Cacataaal C

29 Mei 2024 13:34

Iklan

Cacataaal C

29 Mei 2024 13:34

Pertanyaan

Sebuah benda berada di depan cermin cekung sejauh 10 cm. Bila jari-jari cermin 30 cm, tentukan jarak, perbesaran, dan sifat bayangan yang terbentuk.

Sebuah benda berada di depan cermin cekung sejauh 10 cm. Bila jari-jari cermin 30 cm, tentukan jarak, perbesaran, dan sifat bayangan yang terbentuk. 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

00

:

53

:

29

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

31 Mei 2024 03:21

Jawaban terverifikasi

Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu memahami beberapa konsep dasar tentang cermin cekung dan bayangan. 1. Cermin cekung: Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya melengkung ke dalam. Ini berarti bahwa bayangan dari suatu objek yang ditempatkan di depan cermin cekung akan menjadi bayangan terbalik dan ditekuk. 2. Bayangan: Bayangan adalah gambar yang dibentuk oleh objek ketika ditempatkan di depan cermin cekung. Bayangan terbalik dan ditekuk karena permukaan cermin cekung. 3. Jarak: Jarak antara objek dan cermin cekung10 cm. 4. Jari-jari cermin cekung: Jari-jari cermin cekung adalah 30 cm. Untuk menentukan jarak, perbesaran, dan sifat bayangan, kita perlu memahami bahwa bayangan terbentuk ketika objek ditempatkan di depan cermin cekung. Bayangan terbalik dan ditekuk karena permukaan cermin cekung. Dengan menggunakan jarak antara objek dan cermin cekung, dan jari-jari cermin cekung, kita dapat menentukan jarak, perbesaran, dan sifat bayangan. Jarak: Jarak antara objek dan bayangan adalah sama dengan jarak antara objek dan cermin cekung, yaitu 10 cm. Perbesaran: Perbesaran bayangan tergantung pada jarak antara objek dan cermin cekung. Dalam kasus ini, perbesaran adalah 1/3, karena jarak antara objek dan cermin cekung adalah 1/3 dari jari-jari cermin cekung. Sifat bayangan: Bayangan terbalik dan ditekuk karena permukaan cermin cekung. Ini berarti bahwa bayangan akan menjadi gambar terbalik dan ditekuk dari objek. Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan ini adalah: Jarak: 10 cm Perbesaran: 1/3 Sifat bayangan: Bayangan terbalik dan ditekuk karena permukaan cermin cekung.


Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 01:49

<p>Penjelasan tambahan</p><p>Berhubung nilai S' negatif dan | S'/S | &gt; 1 , maka sifat bayangan yang terbentuk adalah <strong>Maya , Tegak , dan Diperbesar.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Penjelasan tambahan

Berhubung nilai S' negatif dan | S'/S | > 1 , maka sifat bayangan yang terbentuk adalah Maya , Tegak , dan Diperbesar.

 

 

alt

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan