Samantha M

Ditanya 5 hari yang lalu

Iklan

Iklan

Samantha M

Ditanya 5 hari yang lalu

Pertanyaan

Produk apa yang dihasilkan ketika 2,2-dimetil oksiran direaksikan dengan reagen –OCH3 kemudian dengan H2SO4? A. (2R)-3-metoksibutan-2-ol B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol C. 2-metoksi-2-metilpropan-1-ol D. (3R)-3-metoksibutan-2-ol E. 1-metoksi-2-metilpropan-2-ol

Produk apa yang dihasilkan ketika 2,2-dimetil oksiran
direaksikan dengan reagen –OCH3 kemudian dengan H2SO4?
A. (2R)-3-metoksibutan-2-ol
B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol
C. 2-metoksi-2-metilpropan-1-ol
D. (3R)-3-metoksibutan-2-ol
E. 1-metoksi-2-metilpropan-2-ol


18

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Syanti A

Dijawab 5 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menentukan produk yang dihasilkan dari reaksi 2,2-dimetil oksiran dengan reagen -OCH3 dan H2SO4, kita perlu mempertimbangkan mekanisme reaksi yang terjadi. Berdasarkan struktur 2,2-dimetil oksiran, kita dapat memprediksi hasil reaksi sebagai berikut:</p><p>Jawaban:</p><p>B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan:</p><p>• Saat 2,2-dimetil oksiran direaksikan dengan reagen -OCH3, terjadi substitusi nukleofilik pada salah satu atom karbon pada cincin oksiran dengan gugus metoksil (-OCH3).</p><p>• Hasil dari reaksi ini menghasilkan 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol, di mana gugus metoksil (-OCH3) terikat pada atom karbon yang memiliki gugus metil (CH3) di posisi kedua dari rantai karbon.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, produk yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol (pilihan B).</p>

Untuk menentukan produk yang dihasilkan dari reaksi 2,2-dimetil oksiran dengan reagen -OCH3 dan H2SO4, kita perlu mempertimbangkan mekanisme reaksi yang terjadi. Berdasarkan struktur 2,2-dimetil oksiran, kita dapat memprediksi hasil reaksi sebagai berikut:

Jawaban:

B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol

 

Penjelasan:

• Saat 2,2-dimetil oksiran direaksikan dengan reagen -OCH3, terjadi substitusi nukleofilik pada salah satu atom karbon pada cincin oksiran dengan gugus metoksil (-OCH3).

• Hasil dari reaksi ini menghasilkan 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol, di mana gugus metoksil (-OCH3) terikat pada atom karbon yang memiliki gugus metil (CH3) di posisi kedua dari rantai karbon.

 

 

Dengan demikian, produk yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol (pilihan B).


Iklan

Iklan

Daniel N

Dijawab 2 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Kita akan menentukan produk dari reaksi 2,2-dimetil oksiran dengan reagen -OCH3 dan kemudian dengan H2SO4.</p><p>Langkah pertama, reagen -OCH3 (metoksida) akan menyebabkan substitusi nukleofilik pada 2,2-dimetil oksiran. Karena terdapat dua gugus metil (CH3-) pada cincin oksiran, metoksida kemungkinan besar akan menyerang salah satu dari mereka, menghasilkan produk yang kemungkinan mengandung gugus metoksil (-OCH3).</p><p>Setelah terbentuknya 1-metoksi-2,2-dimetil oksiran, kemudian reaksi dilanjutkan dengan H2SO4. H2SO4 biasanya akan menyebabkan hidrolisis pada eter metil (gugus -OCH3), menghasilkan alkohol.</p><p>Mari kita lihat opsi yang tersedia:<br>A. (2R)-3-metoksibutan-2-ol<br>B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol<br>C. 2-metoksi-2-metilpropan-1-ol<br>D. (3R)-3-metoksibutan-2-ol<br>E. 1-metoksi-2-metilpropan-2-ol</p><p>Dari opsi yang ada, yang mungkin adalah B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol. Ini sesuai dengan deskripsi bahwa 2,2-dimetil oksiran pertama kali mengalami substitusi metoksida untuk membentuk 1-metoksi-2,2-dimetil oksiran, dan kemudian hidrolisis H2SO4 menghasilkan alkohol, yang dalam hal ini adalah 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol.</p><p>Jadi, jawabannya adalah **B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol**. Moga membantu kamu ya Samantha^^</p>

Kita akan menentukan produk dari reaksi 2,2-dimetil oksiran dengan reagen -OCH3 dan kemudian dengan H2SO4.

Langkah pertama, reagen -OCH3 (metoksida) akan menyebabkan substitusi nukleofilik pada 2,2-dimetil oksiran. Karena terdapat dua gugus metil (CH3-) pada cincin oksiran, metoksida kemungkinan besar akan menyerang salah satu dari mereka, menghasilkan produk yang kemungkinan mengandung gugus metoksil (-OCH3).

Setelah terbentuknya 1-metoksi-2,2-dimetil oksiran, kemudian reaksi dilanjutkan dengan H2SO4. H2SO4 biasanya akan menyebabkan hidrolisis pada eter metil (gugus -OCH3), menghasilkan alkohol.

Mari kita lihat opsi yang tersedia:
A. (2R)-3-metoksibutan-2-ol
B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol
C. 2-metoksi-2-metilpropan-1-ol
D. (3R)-3-metoksibutan-2-ol
E. 1-metoksi-2-metilpropan-2-ol

Dari opsi yang ada, yang mungkin adalah B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol. Ini sesuai dengan deskripsi bahwa 2,2-dimetil oksiran pertama kali mengalami substitusi metoksida untuk membentuk 1-metoksi-2,2-dimetil oksiran, dan kemudian hidrolisis H2SO4 menghasilkan alkohol, yang dalam hal ini adalah 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol.

Jadi, jawabannya adalah **B. 1-metoksi-2-metilpropan-1-ol**. Moga membantu kamu ya Samantha^^


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 1. Memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak 2. Meningkatkan massa otot pada anak-anak 3. Menambah berat badan 4. Mudah terserang bakteri dan virus Manfaat tidur yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah .… A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4

12

5.0

Jawaban terverifikasi