Shevia H

09 Oktober 2021 10:36

Iklan

Iklan

Shevia H

09 Oktober 2021 10:36

Pertanyaan

Perhatikan kutipan novel sejarah berikut! “Air sedang tinggi, Pak, kita butuh rakit untuk menyebrangi Kali Opak. Tapi Pak kulo ndak punya rakit,” ujar Panewu Kretek penuh hormat. “Kalau membuat rakit, butuh waktu berapa lama?” tanya Nolly. Panewu Kretek itu berpikir sejenak. “Mudah-mudahan segera dapat bambu yang baik. Tengah malam nanti sudah bisa dipakai,” jelasnya kemudian. “Kalau begitu tolong Bapak buatkan rakit agar kami bisa menyeberang. Lebih baik lagi kalua tidak sampai tengah malam, agar Belanda tak keburu sampai di sini,” jelas Nolly. Panewu Kretek mengangguk. Lalu pamit. Tapi baru beberapa langkah ia berhenti dan kembali menemui Tjokropranolo. “Bagaimana kalau jembatan yang menghubungkan jalan ini diputus, Pak?” ujar Panewu Kretek. Nolly tersentak karena telah diingatkan. “Matur nuwun sanget, Pak. Sampean sudah mengingatkan kami semua. Dengan putusnya jembatan itu, Belanda akan terhambat dan Sampean bisa leluasa membuat rakit,” ujar Nolly seraya menggenggam kedua tangan Panewu Kretek. “Sami-sami, Pak. Kulo pamit,” katanya seraya meninggalkan Tjokropranolo. Bersama para tetangga, Panewu Kretek membagi tugas. Ada yang memotong pohon bambu, membuat tali, dan merakit bagian-bagian itu agar cepat selesai. Sementara itu, Nolly setelah mendapat restu Soedirman, dibantu penduduk setempat segera menghancurkan jembatan yang menjadi penghubung utama. Tengah malam akhirnya rombongan Soedirman berhasil menyeberangi Kali Opak. Panewu Kretek telah mempersiapkan tempat menginap rombongan Soedirman di Balai Desa Grogol. “Matur nuwun sanget,” ujar Soedirman. Ia menggunakan bahasa halus seperti yang dipergunakan Panewu kepada dirinya. Dikutip dari: E. Rokajat Asura, Kupilih Jalan Gerilya: Roman Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jakarta, Imania, 2015 Jelaskan cara mengonversi nilai-nilai dalam teks cerita sejarah menjadi sebuah teks eksplanasi!


30

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

12 Oktober 2021 15:56

Jawaban terverifikasi

Hai Shevia H. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi cerita naratif tentang sebuah peristiwa sejarah. Teks cerita sejarah dibangun atas unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intinsik mencakup seluruh aspek yang terdapat di dalam teks, seperti (1) tema: ide cerita yang dikembangan di dalam teks; (2) tokoh: pemeran atau orang yang terlibat di dalam cerita; (3) penokohan: karakter yang dilakoni oleh tokoh cerita; (4) alur: jalan cerita yang mengurutkan rangkaian peristiwa di dalam cerita; (5) latar: tempat, waktu, suasana cerita; dan (6) amanat: pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Unsur ekstrinsik adalah seluruh aspek luar yang turut memengaruhi isi cerita sejarah, seperti latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang, dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita sejarah. Latar belakang masyarakat mencakup ideologi negara, kondisi politik, kondisi sosial, dan kondisi ekonomi. Latar belakang pengarang yang dapat memengaruhi isi cerita sejarah, yakni riwayat hidup penulis, kondisi psikologis, dan aliran sastra penulis. Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita sejarah, seperti nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, dan nilai agama. Nilai-nilai dalam teks cerita sejarah dapat dikonversi ke dalam bentuk teks eksplanasi dengan cara mengembangkan pokok isi cerita sejarah yang mengandung nilai-nilai kehidupan ke dalam struktur pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi pada teks eksplanasi. Dengan demikian, cara mengonversi nilai-nilai dalam teks cerita sejarah menjadi sebuah teks eksplanasi ialah melakukan pengembangan isi pokok cerita yang memuat nilai kehidupan ke dalam struktur teks eksplanasi.


Syifani H

02 Oktober 2023 15:46

apa kak latar waktu latar tempat dan waktak toko nolly dan panewu,serta struktur teks cerita sejarah nya

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

535

5.0

Jawaban terverifikasi