Mustofa A

19 Maret 2024 04:12

Iklan

Iklan

Mustofa A

19 Maret 2024 04:12

Pertanyaan

perkembangan sejarah jaringan seluler

perkembangan sejarah jaringan seluler


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 07:34

Jawaban terverifikasi

<p>Sejarah jaringan seluler telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan. Berikut adalah beberapa tonggak sejarah penting dalam perkembangan jaringan seluler:</p><p><strong>Generasi Pertama (1G)</strong>:</p><ul><li>Jaringan seluler generasi pertama mulai dikembangkan pada tahun 1970-an.</li><li>Teknologi ini pertama kali memungkinkan komunikasi suara nirkabel, meskipun dengan kualitas suara yang rendah.</li><li>Contoh standar 1G termasuk AMPS (Advanced Mobile Phone System) di Amerika Serikat.</li></ul><p><strong>Generasi Kedua (2G)</strong>:</p><ul><li>Jaringan 2G mulai muncul pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.</li><li>Teknologi 2G memperkenalkan layanan data, seperti pesan teks (SMS) dan transmisi data sederhana.</li><li>Standar 2G yang terkenal termasuk GSM (Global System for Mobile Communications) di Eropa dan CDMA (Code Division Multiple Access) di Amerika Serikat.</li></ul><p><strong>Generasi Ketiga (3G)</strong>:</p><ul><li>Jaringan 3G dikembangkan pada awal abad ke-21, memberikan kemampuan internet yang lebih cepat dan akses data yang lebih baik.</li><li>Standar 3G termasuk UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dan CDMA2000.</li><li>Layanan seperti streaming video dan internet mobile mulai menjadi lebih umum.</li></ul><p><strong>Generasi Keempat (4G)</strong>:</p><ul><li>Teknologi 4G memperkenalkan kecepatan internet yang jauh lebih cepat, memungkinkan penggunaan aplikasi yang lebih canggih dan streaming video berkualitas tinggi.</li><li>Standar 4G termasuk LTE (Long-Term Evolution) dan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).</li></ul><p><strong>Generasi Kelima (5G)</strong>:</p><ul><li>Jaringan 5G adalah evolusi terbaru dalam sejarah jaringan seluler.</li><li>5G menjanjikan kecepatan internet yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas yang lebih besar.</li><li>Ini memungkinkan teknologi baru seperti Internet of Things (IoT), augmented reality (AR), dan kendaraan otonom untuk berkembang dengan lebih baik.</li></ul>

Sejarah jaringan seluler telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan. Berikut adalah beberapa tonggak sejarah penting dalam perkembangan jaringan seluler:

Generasi Pertama (1G):

  • Jaringan seluler generasi pertama mulai dikembangkan pada tahun 1970-an.
  • Teknologi ini pertama kali memungkinkan komunikasi suara nirkabel, meskipun dengan kualitas suara yang rendah.
  • Contoh standar 1G termasuk AMPS (Advanced Mobile Phone System) di Amerika Serikat.

Generasi Kedua (2G):

  • Jaringan 2G mulai muncul pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.
  • Teknologi 2G memperkenalkan layanan data, seperti pesan teks (SMS) dan transmisi data sederhana.
  • Standar 2G yang terkenal termasuk GSM (Global System for Mobile Communications) di Eropa dan CDMA (Code Division Multiple Access) di Amerika Serikat.

Generasi Ketiga (3G):

  • Jaringan 3G dikembangkan pada awal abad ke-21, memberikan kemampuan internet yang lebih cepat dan akses data yang lebih baik.
  • Standar 3G termasuk UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dan CDMA2000.
  • Layanan seperti streaming video dan internet mobile mulai menjadi lebih umum.

Generasi Keempat (4G):

  • Teknologi 4G memperkenalkan kecepatan internet yang jauh lebih cepat, memungkinkan penggunaan aplikasi yang lebih canggih dan streaming video berkualitas tinggi.
  • Standar 4G termasuk LTE (Long-Term Evolution) dan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

Generasi Kelima (5G):

  • Jaringan 5G adalah evolusi terbaru dalam sejarah jaringan seluler.
  • 5G menjanjikan kecepatan internet yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas yang lebih besar.
  • Ini memungkinkan teknologi baru seperti Internet of Things (IoT), augmented reality (AR), dan kendaraan otonom untuk berkembang dengan lebih baik.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 13:03

