Naina N

29 Agustus 2024 12:39

Iklan

Naina N

29 Agustus 2024 12:39

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan tiga metode pengumpulan data dalam metode ilmiah, beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing metode!

Sebutkan dan jelaskan tiga metode pengumpulan data dalam metode ilmiah, beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing metode!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

21

:

04

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Gita M

29 Agustus 2024 14:41

Jawaban terverifikasi

<p>1. <strong>Wawancara&nbsp;</strong> yaitu penelitian secara langsung dengan cara turun ke lapangan mencari beberapa sampel untuk diwawancarai.&nbsp;<br><i>Kelebihan</i> : langsung bisa melihat kondisi sampel sehingga<br><i>Kekurangan</i> : masih belum bisa dipastikan karena orang orang masih ada yang belum mengetahui kepastian dari informasi yang diberikan<br>2. <strong>Observasi</strong> adalah metode pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya.<br><i>Kelebihan</i> : bisa langsung melihat fenomena yang sedang terjadi disekitar<br><i>Kekurangan</i> : Lebih sulit karena persediaan dan perlengkapan yang dibutuhkan banyak, dan harus memperhitungkan segala faktor faktornya.&nbsp;<br>3 <strong>Angket atau Kuesioner </strong>merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.<br><i>Kelebihan</i> : lebih efisien, dan kita sebagai pembuatan penelitian bisa menyiapkan jawabnnya melalui jenis kuesioner tertutup dan bisa juga mempersilahkan penjawab untuk menggunakan jawaban bebas dengan kuesioner terbuka<br><i>Kelemahan</i> : kemungkinan besar Angket diisi orang yang bukan seharusnya sehingga jawaban jawabannya kurang valid dan tidak cocok digunakan dalam penelitian.&nbsp;</p>

1. Wawancara  yaitu penelitian secara langsung dengan cara turun ke lapangan mencari beberapa sampel untuk diwawancarai. 
Kelebihan : langsung bisa melihat kondisi sampel sehingga
Kekurangan : masih belum bisa dipastikan karena orang orang masih ada yang belum mengetahui kepastian dari informasi yang diberikan
2. Observasi adalah metode pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya.
Kelebihan : bisa langsung melihat fenomena yang sedang terjadi disekitar
Kekurangan : Lebih sulit karena persediaan dan perlengkapan yang dibutuhkan banyak, dan harus memperhitungkan segala faktor faktornya. 
3 Angket atau Kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.
Kelebihan : lebih efisien, dan kita sebagai pembuatan penelitian bisa menyiapkan jawabnnya melalui jenis kuesioner tertutup dan bisa juga mempersilahkan penjawab untuk menggunakan jawaban bebas dengan kuesioner terbuka
Kelemahan : kemungkinan besar Angket diisi orang yang bukan seharusnya sehingga jawaban jawabannya kurang valid dan tidak cocok digunakan dalam penelitian. 


Iklan

Putri I

01 September 2024 02:29

Jawaban terverifikasi

<p>1. Observasi<br>&nbsp; - Penjelasan : Mengamati fenomena atau objek secara langsung tanpa mengubah atau mempengaruhi kondisi aslinya.<br>&nbsp; - Kelebihan : Data yang diperoleh biasanya sangat mendetail dan relevan dengan situasi nyata; bisa digunakan untuk mempelajari perilaku dalam konteks alami.<br>&nbsp; - Kekurangan : Bisa dipengaruhi oleh bias pengamat; tidak selalu memungkinkan untuk mengamati semua aspek fenomena; dapat terpengaruh oleh keberadaan pengamat (efek Hawthorne).</p><p>2. Wawancara<br>&nbsp; - Penjelasan : Mengumpulkan data melalui pertanyaan langsung kepada responden.<br>&nbsp; - Kelebihan : Memungkinkan pengumpulan data yang mendalam dan detail; dapat mengklarifikasi dan mengeksplorasi jawaban lebih lanjut.<br>&nbsp; - Kekurangan : Memerlukan waktu dan biaya yang tinggi; risiko bias responden atau penginterview; hasil dapat dipengaruhi oleh keterampilan pewawancara.</p><p>3. Kuesioner<br>&nbsp; - Penjelasan : Menggunakan daftar pertanyaan tertulis yang diisi oleh responden untuk mengumpulkan data.<br>&nbsp; - Kelebihan: Efisien dan dapat menjangkau banyak responden dengan biaya rendah; memudahkan pengumpulan data dari lokasi yang berbeda.<br>&nbsp; - Kekurangan: Jawaban mungkin kurang mendalam atau tidak lengkap; risiko kesalahan dalam interpretasi pertanyaan; tidak ada kesempatan untuk klarifikasi jika responden tidak memahami pertanyaan.</p>

1. Observasi
  - Penjelasan : Mengamati fenomena atau objek secara langsung tanpa mengubah atau mempengaruhi kondisi aslinya.
  - Kelebihan : Data yang diperoleh biasanya sangat mendetail dan relevan dengan situasi nyata; bisa digunakan untuk mempelajari perilaku dalam konteks alami.
  - Kekurangan : Bisa dipengaruhi oleh bias pengamat; tidak selalu memungkinkan untuk mengamati semua aspek fenomena; dapat terpengaruh oleh keberadaan pengamat (efek Hawthorne).

2. Wawancara
  - Penjelasan : Mengumpulkan data melalui pertanyaan langsung kepada responden.
  - Kelebihan : Memungkinkan pengumpulan data yang mendalam dan detail; dapat mengklarifikasi dan mengeksplorasi jawaban lebih lanjut.
  - Kekurangan : Memerlukan waktu dan biaya yang tinggi; risiko bias responden atau penginterview; hasil dapat dipengaruhi oleh keterampilan pewawancara.

3. Kuesioner
  - Penjelasan : Menggunakan daftar pertanyaan tertulis yang diisi oleh responden untuk mengumpulkan data.
  - Kelebihan: Efisien dan dapat menjangkau banyak responden dengan biaya rendah; memudahkan pengumpulan data dari lokasi yang berbeda.
  - Kekurangan: Jawaban mungkin kurang mendalam atau tidak lengkap; risiko kesalahan dalam interpretasi pertanyaan; tidak ada kesempatan untuk klarifikasi jika responden tidak memahami pertanyaan.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan