Devania C

22 Maret 2024 02:05

Iklan

Iklan

Devania C

22 Maret 2024 02:05

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari lembaga social

 Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari lembaga social


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:20

Jawaban terverifikasi

<p>Lembaga sosial adalah struktur atau organisasi yang terbentuk dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial, memfasilitasi interaksi antara individu, serta mengatur dan mengarahkan perilaku sosial. Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari lembaga sosial:</p><p><strong>Tujuan</strong>: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan memenuhi kebutuhan sosial, mengatur perilaku, atau menyediakan layanan kepada anggotanya. Contohnya, tujuan lembaga pendidikan adalah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa.</p><p><strong>Norma dan Nilai</strong>: Lembaga sosial mengandung norma dan nilai-nilai yang diinternalisasi oleh anggotanya. Norma-norma ini dapat bersifat formal (seperti hukum atau peraturan) atau informal (seperti tradisi atau adat istiadat).</p><p><strong>Struktur dan Hierarki</strong>: Lembaga sosial memiliki struktur organisasi yang terdiri dari peran-peran yang ditetapkan dan hubungan-hubungan antara anggota. Struktur ini sering kali mencakup hierarki yang menetapkan tingkat kekuasaan atau otoritas di dalam lembaga tersebut.</p><p><strong>Spesialisasi</strong>: Setiap lembaga sosial biasanya memiliki spesialisasi dalam fungsi atau layanan yang disediakan. Misalnya, lembaga kesehatan menyediakan layanan kesehatan, sementara lembaga agama bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rohani.</p><p><strong>Kepatuhan</strong>: Anggota lembaga sosial cenderung mematuhi norma-norma dan aturan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Kepatuhan ini dapat timbul dari penghargaan atau sanksi sosial yang diberikan oleh lembaga atau anggotanya.</p><p><strong>Kontinuitas</strong>: Lembaga sosial cenderung bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam masyarakat.</p><p><strong>Fungsi</strong>: Setiap lembaga sosial memiliki fungsi yang spesifik dalam masyarakat, baik itu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sosial, pembentukan identitas sosial, pengaturan perilaku, atau fungsi-fungsi lainnya.</p><p><strong>Interdependensi</strong>: Lembaga sosial sering kali saling terkait dan berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Interaksi ini dapat berupa kerja sama, persaingan, atau ketergantungan.</p><p><br>&nbsp;</p>

Lembaga sosial adalah struktur atau organisasi yang terbentuk dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial, memfasilitasi interaksi antara individu, serta mengatur dan mengarahkan perilaku sosial. Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari lembaga sosial:

Tujuan: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan memenuhi kebutuhan sosial, mengatur perilaku, atau menyediakan layanan kepada anggotanya. Contohnya, tujuan lembaga pendidikan adalah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa.

Norma dan Nilai: Lembaga sosial mengandung norma dan nilai-nilai yang diinternalisasi oleh anggotanya. Norma-norma ini dapat bersifat formal (seperti hukum atau peraturan) atau informal (seperti tradisi atau adat istiadat).

Struktur dan Hierarki: Lembaga sosial memiliki struktur organisasi yang terdiri dari peran-peran yang ditetapkan dan hubungan-hubungan antara anggota. Struktur ini sering kali mencakup hierarki yang menetapkan tingkat kekuasaan atau otoritas di dalam lembaga tersebut.

Spesialisasi: Setiap lembaga sosial biasanya memiliki spesialisasi dalam fungsi atau layanan yang disediakan. Misalnya, lembaga kesehatan menyediakan layanan kesehatan, sementara lembaga agama bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rohani.

Kepatuhan: Anggota lembaga sosial cenderung mematuhi norma-norma dan aturan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Kepatuhan ini dapat timbul dari penghargaan atau sanksi sosial yang diberikan oleh lembaga atau anggotanya.

Kontinuitas: Lembaga sosial cenderung bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam masyarakat.

Fungsi: Setiap lembaga sosial memiliki fungsi yang spesifik dalam masyarakat, baik itu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sosial, pembentukan identitas sosial, pengaturan perilaku, atau fungsi-fungsi lainnya.

Interdependensi: Lembaga sosial sering kali saling terkait dan berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Interaksi ini dapat berupa kerja sama, persaingan, atau ketergantungan.


