Patlan C

20 Maret 2024 02:10

Iklan

Iklan

Patlan C

20 Maret 2024 02:10

Pertanyaan

poin utama yang ada saat proklamasi kemerdekaan!

poin utama yang ada saat proklamasi kemerdekaan! 


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:19

Jawaban terverifikasi

<p>Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki beberapa poin utama yang menggariskan tekad dan tujuan perjuangan bangsa Indonesia. Berikut adalah beberapa poin utama yang ada dalam teks proklamasi tersebut:</p><p><strong>Kemerdekaan</strong>: Pernyataan bahwa Indonesia merdeka adalah poin utama dalam proklamasi tersebut. "Kemerdekaan Indonesia" diumumkan secara tegas sebagai tujuan utama yang dicapai.</p><p><strong>Kedaulatan</strong>: Proklamasi tersebut menegaskan bahwa kedaulatan atas wilayah Indonesia telah kembali ke tangan bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa pemerintahan kolonial Belanda tidak lagi memiliki kekuasaan di wilayah Indonesia.</p><p><strong>Tanggal Penting</strong>: Proklamasi tersebut mengumumkan tanggal yang sangat penting, yaitu tanggal 17 Agustus 1945, sebagai hari di mana kemerdekaan Indonesia diumumkan kepada dunia.</p><p><strong>Tanggung Jawab Kepemimpinan</strong>: Proklamasi tersebut mencerminkan tanggung jawab para pemimpin Indonesia, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta, dalam mengambil langkah-langkah penting untuk mencapai kemerdekaan.</p><p><strong>Perjuangan Rakyat</strong>: Proklamasi itu juga mencerminkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang telah berjuang keras untuk meraih kemerdekaan, dan bahwa kemerdekaan tersebut merupakan hasil dari perjuangan bersama.</p><p><br>&nbsp;</p>

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki beberapa poin utama yang menggariskan tekad dan tujuan perjuangan bangsa Indonesia. Berikut adalah beberapa poin utama yang ada dalam teks proklamasi tersebut:

Kemerdekaan: Pernyataan bahwa Indonesia merdeka adalah poin utama dalam proklamasi tersebut. "Kemerdekaan Indonesia" diumumkan secara tegas sebagai tujuan utama yang dicapai.

Kedaulatan: Proklamasi tersebut menegaskan bahwa kedaulatan atas wilayah Indonesia telah kembali ke tangan bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa pemerintahan kolonial Belanda tidak lagi memiliki kekuasaan di wilayah Indonesia.

Tanggal Penting: Proklamasi tersebut mengumumkan tanggal yang sangat penting, yaitu tanggal 17 Agustus 1945, sebagai hari di mana kemerdekaan Indonesia diumumkan kepada dunia.

Tanggung Jawab Kepemimpinan: Proklamasi tersebut mencerminkan tanggung jawab para pemimpin Indonesia, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta, dalam mengambil langkah-langkah penting untuk mencapai kemerdekaan.

Perjuangan Rakyat: Proklamasi itu juga mencerminkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang telah berjuang keras untuk meraih kemerdekaan, dan bahwa kemerdekaan tersebut merupakan hasil dari perjuangan bersama.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 07:32

Jawaban terverifikasi

<p>Poin utama yang ada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 adalah:</p><p><strong>Deklarasi Kemerdekaan:</strong> Pernyataan yang menyatakan secara resmi kemerdekaan Indonesia dari penjajahan kolonial Belanda. Pernyataan tersebut diwakili oleh teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.</p><p><strong>Pemantapan Kemerdekaan:</strong> Langkah-langkah yang diambil untuk memastikan bahwa kemerdekaan yang dideklarasikan diakui secara luas oleh masyarakat Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Termasuk dalam hal ini adalah upaya diplomasi untuk mendapatkan pengakuan internasional.</p><p><strong>Peneguhan Nasionalisme:</strong> Proklamasi kemerdekaan juga merupakan simbol dari semangat perjuangan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Hal ini mencerminkan tekad dan semangat juang rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai.</p><p><strong>Pengumuman Persiapan Negara Merdeka:</strong> Meskipun proklamasi kemerdekaan dilakukan di tengah kondisi perang dan ketidakpastian, langkah-langkah persiapan untuk membangun negara merdeka juga ditekankan, termasuk dalam hal pembentukan pemerintahan dan pembangunan nasional.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Poin utama yang ada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 adalah:

Deklarasi Kemerdekaan: Pernyataan yang menyatakan secara resmi kemerdekaan Indonesia dari penjajahan kolonial Belanda. Pernyataan tersebut diwakili oleh teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Pemantapan Kemerdekaan: Langkah-langkah yang diambil untuk memastikan bahwa kemerdekaan yang dideklarasikan diakui secara luas oleh masyarakat Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Termasuk dalam hal ini adalah upaya diplomasi untuk mendapatkan pengakuan internasional.

Peneguhan Nasionalisme: Proklamasi kemerdekaan juga merupakan simbol dari semangat perjuangan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Hal ini mencerminkan tekad dan semangat juang rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai.

Pengumuman Persiapan Negara Merdeka: Meskipun proklamasi kemerdekaan dilakukan di tengah kondisi perang dan ketidakpastian, langkah-langkah persiapan untuk membangun negara merdeka juga ditekankan, termasuk dalam hal pembentukan pemerintahan dan pembangunan nasional.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan Pancasila

4

5.0

Jawaban terverifikasi