BISMA A

26 Maret 2024 15:29

Iklan

Iklan

BISMA A

26 Maret 2024 15:29

Pertanyaan

Sebut dan jelaskan tiga (3) Pendekatan dalam pengembangan SDM Indonesia untuk perencanaan pembangunan

Sebut dan jelaskan tiga (3) Pendekatan dalam pengembangan SDM Indonesia untuk perencanaan pembangunan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mas A

26 Maret 2024 22:00

Jawaban terverifikasi

Dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk perencanaan pembangunan, terdapat tiga pendekatan utama: 1. Pendidikan dan Pelatihan: Pendekatan ini fokus pada meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja melalui pendidikan formal, pelatihan teknis, dan pengembangan keterampilan. Ini termasuk investasi dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, serta pelatihan kerja untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan industri. 2. Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan ini berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, termasuk dalam pengambilan keputusan dan implementasi program. Ini melibatkan pelatihan keterampilan sosial, peningkatan akses terhadap informasi dan sumber daya, serta pemberdayaan ekonomi melalui program-program seperti koperasi dan usaha mikro. 3. Kolaborasi dan Kemitraan: Pendekatan ini menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, dan lembaga internasional dalam pengembangan SDM. Kolaborasi ini dapat mencakup pertukaran pengetahuan, sumber daya, dan teknologi, serta pembentukan kemitraan strategis untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:16

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk perencanaan pembangunan, terdapat beberapa pendekatan yang dapat diterapkan. Berikut adalah tiga pendekatan utama:</p><p>Pendidikan dan Pelatihan: Pendekatan ini menekankan pentingnya pendidikan formal dan pelatihan kerja dalam meningkatkan kualitas SDM. Ini termasuk investasi dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi untuk meningkatkan tingkat melek huruf dan keterampilan kerja. Selain itu, pelatihan kerja dan kursus-kursus yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja juga penting untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja.</p><p>Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan keterampilan, peningkatan kesadaran, dan partisipasi aktif dalam pembangunan. Ini melibatkan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan pelatihan kerja, serta memberikan dukungan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).</p><p>Kemitraan Publik-Privat: Pendekatan ini melibatkan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga-lembaga non-pemerintah dalam pengembangan SDM. Melalui kemitraan ini, dapat dilakukan investasi bersama dalam pendidikan, pelatihan kerja, dan pengembangan keterampilan, serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.</p><p><br>&nbsp;</p>

Dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk perencanaan pembangunan, terdapat beberapa pendekatan yang dapat diterapkan. Berikut adalah tiga pendekatan utama:

Pendidikan dan Pelatihan: Pendekatan ini menekankan pentingnya pendidikan formal dan pelatihan kerja dalam meningkatkan kualitas SDM. Ini termasuk investasi dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi untuk meningkatkan tingkat melek huruf dan keterampilan kerja. Selain itu, pelatihan kerja dan kursus-kursus yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja juga penting untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja.

Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan keterampilan, peningkatan kesadaran, dan partisipasi aktif dalam pembangunan. Ini melibatkan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan pelatihan kerja, serta memberikan dukungan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kemitraan Publik-Privat: Pendekatan ini melibatkan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga-lembaga non-pemerintah dalam pengembangan SDM. Melalui kemitraan ini, dapat dilakukan investasi bersama dalam pendidikan, pelatihan kerja, dan pengembangan keterampilan, serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh kebijakan Raffles terhadap kehidupan masyarakat Indonesia min. 3

3

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Berikut ini merupakan salah satu wujud program CSR, kecuali a. pemberian subsidi b. pemberian beasiswa C. dana untuk pemeliharaan fasilitas umum d. sumbangan untuk fasilitas umum 2.Suatu konsep yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun, lingkungan sekitar perusahaan disebut... a. Company Social Responsibility b. Corporate Social Responsibility c. Company Social Responsible d. Corporate Social Responsible 3.Tokoh dari Belanda yang menerapkan sistem pemerintahan modern yang terkenal dengan sistem perpajakannya adalah a. Daendels C. Van Mook b. Raffles d. M.J. Mose 4.Tokoh yang mendirikan sekolah kebangsaan Taman Siswa adalah... a.Moh. Syafei b. Budi Utomo C Wahidin Sudirohusodo d. Ki Hajar Dewantara 5.Berikut faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi penting bagi perdagangan dan pelayaran antara Asia dan Eropa, kecuali .... a. kondisi geografis b. kepadatan penduduk C. faktor keamanan d. penghasil rempah-rempah 6.Untuk mengatasi kas Belanda yang kosong, maka Belanda menerapkan strategi..... a. monopoli perdagangan b. pelayaran hongi c. pembentukan VOC d. Culture Stelsel 7.Salah satu program pemerintah pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah, kecuali .... a. Bantuan Langsung Tunai (BLT) b. Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) c. Program Keluarga Harapan (PKH) d. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 8.Berikut ini yang bukan merupakan aturan tanam paksa adalah .... a. petani harus menyediakan seperempat dari tanahnya untuk ditanami tanaman wajib b. tanah yang ditanami tanaman wajib merupakan tanah bebas pajak C. hasil tanaman harus dijual kepada Belanda dengan harga yang sudah ditentukan d. waktu tanam tidak boleh melebihi waktu menanam padi 9. Raja Kerajaan Banten yang bersahabat dengan VOC dan menjalin kerja sama adalah .... a. Sultan Ageng Tirtayasa b. Sultan Iskandar Muda C. Sultan Haji d. Sultan Hairun

17

5.0

Jawaban terverifikasi