 


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

22 Maret 2024 07:44

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Karakteristik Lembaga Sosial</strong></p><p>Untuk membedakan dengan sistem norma yang lain, lembaga sosial memiliki ciri khas atau karakteristik tertentu. Karakteristik lembaga sosial antara lain :</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Memiliki Lambang</strong></p><p>Setiap lembaga sosial harus memiliki lambang atau simbol yang berupa gambar tertentu untuk mewakili makna, tujuan, dan fungsi dari lembaga sosial tersebut.</p><p>Contoh:</p><ul><li>Lambang timbangan sebagai simbol dari pranata hukum.</li><li>Lambang Tut Wuri Handayani pada lembaga Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>2. <strong>Memiliki Tata Tertib dan Tradisi</strong></p><p>Lembaga sosial memiliki aturan, tata tertib, dan tradisi yang bentuknya tertulis maupun tidak tertulis sebagai pedoman setiap anggota masyarakat di dalamnya.</p><p>Contoh:</p><ul><li>Aturan di lembaga keluarga untuk menghormati orang yang lebih tua.</li><li>Lembaga pendidikan memiliki aturan wajib yang harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Memiliki Tingkat Kekekalan Tertentu</strong></p><p>Kekekalan tertentu maksudnya lembaga sosial memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan masyarakat di dalamnya.</p><p>Lembaga sosial tidak mudah berubah atau berganti, dan dibuktikan dari banyaknya pranata sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi.</p><p>Contoh:</p><ul><li>Dalam lembaga keluarga, budaya mudik atau tradisi pulang kampung dilakukan dari dulu hingga sekarang.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Memiliki Alat Perlengkapan</strong></p><p>Alar perlengkapan pada lembaga sosial berperan sebagai sarana prasarana yang dapat membantu mewujudkan tujuan lembaga sosial tersebut.</p><p>Contoh:</p><ul><li>Lembaga ekonomi membutuhkan alat untuk menjalankan kegiatan ekonomi dan produksinya.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Memiliki Ideologi</strong></p><p>Ideologi merupakan dasar pemikiran dari suatu lembaga sosial yang didukung dan dimiliki oleh semua anggota lembaga.</p><p>Ideologi berarti kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Lembaga sosial harus memiliki ideologi untuk menjadi acuan cara berpikir dan tujuan lembaga tersebut.</p><p><strong>&nbsp;</strong></p><p><strong>6. Memiliki Kekebalan</strong></p><p>Maksud dari lembaga sosial memiliki kekebalan yaitu lembaga sosial terbentuk dalam waktu lama dan bertahan lama.</p>

Karakteristik Lembaga Sosial

Untuk membedakan dengan sistem norma yang lain, lembaga sosial memiliki ciri khas atau karakteristik tertentu. Karakteristik lembaga sosial antara lain :

 

1. Memiliki Lambang

Setiap lembaga sosial harus memiliki lambang atau simbol yang berupa gambar tertentu untuk mewakili makna, tujuan, dan fungsi dari lembaga sosial tersebut.

Contoh:

  • Lambang timbangan sebagai simbol dari pranata hukum.
  • Lambang Tut Wuri Handayani pada lembaga Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

 

2. Memiliki Tata Tertib dan Tradisi

Lembaga sosial memiliki aturan, tata tertib, dan tradisi yang bentuknya tertulis maupun tidak tertulis sebagai pedoman setiap anggota masyarakat di dalamnya.

Contoh:

  • Aturan di lembaga keluarga untuk menghormati orang yang lebih tua.
  • Lembaga pendidikan memiliki aturan wajib yang harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah.

 

3. Memiliki Tingkat Kekekalan Tertentu

Kekekalan tertentu maksudnya lembaga sosial memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan masyarakat di dalamnya.

Lembaga sosial tidak mudah berubah atau berganti, dan dibuktikan dari banyaknya pranata sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Contoh:

  • Dalam lembaga keluarga, budaya mudik atau tradisi pulang kampung dilakukan dari dulu hingga sekarang.

 

4. Memiliki Alat Perlengkapan

Alar perlengkapan pada lembaga sosial berperan sebagai sarana prasarana yang dapat membantu mewujudkan tujuan lembaga sosial tersebut.

Contoh:

  • Lembaga ekonomi membutuhkan alat untuk menjalankan kegiatan ekonomi dan produksinya.

 

5. Memiliki Ideologi

Ideologi merupakan dasar pemikiran dari suatu lembaga sosial yang didukung dan dimiliki oleh semua anggota lembaga.

Ideologi berarti kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Lembaga sosial harus memiliki ideologi untuk menjadi acuan cara berpikir dan tujuan lembaga tersebut.

 

6. Memiliki Kekebalan

Maksud dari lembaga sosial memiliki kekebalan yaitu lembaga sosial terbentuk dalam waktu lama dan bertahan lama.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa itu sunami?

0

4.0

Jawaban terverifikasi