Rafael A

01 September 2024 09:42

Iklan

Rafael A

01 September 2024 09:42

Pertanyaan

1. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Cari dari berbagai sumber dasar hukumnya! 2. Bangsa Indonesia mempunyai karakter yang berbeda dengan bangsa lain. Coba tuliskan yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain!

1. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Cari dari berbagai sumber dasar hukumnya!

2. Bangsa Indonesia mempunyai karakter yang berbeda dengan bangsa lain. Coba tuliskan yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

05

:

00

:

02

Klaim

27

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Keyla S

01 September 2024 13:51

Jawaban terverifikasi

<p>jawaban :</p><p>1. Pancasila sebagai sumber hukum di Indonesia terletak pada UUD 1945 dan UU no.12 tahun 2011.</p><p>2. yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain adalah keberagaman budaya, semboyan "Bhinneka Tunggal Ika", dan nilai gotong royong.</p>

jawaban :

1. Pancasila sebagai sumber hukum di Indonesia terletak pada UUD 1945 dan UU no.12 tahun 2011.

2. yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain adalah keberagaman budaya, semboyan "Bhinneka Tunggal Ika", dan nilai gotong royong.

alt

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

02 September 2024 06:32

Jawaban terverifikasi

Jawabannta, Sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, maka Pancasila merupakan pijakan yang melandasi segala peraturan yang dibuat. 2. Pancasila memiliki ciri yang khas dalam kebudayaan masyarakat, oleh karena itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia dan merupakan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Simak pemjelasannya yuk, Sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, maka Pancasila merupakan pijakan yang melandasi segala peraturan yang dibuat. Artinya bahwa segala peraturan yang ada di Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan tidak boleh bertententangan dengan Pancasila . Pancasila berisi 5 butir sila yang masing-masing dari sila tersebut memiliki arti yang dapat menuntun masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bila dijabarkan butir-butir pancasila memiliki arti sebagai berikut: 1. Sila ketuhanan yang maha Esa menjamin hak kemerdekaan untuk memeluk agama melaksanakan ibadah dan menghormati perbedaan agama. 2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab menempatkan hak setiap warga negara pada kedudukan yang sama dalam hukum serta serta memiliki kewajiban dan hak-hak yang sama untuk mendapat jaminan dan perlindungan undang-undang. 3. Sila persatuan indonesia mengamanatkan adanya unsur pemersatu di antara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan, hal ini sesuai dengan prinsip HAM dimana hendaknya sesama manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan. 4. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan dicerminkan dalam kehidupan pemerintahan, bernegara, dan bermasyarakat yang demokratis. Menghargai hak setiap warga negara untuk bermusyawarah mufakat yang dilakukan tanpa adanya tekanan, paksaan, ataupun intervensi yang membelenggu hak-hak partisipasi masyarakat. 5. Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengakui hak milik perorangan dan dilindungi pemanfaatannya oleh negara serta memberi kesempatan sebesar-besarnya pada masyarakat


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan