Juliana I

13 April 2022 13:51

Iklan

Iklan

Juliana I

13 April 2022 13:51

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! 1. Dapat mengamati perubahan perilaku kelompok 2. Memungkinkan pencatatan berbagai gejala dengan cepat 3. Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu 4. Teknik terbaik untuk mendapatkan data pribadi Dari pernyatan di atas yang menunjukkan kelebihan dari teknik wawancara adalah .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

02 Agustus 2022 00:00

Jawaban terverifikasi

Dari pernyatan di atas yang menunjukkan kelebihan dari teknik wawancara adalah E. 3 dan 4. Teknik pengumpulan data adalah teknik atau metode yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk keperluan studi. Artinya, teknik pengumpulan data memerlukan langkah-langkah strategis dan sistematis untuk memperoleh data yang valid dan juga sesuai dengan kenyataan. Salah satu teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara. Wawancara merupakan salah satu alat pengumpulan data penelitian berupa dialog yang dilakukan oleh pewawancara (interviewer) guna memperoleh informasi dari responden. Kelebihan teknik wawancara adalah: 1. Dapat menggali informasi yang lebih mendalam dan berkualitas. 2. Peneliti dapat mengembangkan pertanyaan sesuai dengan situasi terkini. 3. Tidak terbatas pada jenjang pendidikan tertentu selama responden dapat berbicara dengan baik. 4. Alat terbaik untuk mengumpulkan data pribadi. 5. Peneliti dapat memperoleh item khusus yang sering luput dari perhatian. Kekurangan teknik wawancara adalah: 1. Membutuhkan banyak waktu dan tenaga baik dari peneliti maupun responden. 2. Keberhasilan proses wawancara tergantung pada kecerdasan peneliti untuk mengungkap informasi yang dibutuhkan. 3. Interpretasi peneliti dapat dipengaruhi oleh responden sehingga tidak objektif. 4. Selama wawancara, responden harus dapat berbicara dengan jelas dan benar. 5. Kecukupan data yang dikumpulkan sangat tergantung pada kesediaan responden untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. 6. Untuk objek yang luas, diperlukan pewawancara yang banyak jumlahnya. Jadi, dari pernyatan di atas yang menunjukkan kelebihan dari teknik wawancara adalah 3 dan 4 (E).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

535

5.0

Jawaban terverifikasi