkan peran kunci dalam membentuk jati diri bangsa. Pemerintah yang adil, transparan, dan bertanggung jawab dapat memperkuat rasa kepercayaan dan kebanggaan terhadap negara.</p><p><strong>Partisipasi Masyarakat dan Keterlibatan Sosial</strong>: Partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan sosial, politik, dan ekonomi negara dapat membentuk jati diri bangsa yang kuat. Masyarakat yang terlibat aktif dalam pembangunan negara akan merasa memiliki tanggung jawab dan identitas yang kuat terhadap bangsa mereka.</p><p><br>&nbsp;</p>

Membentuk jati diri bangsa merupakan sebuah proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di bawah ini adalah enam hal yang dapat membentuk jati diri bangsa pada saat ini:

Nilai-Nilai Budaya: Nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi memainkan peran penting dalam membentuk jati diri bangsa. Hal ini mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, rasa hormat terhadap sesama, toleransi, dan gotong royong.

Pendidikan: Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk jati diri bangsa dengan menyediakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang produktif dan bertanggung jawab. Pendidikan juga membantu mengembangkan kesadaran akan identitas nasional dan cinta tanah air.

Sejarah dan Tradisi: Mengetahui sejarah dan tradisi bangsa merupakan bagian integral dari membentuk jati diri bangsa. Memahami perjuangan dan pencapaian bangsa dalam sejarahnya dapat memperkuat rasa kebanggaan dan identitas nasional.

Keberagaman Kultural dan Etnis: Keberagaman kultural dan etnis di dalam suatu negara dapat menjadi sumber kekuatan bagi jati diri bangsa. Menerima dan menghargai keberagaman ini dapat membantu memperkuat identitas nasional yang inklusif dan beragam.

Kepemimpinan dan Tata Kelola Pemerintahan: Kepemimpinan yang berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang baik memainkan peran kunci dalam membentuk jati diri bangsa. Pemerintah yang adil, transparan, dan bertanggung jawab dapat memperkuat rasa kepercayaan dan kebanggaan terhadap negara.

Partisipasi Masyarakat dan Keterlibatan Sosial: Partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan sosial, politik, dan ekonomi negara dapat membentuk jati diri bangsa yang kuat. Masyarakat yang terlibat aktif dalam pembangunan negara akan merasa memiliki tanggung jawab dan identitas yang kuat terhadap bangsa mereka.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

13

0.0

Jawaban terverifikasi