Aurel W

20 Mei 2024 11:13

Iklan

Iklan

Aurel W

20 Mei 2024 11:13

Pertanyaan

Sebutkan fenomena alam sebagai dampak pemanasan global yang sesuai dengan konteks efek domino!

Sebutkan fenomena alam sebagai dampak pemanasan global yang sesuai dengan konteks efek domino!


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Deswita K

20 Mei 2024 15:11

Jawaban terverifikasi

1. Pencairan Es di Kutub: • Peningkatan suhu global menyebabkan es di kutub mencair. • Ini menyebabkan kenaikan permukaan laut. 2. Kenaikan Permukaan Laut: • Permukaan laut yang naik mengakibatkan banjir di daerah pesisir. • Banjir menyebabkan hilangnya habitat dan perpindahan manusia. 3. Perubahan Pola Iklim: • Suhu yang lebih tinggi mengubah pola cuaca, menyebabkan lebih banyak badai dan cuaca ekstrem. • Cuaca ekstrem merusak infrastruktur dan mempengaruhi pertanian. 4. Kepunahan Spesies: • Suhu yang naik mempengaruhi ekosistem, menyebabkan stres pada spesies tertentu. • Kepunahan spesies dapat mengganggu rantai makanan dan ekosistem yang lebih luas. 5. Kekeringan dan Kebakaran Hutan: • Suhu yang meningkat memperburuk kekeringan. • Kekeringan meningkatkan risiko kebakaran hutan, yang merusak hutan dan memperburuk pemanasan global dengan melepaskan lebih banyak CO2. Setiap fenomena ini memicu perubahan lebih lanjut, menciptakan efek domino yang memperparah dampak pemanasan global.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Mei 2024 01:31

Jawaban terverifikasi

1. Peningkatan suhu global: Pemanasan global menyebabkan peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Hal ini terjadi karena peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, seperti karbon dioksida dan metana, yang menahan panas dan menyebabkan suhu meningkat. Peningkatan suhu global dapat menyebabkan berbagai dampak negatif, termasuk perubahan pola cuaca dan iklim. 2. Mencairnya es di kutub: Pemanasan global juga menyebabkan mencairnya es di kutub utara dan selatan. Hal ini terjadi karena suhu yang lebih tinggi menyebabkan es dan salju mencair dengan cepat. Mencairnya es di kutub dapat mengancam kehidupan satwa liar yang bergantung pada lingkungan tersebut dan juga dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut. 3. Kenaikan permukaan laut: Mencairnya es di kutub menyebabkan kenaikan permukaan laut secara global. Hal ini terjadi karena air yang mencair dari es dan salju mengalir ke laut, meningkatkan volume air laut secara keseluruhan. Kenaikan permukaan laut dapat mengancam daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta mempengaruhi ekosistem pantai. 4. Perubahan pola cuaca dan iklim: Pemanasan global juga dapat menyebabkan perubahan pola cuaca dan iklim secara signifikan. Hal ini terjadi karena peningkatan suhu global mempengaruhi aliran udara dan tekanan atmosfer, yang pada gilirannya dapat mengubah pola cuaca lokal maupun regional. 5. Perubahan ekosistem dan keanekaragaman hayati: Perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global dapat mengganggu ekosistem alami dan keanekaragaman hayati secara luas. Beberapa spesies mungkin tidak dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan tersebut, sehingga mengarah pada kepunahan atau perpindahan habitat mereka.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah balok bermassa 1 kg dengan kecepatan 20 m/s menghantam sebuah paku sehingga paku itu masuk ke dalam 4 cm papan kayu besarnya gaya yang disebabkan oleh papan kayu tersebut adalah

8

0.0

Jawaban terverifikasi