Jawaban terverifikasi

<p>Perkembangan sejarah jaringan seluler telah mengalami beberapa tahap penting sejak diperkenalkannya teknologi ini. Berikut adalah beberapa tahapan utama dalam perkembangan sejarah jaringan seluler:</p><p>Generasi Pertama (1G): Perkembangan jaringan seluler dimulai pada tahun 1970-an dengan diperkenalkannya jaringan seluler generasi pertama (1G). Teknologi ini menggunakan sistem analog untuk mentransfer suara antara pengguna. Contoh dari 1G adalah sistem Advanced Mobile Phone System (AMPS) yang diperkenalkan di Amerika Serikat.</p><p>Generasi Kedua (2G): Pada tahun 1990-an, teknologi jaringan seluler berkembang menjadi generasi kedua (2G). 2G menghadirkan sistem digital yang lebih efisien dalam mentransfer suara, serta memungkinkan penggunaan layanan data seperti pesan teks (SMS) dan MMS. Teknologi 2G yang paling terkenal adalah GSM (Global System for Mobile Communications).</p><p>Generasi Ketiga (3G): Kemudian, pada awal tahun 2000-an, jaringan seluler berevolusi menjadi generasi ketiga (3G). 3G menghadirkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, memungkinkan penggunaan layanan data yang lebih canggih seperti internet mobile, video streaming, dan layanan berbasis lokasi. Contoh dari teknologi 3G adalah UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dan CDMA2000.</p><p>Generasi Keempat (4G): Generasi berikutnya dalam perkembangan jaringan seluler adalah 4G, yang diperkenalkan sekitar tahun 2010-an. Teknologi 4G memperkenalkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, mendukung aplikasi yang lebih canggih seperti video definisi tinggi (HD), video konferensi, dan gaming online. Beberapa standar 4G termasuk LTE (Long-Term Evolution) dan WiMAX.</p><p>Generasi Kelima (5G): Saat ini, jaringan seluler sedang bergerak menuju generasi kelima (5G). 5G diharapkan dapat menghadirkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, latency yang rendah, dan mendukung berbagai aplikasi revolusioner seperti Internet of Things (IoT), kendaraan otonom, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR).</p><p><br>&nbsp;</p>

Perkembangan sejarah jaringan seluler telah mengalami beberapa tahap penting sejak diperkenalkannya teknologi ini. Berikut adalah beberapa tahapan utama dalam perkembangan sejarah jaringan seluler:

Generasi Pertama (1G): Perkembangan jaringan seluler dimulai pada tahun 1970-an dengan diperkenalkannya jaringan seluler generasi pertama (1G). Teknologi ini menggunakan sistem analog untuk mentransfer suara antara pengguna. Contoh dari 1G adalah sistem Advanced Mobile Phone System (AMPS) yang diperkenalkan di Amerika Serikat.

Generasi Kedua (2G): Pada tahun 1990-an, teknologi jaringan seluler berkembang menjadi generasi kedua (2G). 2G menghadirkan sistem digital yang lebih efisien dalam mentransfer suara, serta memungkinkan penggunaan layanan data seperti pesan teks (SMS) dan MMS. Teknologi 2G yang paling terkenal adalah GSM (Global System for Mobile Communications).

Generasi Ketiga (3G): Kemudian, pada awal tahun 2000-an, jaringan seluler berevolusi menjadi generasi ketiga (3G). 3G menghadirkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, memungkinkan penggunaan layanan data yang lebih canggih seperti internet mobile, video streaming, dan layanan berbasis lokasi. Contoh dari teknologi 3G adalah UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dan CDMA2000.

Generasi Keempat (4G): Generasi berikutnya dalam perkembangan jaringan seluler adalah 4G, yang diperkenalkan sekitar tahun 2010-an. Teknologi 4G memperkenalkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, mendukung aplikasi yang lebih canggih seperti video definisi tinggi (HD), video konferensi, dan gaming online. Beberapa standar 4G termasuk LTE (Long-Term Evolution) dan WiMAX.

Generasi Kelima (5G): Saat ini, jaringan seluler sedang bergerak menuju generasi kelima (5G). 5G diharapkan dapat menghadirkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, latency yang rendah, dan mendukung berbagai aplikasi revolusioner seperti Internet of Things (IoT), kendaraan otonom, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR).


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan kerukunan

0

5.0

Jawaban terverifikasi