Farah H

16 Januari 2025 05:02

Iklan

Farah H

16 Januari 2025 05:02

Pertanyaan

Saya ingin membuat flowchart mie kuah dengan telur setengah matang dan topping keju. Apakah ini sudah benar? (Baca dari kanan ke kiri)

Saya ingin membuat flowchart mie kuah dengan telur setengah matang dan topping keju. Apakah ini sudah benar? (Baca dari kanan ke kiri)

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

10

:

28

:

57

Klaim

9

1


Iklan

Unknown U

18 Januari 2025 05:24

<p>Flowchart yang Anda buat sudah mendekati benar, tetapi ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki untuk lebih akurat dan terstruktur:<br><br>Perbaikan dan Saran:<br><br>- Penggunaan Simbol: &nbsp;Gunakan simbol flowchart yang standar. &nbsp;Misalnya, persegi panjang untuk proses, belah ketupat untuk keputusan (ya/tidak), dan oval untuk start/end. &nbsp;Simbol yang Anda gunakan kurang konsisten.<br>- Urutan Langkah: &nbsp;Beberapa langkah terlihat kurang berurutan secara logis. &nbsp;Berikut urutan yang lebih baik:<br><br>Start: Mulai proses memasak.<br>Input: Air: Masukkan air ke dalam panci.<br>Panaskan Air: Panaskan air hingga mendidih.<br>Input: Mie: Masukkan mie ke dalam air mendidih.<br>Tunggu 2 menit: Tunggu mie hingga matang (sesuaikan waktu sesuai petunjuk mie).<br>Input: Telur: Masukkan telur (untuk setengah matang, waktu pemasakan perlu disesuaikan).<br>Tunggu 1 menit (atau sesuai kebutuhan): Tunggu telur hingga setengah matang.<br>Input: Bumbu: Masukkan bumbu mie instan.<br>Aduk: Aduk mie dan bumbu hingga rata.<br>Input: Keju: Tambahkan keju parut sebagai topping.<br>Angkat: Angkat mie dari panci.<br>Sajikan: Sajikan mie kuah dengan telur setengah matang dan topping keju.<br>End: Selesai.<br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>- Keputusan (Decision): &nbsp;Tambahkan keputusan yang lebih jelas. Misalnya, setelah mie dimasak, apakah sudah matang? Jika belum, lanjutkan memasak. &nbsp;Hal yang sama untuk telur.<br>- Detail: Tambahkan detail yang lebih spesifik, misalnya suhu air, waktu memasak mie dan telur yang tepat.<br><br>Flowchart yang Direvisi (dengan struktur yang lebih baik):<br><br>(Karena saya tidak bisa menggambar flowchart secara visual, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan struktur yang lebih baik. &nbsp;Anda bisa menggambarnya sendiri menggunakan simbol flowchart standar)<br><br>plaintext &nbsp;&nbsp;<br>[Oval] Start</p><p>[Parallelogram] Input: Air (jumlah sesuai kebutuhan)</p><p>[Rectangle] Panaskan air hingga mendidih</p><p>[Parallelogram] Input: Mie (sesuai kebutuhan)</p><p>[Rectangle] Masak mie selama 2 menit (atau sesuai petunjuk)</p><p>[Diamond] Mie sudah matang?<br>&nbsp; &nbsp;[Arrow Yes] -&gt; [Rectangle] Angkat mie</p><p>&nbsp; &nbsp;[Arrow No] -&gt; [Rectangle] Lanjutkan memasak mie</p><p>[Parallelogram] Input: Telur (sesuai kebutuhan)</p><p>[Rectangle] Masak telur selama 1 menit (untuk setengah matang, sesuaikan waktu)</p><p>[Diamond] Telur sudah setengah matang?<br>&nbsp; &nbsp;[Arrow Yes] -&gt; [Rectangle] Angkat telur</p><p>&nbsp; &nbsp;[Arrow No] -&gt; [Rectangle] Lanjutkan memasak telur</p><p>[Parallelogram] Input: Bumbu mie instan</p><p>[Rectangle] Aduk mie dan bumbu hingga rata</p><p>[Parallelogram] Input: Keju parut</p><p>[Rectangle] Taburkan keju parut di atas mie</p><p>[Rectangle] Sajikan mie kuah</p><p>[Oval] End<br>&nbsp;<br><br>Ingatlah untuk menggambar flowchart Anda dengan simbol-simbol yang standar dan urutan langkah yang logis. &nbsp;Semoga revisi ini membantu!</p>

Flowchart yang Anda buat sudah mendekati benar, tetapi ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki untuk lebih akurat dan terstruktur:

Perbaikan dan Saran:

- Penggunaan Simbol:  Gunakan simbol flowchart yang standar.  Misalnya, persegi panjang untuk proses, belah ketupat untuk keputusan (ya/tidak), dan oval untuk start/end.  Simbol yang Anda gunakan kurang konsisten.
- Urutan Langkah:  Beberapa langkah terlihat kurang berurutan secara logis.  Berikut urutan yang lebih baik:

Start: Mulai proses memasak.
Input: Air: Masukkan air ke dalam panci.
Panaskan Air: Panaskan air hingga mendidih.
Input: Mie: Masukkan mie ke dalam air mendidih.
Tunggu 2 menit: Tunggu mie hingga matang (sesuaikan waktu sesuai petunjuk mie).
Input: Telur: Masukkan telur (untuk setengah matang, waktu pemasakan perlu disesuaikan).
Tunggu 1 menit (atau sesuai kebutuhan): Tunggu telur hingga setengah matang.
Input: Bumbu: Masukkan bumbu mie instan.
Aduk: Aduk mie dan bumbu hingga rata.
Input: Keju: Tambahkan keju parut sebagai topping.
Angkat: Angkat mie dari panci.
Sajikan: Sajikan mie kuah dengan telur setengah matang dan topping keju.
End: Selesai.
 

 

- Keputusan (Decision):  Tambahkan keputusan yang lebih jelas. Misalnya, setelah mie dimasak, apakah sudah matang? Jika belum, lanjutkan memasak.  Hal yang sama untuk telur.
- Detail: Tambahkan detail yang lebih spesifik, misalnya suhu air, waktu memasak mie dan telur yang tepat.

Flowchart yang Direvisi (dengan struktur yang lebih baik):

(Karena saya tidak bisa menggambar flowchart secara visual, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan struktur yang lebih baik.  Anda bisa menggambarnya sendiri menggunakan simbol flowchart standar)

plaintext   
[Oval] Start

[Parallelogram] Input: Air (jumlah sesuai kebutuhan)

[Rectangle] Panaskan air hingga mendidih

[Parallelogram] Input: Mie (sesuai kebutuhan)

[Rectangle] Masak mie selama 2 menit (atau sesuai petunjuk)

[Diamond] Mie sudah matang?
   [Arrow Yes] -> [Rectangle] Angkat mie

   [Arrow No] -> [Rectangle] Lanjutkan memasak mie

[Parallelogram] Input: Telur (sesuai kebutuhan)

[Rectangle] Masak telur selama 1 menit (untuk setengah matang, sesuaikan waktu)

[Diamond] Telur sudah setengah matang?
   [Arrow Yes] -> [Rectangle] Angkat telur

   [Arrow No] -> [Rectangle] Lanjutkan memasak telur

[Parallelogram] Input: Bumbu mie instan

[Rectangle] Aduk mie dan bumbu hingga rata

[Parallelogram] Input: Keju parut

[Rectangle] Taburkan keju parut di atas mie

[Rectangle] Sajikan mie kuah

[Oval] End
 

Ingatlah untuk menggambar flowchart Anda dengan simbol-simbol yang standar dan urutan langkah yang logis.  Semoga revisi ini membantu!


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR! 1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan …. a. Sriwijaya b. Singasari c. Kutai d. Majapahit 2. Prasasti Batu Bertulis, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebon Kopi adalah peninggalan kerajaan …. a. Majapahit b. Demak c. Tarumanegara d. Gowa-Tallo 3. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan …. a. Hayam Wuruk b. Sultan Agung c. Sultan Ageng Tirtayasa d. Sultan Hasanudin 4. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah …. a. Aceh b. Demak c. Gowa-Tallo d. Samudra Pasai 5. Berikut adalah peninggalan kerajaan Islam, kecuali … a. Masjid Demak b. Menara Kudus c. Candi Borobudur d. Pondok Pesantren 6. Kerajaan Majapahit dikenal dengan kerajaan yang mempunyai …. a. Permaisuri yang cantik-cantik b. Angkatan darat yang banyak c. Raja-raja yang bijak d. Kekuatan maritim yang besar 7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah …. a. Sungai b. Pelabuhan c. Danau d. Gunung 8. Daratan yang menjorok ke laut dinamakan …. a. Lembah b. Teluk c. Selat d. Tanjung 9. Wilayah Indonesia dibagi menjadi …. waktu. a. 3 bagian b. 4 bagian c. 2 bagian d. 1 bagian 10. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa timur c. Jawa barat d. Banten 11. Kota Semarang, Palembang dan Padang termasuk wilayah Indonesia dengan pembagian waktu … a. WITA b. WIB c. WIT d. WIS 12. Keanekaragaman suku-suku bangsa Indonesia antara lain dipengaruhi oleh …. a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia 13. Suku Asmat, Bintuni dan Sentani berasal dari pulau …. a. Kalimantan b. Sumatra c. Papua d. Jawa 14. Upacara pembakaran jenazah di Bali dikenal dengan nama …. a. Wiwit b. Legong c. Ngaben d. Kecak 15. Berikut adalah suku-suku yang ada di pulau Jawa, kecuali …. a. Jawa b. Sunda c. Toraja d. Tengger 16. Alat musik berikut ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah …. a. Bonang b. Sasando c. Popondi d. Rebab 17. Berikut ini adalah contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …. a. Ulos dari Jawa Barat b. Baju Kurung dari Sumatra Barat c. Beskap dari Sumatra Utara d. Kebaya dari Kalimantan Selatan 18. Berikut yang tidak termasuk kebudayaan daerah Indonesia adalah …. a. Tarian daerah b. Lagu daerah c. Bahasa daerah d. Tanah daerah 19. Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut …. a. produsen b. Distributor c. Konsumen d. Penyalur 20. Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu …. a. Usaha angkutan b. Usaha tukang cukur c. Usaha pelayanan kesehatan d. Usaha membuat makanan

43

5.0

Jawaban terverifikasi

Eno Bastian: "Selamat slang, Pak." Wakil Perusahaan: "Selamat siang, Mas. Mari, silakan duduk." Eno Bastian: "Terima kasih, Pak." Wakil Perusahaan: "Sebenarnya, apa yang terjadi, Mas?" Eno Bastian: "Begini, Pak. Saya sebagai wakil dari teman-teman buruh PT Sagara Food ingin menyampaikan beberapa hal kepada Bapak." Wakil Perusahaan: "Silakan Anda sampaikan." Eno Bastian: "Terima kasih, Pak. Saya sebagai wakil dari teman-teman ingin menanyakan gaji kami sekarang, Pak." Wakil Perusahaan: "Maksud Anda?" Eno Bastian: "Menurut ketetapan gubernur, upah minimal Kabupaten Sukamaju sekarang mencapai Rp2.513.000,00, sedangkan gaji kami sekarang masih Rp2.250.000,00." Wakil Perusahaan: "Maaf, Mas. Biaya produksi awal tahun ini sedang melonjak. Harga kebutuhan pokok makin mahal. Karena itu, perusahaan belum bisa memenuhi permintaan buruh." Eno Bastian: "Akan tetapi, kebutuhan pokok buruh sekarang juga mengalami kenaikan, Pak. Kalau memang pihak perusahaan tidak bisa memenuhi permintaan kami, terpaksa kami akan melakukan mogok kerja." Wakil Perusahaan: "Tidak bisa begitu. Kita harus mencari jalan tengah dalam mengatasi masalah ini." Eno Bastian: "Kami mohon kebijaksanaan, Bapak." Wakil Perusahaan: "Begini saja. Nanti saya akan berbicara dengan direktur perusahaan. Saya akan menyampaikan permintaan tersebut. Akan tetapi, saya hanya mengusulkan kenaikan upah paling besar menjadi Rp2.350.000,00." Eno Bastian: "Tolonglah, Pak. Kalau bisa, naikkan lebih dari itu. Kami butuh upah standar untuk dapat hidup layak." Wakil Perusahaan: "Baiklah, akan saya usahakan. Sekarang Anda tenangkan teman-teman. Kembalilah bekerja seperti semula." Eno Bastian: "Baiklah, Pak. Terima kasih, Pak. Selamat siang." Wakil Perusahaan: "Selamat siang." Tentukan struktur dari teks negosiasi tersebut.

76

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Tentukan mana yang merupakan struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda Teks 1 Racun Serangga Alkisah hiduplah sepasang suami istri dengan dua orang anaknya. Setiap pagi kedua anak tersebut pergi berkebun untuk membantu orang tuanya. Namun, tiba-tiba mereka berdua pulang ke rumah dengan tergesa-gesa. Kakak: "Bu, Ibu tolong bu, gawat ini adik menelan kecoa!" Ibu: "Astaga, kok bisa sih kak? Gimana ceritanya? Ayo cepat panggil Bapak suruh bawa dokter ke sini!" Kakak: "Jangan bu, malah tambah gawat nanti. Sebentar lagi kecoanya juga mati." Ibu: "Lho, kok bisa gitu kak?" Kakak: "Iya bu, soalnya adik sudah aku kasih racun serangga bu. Di botolnya kan ada tulisan "dapat membunuh serangga ekstra cepat." Ibu: "Astagfirullah, sembrono kamu!" Kakak: (bingung) Ibu: "Pak, Bapak anak kita makan kecoa." (sambil berlari mencari suaminya). Kakak: (masih tetap bingung) ------------------------------- Teks 2 Tukang roti Pada Pagi hari Azril duduk di teras rumahnya sembari menunggu tukang roti yang biasa lewat. Begitu tukang roti lewat Azril lantas memanggil sang penjual. Azril: "Beli rotinya, Pak." Tukang Roti: "Boleh silahkan mau roti yang mana." Azril: "Ini apa, Pak?" Tukang Roti: "Ini semangka." Azril: "Kalau yang ini apa?" Tukang Roti: "Srikaya." Azril: "Terus ini apa, Bang?" Tukang Roti: "Oh...kalau ini blueberry, dek." Azril: "Gimana sih, terus rotinya mana? Saya mau beli roti bukan buah, kok daritadi yang disebut buah-buahan aja. Gak jadi beli deh saya kalau gini." Tukang Roti: "Yang saya sebut tuh rasa rotinya!" Azril: "Gak jadi, deh!"

13

5.0

Jawaban terverifikasi