Tita A

02 Juni 2024 10:32

Iklan

Iklan

Tita A

02 Juni 2024 10:32

Pertanyaan

Rumput - Kelinci, Tikus, Belalang - Katak, Burung - Burung Hantu - Harimau, Elang, Ular Bagaimana ekosistem dalam skema jaring jaring makanan di atas dapat terjaga kelestariannya? Jelaskan!


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Juni 2024 12:07

Jawaban terverifikasi

<p>penjelasan_</p><p>semua makhluk hidup membutuhkan makanan. makanan diperlukan untuk menghasilkan energi yang berguna untuk melakukan aktivitas. untuk memenuhi kebutuhan makanannya, makhluk hidup memerlukan interaksi makanan dan dimakan antar makhluk hidup yang disebut sebagai <strong>rantai makanan</strong>, pada rantai makanan terdapat urutan tingkat trofik tingkat trofik pada rantai makanan secara berurutan sebagai berikut:</p><p>a. produsen</p><p>produsen adalah tingkat trofik pertama pada rantai makanan. produsen merupakan kelompok makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. organisme yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan. tumbuhan memiliki klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. maka dari itu untuk tingkatan trofik seperti pernyataan di atas maka produsennya adalah Rumput yang nanti dimakan oleh kelinci,, tikus,, dan belalang.</p><p>b. Konsumen tingkat 1</p><p>konsumen tingkat 1 adalah tingkat trofik kedua pada rantai makanan. konsumen adalah organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri. tingkat trofik ini terdiri atas hewan herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan atau hewan omnivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging.&nbsp;</p><p>ditempati oleh kelinci-tikus-belalang-katak</p><p>c. konsumen tingkat 2</p><p>konsumen tingkat 2 adalah tingkatan trofik ketiga pada rantai makanan. tingkatan trofik ini terdiri atas hewan omnivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging serta hewan karnivora, yaitu hewan pemakan daging. diduduki oleh burung hantu dan ular</p><p>d. konsumen tingkat puncak</p><p>konsumen tingkat puncak adalah tingkatan trofik teratas pada rantai makanan. tingkatan trofik ini terdiri atas hewan karnivora yang tidak lagi ada pemangsanya. contohnya Harimau&nbsp;</p><p>e. Pengurai</p><p>pengurai adalah kelompok makhluk hidup yang menguraikan sisa tubuh makhluk hidup yang sudah mati contohnya jamur bakteri cacing.. namun ini tidak terdapat pada pernyataan...jadi sebagai tambahan...</p><p>nah makhluk hidup dalam suatu ekosistem seringkali memakan lebih dari satu jenis makhluk hidup. misalnya, kelinci tidak hanya dimakan oleh harimau tetapi juga dimakan oleh burung hantu, hal ini yang menyebabkan rantai makanan yang ada dalam satu ekosistem itu saling berhubungan dan membentuk yang namanya jaring-jaring makanan.&nbsp;</p><p>jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk pola seperti jaring.&nbsp;</p>

penjelasan_

semua makhluk hidup membutuhkan makanan. makanan diperlukan untuk menghasilkan energi yang berguna untuk melakukan aktivitas. untuk memenuhi kebutuhan makanannya, makhluk hidup memerlukan interaksi makanan dan dimakan antar makhluk hidup yang disebut sebagai rantai makanan, pada rantai makanan terdapat urutan tingkat trofik tingkat trofik pada rantai makanan secara berurutan sebagai berikut:

a. produsen

produsen adalah tingkat trofik pertama pada rantai makanan. produsen merupakan kelompok makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. organisme yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan. tumbuhan memiliki klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. maka dari itu untuk tingkatan trofik seperti pernyataan di atas maka produsennya adalah Rumput yang nanti dimakan oleh kelinci,, tikus,, dan belalang.

b. Konsumen tingkat 1

konsumen tingkat 1 adalah tingkat trofik kedua pada rantai makanan. konsumen adalah organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri. tingkat trofik ini terdiri atas hewan herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan atau hewan omnivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging. 

ditempati oleh kelinci-tikus-belalang-katak

c. konsumen tingkat 2

konsumen tingkat 2 adalah tingkatan trofik ketiga pada rantai makanan. tingkatan trofik ini terdiri atas hewan omnivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging serta hewan karnivora, yaitu hewan pemakan daging. diduduki oleh burung hantu dan ular

d. konsumen tingkat puncak

konsumen tingkat puncak adalah tingkatan trofik teratas pada rantai makanan. tingkatan trofik ini terdiri atas hewan karnivora yang tidak lagi ada pemangsanya. contohnya Harimau 

e. Pengurai

pengurai adalah kelompok makhluk hidup yang menguraikan sisa tubuh makhluk hidup yang sudah mati contohnya jamur bakteri cacing.. namun ini tidak terdapat pada pernyataan...jadi sebagai tambahan...

nah makhluk hidup dalam suatu ekosistem seringkali memakan lebih dari satu jenis makhluk hidup. misalnya, kelinci tidak hanya dimakan oleh harimau tetapi juga dimakan oleh burung hantu, hal ini yang menyebabkan rantai makanan yang ada dalam satu ekosistem itu saling berhubungan dan membentuk yang namanya jaring-jaring makanan. 

jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk pola seperti jaring. 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 02:05

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam skema jaring-jaring makanan yang Anda berikan, terdapat interaksi antara berbagai organisme yang membentuk ekosistem yang kompleks. Untuk menjaga kelestariannya, beberapa prinsip ekologi dapat diterapkan:</p><p>Keseimbangan Populasi: Penting untuk menjaga keseimbangan populasi di setiap tingkat trofik dalam jaring-jaring makanan. Misalnya, jika populasi tikus meningkat, ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah rumput karena tikus akan lebih banyak memakan rumput. Hal ini dapat mengganggu keselarasan ekosistem. Oleh karena itu, perlu dikelola dengan tepat agar tidak terjadi peningkatan populasi organisme yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.</p><p>Keanekaragaman Hayati: Keberagaman spesies dalam ekosistem sangat penting untuk menjaga stabilitasnya. Semakin banyak spesies yang ada, semakin besar juga kemungkinan ekosistem dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan gangguan eksternal. Oleh karena itu, menjaga keberagaman hayati dan habitatnya menjadi kunci untuk menjaga kelestarian ekosistem.</p><p>Ketergantungan Antar-Spesies: Setiap organisme dalam jaring-jaring makanan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Misalnya, dalam contoh Anda, burung hantu dapat membantu mengendalikan populasi tikus, yang dapat menghindari kelebihan populasi dan kerusakan tanaman. Dengan menjaga keseimbangan antar spesies dalam jaring-jaring makanan, ekosistem dapat tetap berfungsi dengan baik.</p><p>Konservasi Habitat: Menjaga habitat alami organisme-organisme tersebut merupakan faktor penting dalam menjaga kelestarian ekosistem. Melindungi habitat alami termasuk menjaga keanekaragaman tumbuhan dan lingkungan yang memungkinkan organisme-organisme ini untuk hidup dan berkembang biak dengan baik.</p>

Dalam skema jaring-jaring makanan yang Anda berikan, terdapat interaksi antara berbagai organisme yang membentuk ekosistem yang kompleks. Untuk menjaga kelestariannya, beberapa prinsip ekologi dapat diterapkan:

Keseimbangan Populasi: Penting untuk menjaga keseimbangan populasi di setiap tingkat trofik dalam jaring-jaring makanan. Misalnya, jika populasi tikus meningkat, ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah rumput karena tikus akan lebih banyak memakan rumput. Hal ini dapat mengganggu keselarasan ekosistem. Oleh karena itu, perlu dikelola dengan tepat agar tidak terjadi peningkatan populasi organisme yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

Keanekaragaman Hayati: Keberagaman spesies dalam ekosistem sangat penting untuk menjaga stabilitasnya. Semakin banyak spesies yang ada, semakin besar juga kemungkinan ekosistem dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan gangguan eksternal. Oleh karena itu, menjaga keberagaman hayati dan habitatnya menjadi kunci untuk menjaga kelestarian ekosistem.

Ketergantungan Antar-Spesies: Setiap organisme dalam jaring-jaring makanan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Misalnya, dalam contoh Anda, burung hantu dapat membantu mengendalikan populasi tikus, yang dapat menghindari kelebihan populasi dan kerusakan tanaman. Dengan menjaga keseimbangan antar spesies dalam jaring-jaring makanan, ekosistem dapat tetap berfungsi dengan baik.

Konservasi Habitat: Menjaga habitat alami organisme-organisme tersebut merupakan faktor penting dalam menjaga kelestarian ekosistem. Melindungi habitat alami termasuk menjaga keanekaragaman tumbuhan dan lingkungan yang memungkinkan organisme-organisme ini untuk hidup dan berkembang biak dengan baik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berdasarkan jaring – jaring makanan, pasangan makhluk hidup yang bersaing untuk mendapatkan makanan adalah .... A. Kelinci dan belalang B. Ular dan musang C. Musang dan ulat D. Tikus dan burung

23

0.0

Jawaban terverifikasi