Anggun A

22 April 2024 11:45

Iklan

Iklan

Anggun A

22 April 2024 11:45

Pertanyaan

Piagam PBB turut mempengaruhi kemerdekaan Indonesia Buatlah ulasan yang mendukung pernyataan tersebut


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aulia L

24 April 2024 05:28

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu isi dari Piagam PBB berisi tentang bekerja sama dalam hal kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam dan konflik bersenjata. Setelah kemerdekaan indonesia, belanda datang dan ingin menguasai indonesia dengan cara invasi dan menimbulkan konflik. PBB sebagai polisi dunia harus membantu mencari penyelesaian dalam konflik Indonesia dan belanda mengenai kemerdekaan indonesia. PBB membantu indonesia dalam bentuk membuat konferensi atau perundingan, seperti Komisi tiga negara dan konferensi meja bundar. Dari bantuan pbb inilah indonesia akhirnya merdeka dari belanda.</p>

Salah satu isi dari Piagam PBB berisi tentang bekerja sama dalam hal kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam dan konflik bersenjata. Setelah kemerdekaan indonesia, belanda datang dan ingin menguasai indonesia dengan cara invasi dan menimbulkan konflik. PBB sebagai polisi dunia harus membantu mencari penyelesaian dalam konflik Indonesia dan belanda mengenai kemerdekaan indonesia. PBB membantu indonesia dalam bentuk membuat konferensi atau perundingan, seperti Komisi tiga negara dan konferensi meja bundar. Dari bantuan pbb inilah indonesia akhirnya merdeka dari belanda.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

26 April 2024 23:35

Jawaban terverifikasi

<p>Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang secara resmi dikenal sebagai Piagam PBB, adalah dokumen yang menjadi landasan dan panduan bagi berdirinya PBB pada tahun 1945. Meskipun secara langsung tidak berhubungan dengan proses kemerdekaan Indonesia, namun Piagam PBB memiliki dampak signifikan dalam konteks politik dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Berikut beberapa ulasan yang mendukung pernyataan tersebut:</p><p><strong>Pengakuan Prinsip-prinsip Kemerdekaan dan Hak Asasi Manusia</strong>: Piagam PBB menegaskan prinsip-prinsip kemerdekaan, kedaulatan, dan hak asasi manusia sebagai nilai-nilai universal yang harus dihormati oleh semua negara anggota PBB. Penegasan atas nilai-nilai ini telah memberikan legitimasi moral bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta mendukung argumen bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan nasibnya sendiri.</p><p><strong>Pengakuan Terhadap Prinsip Desentralisasi Kekuasaan</strong>: Piagam PBB mendorong prinsip desentralisasi kekuasaan dengan menekankan pentingnya kerjasama internasional untuk memelihara perdamaian dan keamanan dunia. Prinsip ini memperkuat argumen bahwa Indonesia harus merdeka dan bebas dari kolonialisme untuk dapat berpartisipasi dalam komunitas internasional sebagai negara berdaulat.</p><p><strong>Dukungan Terhadap Dekolonisasi dan Kemerdekaan Bangsa-Bangsa</strong>: Salah satu tujuan utama PBB adalah memajukan perdamaian dunia dan mengakhiri penjajahan kolonial. Dukungan ini tercermin dalam resolusi-resolusi PBB yang mendesak negara-negara kolonial untuk memberikan kemerdekaan kepada koloni-koloni mereka. Hal ini memberikan dorongan moral dan politik bagi Indonesia dan bangsa-bangsa lain yang berjuang untuk meraih kemerdekaan.</p><p><strong>Forum Diplomasi Internasional</strong>: PBB menjadi forum utama bagi negara-negara di seluruh dunia untuk berdialog, bernegosiasi, dan berkomunikasi. Partisipasi Indonesia dalam forum internasional ini memungkinkan negara tersebut untuk memperkuat dukungan internasional terhadap kemerdekaannya dan memperluas jaringan diplomasi untuk memperoleh pengakuan resmi dari negara-negara lain.</p><p><br>&nbsp;</p>

Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang secara resmi dikenal sebagai Piagam PBB, adalah dokumen yang menjadi landasan dan panduan bagi berdirinya PBB pada tahun 1945. Meskipun secara langsung tidak berhubungan dengan proses kemerdekaan Indonesia, namun Piagam PBB memiliki dampak signifikan dalam konteks politik dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Berikut beberapa ulasan yang mendukung pernyataan tersebut:

Pengakuan Prinsip-prinsip Kemerdekaan dan Hak Asasi Manusia: Piagam PBB menegaskan prinsip-prinsip kemerdekaan, kedaulatan, dan hak asasi manusia sebagai nilai-nilai universal yang harus dihormati oleh semua negara anggota PBB. Penegasan atas nilai-nilai ini telah memberikan legitimasi moral bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta mendukung argumen bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan nasibnya sendiri.

Pengakuan Terhadap Prinsip Desentralisasi Kekuasaan: Piagam PBB mendorong prinsip desentralisasi kekuasaan dengan menekankan pentingnya kerjasama internasional untuk memelihara perdamaian dan keamanan dunia. Prinsip ini memperkuat argumen bahwa Indonesia harus merdeka dan bebas dari kolonialisme untuk dapat berpartisipasi dalam komunitas internasional sebagai negara berdaulat.

Dukungan Terhadap Dekolonisasi dan Kemerdekaan Bangsa-Bangsa: Salah satu tujuan utama PBB adalah memajukan perdamaian dunia dan mengakhiri penjajahan kolonial. Dukungan ini tercermin dalam resolusi-resolusi PBB yang mendesak negara-negara kolonial untuk memberikan kemerdekaan kepada koloni-koloni mereka. Hal ini memberikan dorongan moral dan politik bagi Indonesia dan bangsa-bangsa lain yang berjuang untuk meraih kemerdekaan.

Forum Diplomasi Internasional: PBB menjadi forum utama bagi negara-negara di seluruh dunia untuk berdialog, bernegosiasi, dan berkomunikasi. Partisipasi Indonesia dalam forum internasional ini memungkinkan negara tersebut untuk memperkuat dukungan internasional terhadap kemerdekaannya dan memperluas jaringan diplomasi untuk memperoleh pengakuan resmi dari negara-negara lain.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerajaan Sriwijaya termasuk kerajaan maritim. Maritim artinya ..... *Kerajaan Sriwijaya termasuk kerajaan maritim. Maritim artinya ..... * 2 poin A. Kerajaan yang mengandalkan laut sebagai kekuatan utama B. Kerajaan yang memimpin banyak pulau dan laut C. Kerajaan yang dibangun di laut D. Kerajaan yang menguasai seluruh laut di dunia E. Kerajaan yang tertua 2 poin

21

0.0

Jawaban terverifikasi