Danish Q

19 Februari 2024 11:38

Iklan

Danish Q

19 Februari 2024 11:38

Pertanyaan

Sebutkan 3 pengaruh menggunakan pestisida yg berlebihan bagi keseimbangan lingkungan

Sebutkan 3 pengaruh menggunakan pestisida yg berlebihan bagi keseimbangan lingkungan

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

12

:

35

:

25

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dena A

19 Februari 2024 16:44

Jawaban terverifikasi

<p>Pengaruh penggunaan pestisida yang berlebihan bagi keseimbangan lingkungan sebagi berikut.</p><p>1. Munculnya hama dan penyakit</p><p>2. Hilangnya plasma nutfah</p><p>3. Punahnya predator dalam ekosistem dan resistennya organisme penganggu tanaman.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Pengaruh penggunaan pestisida yang berlebihan bagi keseimbangan lingkungan sebagi berikut.

1. Munculnya hama dan penyakit

2. Hilangnya plasma nutfah

3. Punahnya predator dalam ekosistem dan resistennya organisme penganggu tanaman.

 

 


Iklan

Sumber W

Community

19 Februari 2024 17:07

Jawaban terverifikasi

<p>Bahaya Pestisida Terhadap Lingkungan</p><p>&nbsp;</p><p><strong>&nbsp;1. Punahnya Spesies</strong></p><p>Tujuan dari penggunaan pestisida adalah untuk menghilangkan hama pengganggu tanaman. Sayangnya tidak ada pestisida yang secara spesifik bisa menyasar spesies hama tertentu. Sehingga hewan kebun yang bermanfaat untuk proses pertanian seperti kepik dan burung, justru akan teracuni juga oleh pestisida.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Ledakan Hama</strong></p><p>Penggunaan pestisida yang tidak sesuai aturan dapat menyebabkan punahnya suatu spesies. Akibat dari punahnya suatu spesies adalah adanya ledakan hama karena hilangnya musuh alami yang menahan perkembangan dari hama tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Mengganggu Keseimbangan Lingkungan</strong></p><p>Punahnya suatu spesies dan ledakan spesies lain dalam suatu ekosistem dapat mengubah pola interaksi yang ada. Rusaknya pola interaksi karena rantai makanan yang terputus, hilangnya musuh alami, dan perubahan aliran energi mengakibatkan keseimbangan lingkungan terganggu.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Mencemari Tanah</strong></p><p>Pestisida yang diberikan melebihi takaran dan diberikan tidak pada waktunya dapat mempengaruhi penyerapan pestisida oleh tanaman. Akibatnya banyak pestisida yang jatuh ke permukaan tanah.</p><p>Bahan kimia yang terkandung dalam pestisida dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam tanah. Jika organisme tanah mati maka kesuburan tanah juga akan terganggu.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Ancaman Bagi Kehidupan Akuatik</strong></p><p>Pestisida tidak selalu terserap dengan baik oleh tanaman sehingga justru mencemari lingkungan sekitar. Pestisida yang larut ke aliran air menjadi ancaman besar bagi habitat akuatik.</p>

Bahaya Pestisida Terhadap Lingkungan

 

 1. Punahnya Spesies

Tujuan dari penggunaan pestisida adalah untuk menghilangkan hama pengganggu tanaman. Sayangnya tidak ada pestisida yang secara spesifik bisa menyasar spesies hama tertentu. Sehingga hewan kebun yang bermanfaat untuk proses pertanian seperti kepik dan burung, justru akan teracuni juga oleh pestisida.

 

2. Ledakan Hama

Penggunaan pestisida yang tidak sesuai aturan dapat menyebabkan punahnya suatu spesies. Akibat dari punahnya suatu spesies adalah adanya ledakan hama karena hilangnya musuh alami yang menahan perkembangan dari hama tersebut.

 

3. Mengganggu Keseimbangan Lingkungan

Punahnya suatu spesies dan ledakan spesies lain dalam suatu ekosistem dapat mengubah pola interaksi yang ada. Rusaknya pola interaksi karena rantai makanan yang terputus, hilangnya musuh alami, dan perubahan aliran energi mengakibatkan keseimbangan lingkungan terganggu.

 

4. Mencemari Tanah

Pestisida yang diberikan melebihi takaran dan diberikan tidak pada waktunya dapat mempengaruhi penyerapan pestisida oleh tanaman. Akibatnya banyak pestisida yang jatuh ke permukaan tanah.

Bahan kimia yang terkandung dalam pestisida dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam tanah. Jika organisme tanah mati maka kesuburan tanah juga akan terganggu.

 

5. Ancaman Bagi Kehidupan Akuatik

Pestisida tidak selalu terserap dengan baik oleh tanaman sehingga justru mencemari lingkungan sekitar. Pestisida yang larut ke aliran air menjadi ancaman besar bagi habitat akuatik.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan