Riz R

19 Maret 2024 15:01

Iklan

Iklan

Riz R

19 Maret 2024 15:01

Pertanyaan

Perhatikan data berikut ini! 1.Partai politik 2.MPR 3.Kelpmpok penekan 4.Presiden 5.Kelompok Kepentingan 6.Media komunikasi politik yang independent Dari data diatas, lembaga infrastruktur yang mempunyai wewenang menyampaikan aspirasi kepada pemerintah adalah nomor.... A.1, 2, 3, dan 4 B.1, 3, 5, dan 6 C.1, 2, 3 dan 5 D.2, 3, 4, dan 5 E.3, 4, 5, dan 6


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rey D

19 Maret 2024 15:03

Jawaban terverifikasi

B.1‚ 3‚ 5‚ dan 6 Penjelasan: 1.Partai Politik: Partai politik memiliki peran dalam mewakili dan menyampaikan aspirasi dari anggotanya serta masyarakat umum kepada pemerintah melalui berbagai mekanisme seperti legislasi dan advokasi kebijakan. 3.Kelompok Penekan: Kelompok penekan, yang seringkali terdiri dari organisasi masyarakat sipil atau kelompok advokasi, memiliki peran dalam menekan pemerintah untuk mengambil tindakan tertentu atau memperhatikan isu-isu tertentu yang dianggap penting oleh kelompok tersebut. 5.Kelompok Kepentingan: Kelompok kepentingan, baik itu kelompok bisnis, profesi, atau sosial, memiliki kepentingan khusus yang ingin mereka sampaikan kepada pemerintah untuk dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan. 6.Media Komunikasi Politik yang Independen: Media yang independen memiliki peran dalam menyampaikan aspirasi dan pandangan masyarakat kepada pemerintah serta memonitor dan mengkritisi kinerja pemerintah, sehingga memiliki pengaruh dalam pembuatan kebijakan. Keempat entitas tersebut memiliki peran yang penting dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah, baik melalui jalur formal maupun informal, sehingga mereka termasuk dalam lembaga infrastruktur yang memiliki wewenang dalam hal ini.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:58

<p><br>Lembaga infrastruktur yang mempunyai wewenang menyampaikan aspirasi kepada pemerintah adalah nomor:</p><p>C. 1, 2, 3, dan 5</p><p>Penjelasan:</p><ol><li>Partai politik: Partai politik memiliki peran dalam menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah melalui jalur politik, seperti melalui perwakilan di DPR.</li><li>MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat): MPR merupakan lembaga legislatif tingkat tinggi yang mewakili aspirasi rakyat dan mempunyai kewenangan dalam pembuatan undang-undang serta melakukan pengawasan terhadap pemerintahan.</li><li>Kelompok penekan: Kelompok penekan atau pressure group memiliki peran dalam menyampaikan aspirasi dan kepentingan kelompok tertentu kepada pemerintah melalui tekanan politik atau advokasi.</li><li>Kelompok Kepentingan: Kelompok kepentingan juga berperan dalam menyampaikan aspirasi dan kepentingan kelompok tertentu kepada pemerintah, biasanya melalui lobi atau advokasi.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Lembaga infrastruktur yang mempunyai wewenang menyampaikan aspirasi kepada pemerintah adalah nomor:

C. 1, 2, 3, dan 5

Penjelasan:

  1. Partai politik: Partai politik memiliki peran dalam menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah melalui jalur politik, seperti melalui perwakilan di DPR.
  2. MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat): MPR merupakan lembaga legislatif tingkat tinggi yang mewakili aspirasi rakyat dan mempunyai kewenangan dalam pembuatan undang-undang serta melakukan pengawasan terhadap pemerintahan.
  3. Kelompok penekan: Kelompok penekan atau pressure group memiliki peran dalam menyampaikan aspirasi dan kepentingan kelompok tertentu kepada pemerintah melalui tekanan politik atau advokasi.
  4. Kelompok Kepentingan: Kelompok kepentingan juga berperan dalam menyampaikan aspirasi dan kepentingan kelompok tertentu kepada pemerintah, biasanya melalui lobi atau advokasi.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan penyataan berikut ini! (1) Indonesia adalah negara yang menganut beberapa agama bukan hanya satu, agama (2) Nilai sosial dalam masyarakat Indonesia terus dikembangkan agar maju, dan modern. (3) Setiap warga negara Indonesia bebas memilih budaya dengan persepsinya sendiri. (4) Perkembangan, IPTEK malampaui batas-batas nilai budaya bangsa Indonesia. (5). Nilai Pancasila tidak mengekang warga negara tetapi menyatukan perbedaan yang ada Penyataan berikut ini yang merupakan nilai-nilai pancasila sesuai dengan perkembangan zaman ditunjukkan pada nomor..... A (1), (2), dan (5) B (2), (3), dan (4) C. (3), (4), dan (5) D. (4), (1), dan (5)

8

0.0

Jawaban terverifikasi