Anonim A

28 Mei 2024 04:54

Iklan

Iklan

Anonim A

28 Mei 2024 04:54

Pertanyaan

sebutkan dan jelaskan jenis jaringan lokal berdasarkan cakupan luas area aksesnya..

sebutkan dan jelaskan jenis jaringan lokal berdasarkan cakupan luas area aksesnya..


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

29 Mei 2024 02:15

Jawaban terverifikasi

<p>Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan dua atau lebih perangkat komputasi untuk mengirimkan dan berbagi informasi. Perangkat komputasi mencakup segalanya mulai dari ponsel hingga server. Perangkat ini dihubungkan menggunakan kabel fisik seperti serat optik, namun bisa juga nirkabel.</p><p>Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.</p><p>Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain untuk berbagi data dan sumber daya lainnya. Selain itu juga menggunakan sistem yang disebut sebagai protokol komunikasi untuk menyalurkan informasi melalui kabel atau nirkabel</p><p>Jenis-jenis jaringan komputer yang paling umum digunakan adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN).</p><p>a. Jaringan area lokal atau jejaring area setempat (bahasa Inggris: local area network, LAN) adalah jejaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.</p>

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan dua atau lebih perangkat komputasi untuk mengirimkan dan berbagi informasi. Perangkat komputasi mencakup segalanya mulai dari ponsel hingga server. Perangkat ini dihubungkan menggunakan kabel fisik seperti serat optik, namun bisa juga nirkabel.

Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.

Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain untuk berbagi data dan sumber daya lainnya. Selain itu juga menggunakan sistem yang disebut sebagai protokol komunikasi untuk menyalurkan informasi melalui kabel atau nirkabel

Jenis-jenis jaringan komputer yang paling umum digunakan adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN).

a. Jaringan area lokal atau jejaring area setempat (bahasa Inggris: local area network, LAN) adalah jejaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.

alt

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Mei 2024 05:04

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Terdapat empat jenis jaringan lokal berdasarkan cakupan luas area aksesnya. 1. Local Area Network (LAN) LAN adalah jaringan komputer berskala kecil, biasanya hanya mencakup area lokal seperti gedung, sekolah, atau kampus. Teknologi yang umum digunakan untuk membangun LAN adalah IEEE 802.3 Ethernet, yang menggunakan perangkat switch dan dapat mencapai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbps. Selain itu, teknologi 802.11b atau Wi-Fi juga sering digunakan dalam pembentukan LAN. 2. Metropolitan Area Network (MAN) MAN memiliki cakupan yang lebih luas daripada LAN. Ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar kota atau wilayah. Contohnya bisa berupa jaringan antar kota dari Departemen Pendidikan atau jaringan antar mall di berbagai kota. 3. Wide Area Network (WAN) WAN memiliki jangkauan geografis yang lebih luas daripada MAN, mencakup negara atau bahkan antar benua. WAN terdiri dari sejumlah komputer atau host yang dirancang untuk menjalankan aplikasi pengguna. Jaringan ini biasanya menggunakan satelit atau kabel bawah laut untuk menghubungkan antar host. 4. Internet Internet adalah jaringan terbesar yang mencakup seluruh dunia. Ini terbentuk dari kumpulan WAN. Internet memungkinkan komputer kita berkomunikasi dengan komputer lain di seluruh dunia asalkan terhubung ke jaringan ini. Setiap jenis jaringan ini mempunyai tujuan dan kegunaannya masing-masing, dengan cakupan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

55

5.0

Jawaban terverifikasi