Hilya H

31 Maret 2024 00:11

Iklan

Iklan

Hilya H

31 Maret 2024 00:11

Pertanyaan

Reaksi Redoks adalah


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

31 Maret 2024 00:11

Jawaban terverifikasi

<p>Reaksi Redoks adalah <strong>pembuatan koloid dengan reaksi redoks suatu senyawa.</strong></p>

Reaksi Redoks adalah pembuatan koloid dengan reaksi redoks suatu senyawa.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

31 Maret 2024 03:09

Jawaban terverifikasi

<p><br>Reaksi redoks adalah singkatan dari "reduksi-oksidasi" yang mengacu pada jenis reaksi kimia di mana terjadi transfer elektron antara dua spesies kimia. Dalam reaksi redoks, satu spesies kimia kehilangan elektron (teroksidasi) sedangkan spesies kimia lain mendapatkan elektron (direduksi). Proses ini terjadi secara bersamaan sehingga salah satu spesies kimia bertindak sebagai agen reduktor (menyumbangkan elektron) dan yang lainnya bertindak sebagai agen oksidator (menerima elektron).</p><p>Komponen-komponen reaksi redoks disebut sebagai "oksidan" dan "reduktor". Oksidan adalah zat yang mengalami reduksi (menerima elektron) dan biasanya merupakan zat yang menanggalkan oksigen, atau zat yang menambahkan hidrogen, atau zat yang melepaskan elektron. Reduktor, di sisi lain, adalah zat yang mengalami oksidasi (kehilangan elektron) dan biasanya merupakan zat yang menambah oksigen, atau zat yang kehilangan hidrogen, atau zat yang menerima elektron.</p><p>Contoh umum reaksi redoks meliputi oksidasi logam untuk membentuk ion logam positif, pembakaran bahan bakar organik seperti bensin atau kayu di mana karbon dalam bahan bakar bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air, serta reaksi-reaksi dalam elektrokimia seperti sel galvanik dan elektrolisis.</p><p>Reaksi redoks memiliki banyak aplikasi, termasuk dalam proses industri seperti pembuatan logam, pemurnian logam, penyimpanan energi dalam sel bahan bakar, dan banyak lagi. Di alam, reaksi redoks juga berperan dalam proses-proses seperti respirasi selular dalam organisme hidup dan proses oksidasi dan degradasi material organik di lingkungan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Reaksi redoks adalah singkatan dari "reduksi-oksidasi" yang mengacu pada jenis reaksi kimia di mana terjadi transfer elektron antara dua spesies kimia. Dalam reaksi redoks, satu spesies kimia kehilangan elektron (teroksidasi) sedangkan spesies kimia lain mendapatkan elektron (direduksi). Proses ini terjadi secara bersamaan sehingga salah satu spesies kimia bertindak sebagai agen reduktor (menyumbangkan elektron) dan yang lainnya bertindak sebagai agen oksidator (menerima elektron).

Komponen-komponen reaksi redoks disebut sebagai "oksidan" dan "reduktor". Oksidan adalah zat yang mengalami reduksi (menerima elektron) dan biasanya merupakan zat yang menanggalkan oksigen, atau zat yang menambahkan hidrogen, atau zat yang melepaskan elektron. Reduktor, di sisi lain, adalah zat yang mengalami oksidasi (kehilangan elektron) dan biasanya merupakan zat yang menambah oksigen, atau zat yang kehilangan hidrogen, atau zat yang menerima elektron.

Contoh umum reaksi redoks meliputi oksidasi logam untuk membentuk ion logam positif, pembakaran bahan bakar organik seperti bensin atau kayu di mana karbon dalam bahan bakar bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air, serta reaksi-reaksi dalam elektrokimia seperti sel galvanik dan elektrolisis.

Reaksi redoks memiliki banyak aplikasi, termasuk dalam proses industri seperti pembuatan logam, pemurnian logam, penyimpanan energi dalam sel bahan bakar, dan banyak lagi. Di alam, reaksi redoks juga berperan dalam proses-proses seperti respirasi selular dalam organisme hidup dan proses oksidasi dan degradasi material organik di lingkungan.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

titik potong persamaan garis y = 8 - 2x terhadap sumbu x adalah?

11

5.0

Jawaban terverifikasi