NAYLA N

10 Maret 2024 02:30

Iklan

Iklan

NAYLA N

10 Maret 2024 02:30

Pertanyaan

Perhatikan berikut ini! 1) 44 Agustus 1945 Kaisar Hirohito menyatakan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu 2) 16 Agustus 1945 peristiwa penculikan Soekarno dan hatta ke Rengasdengklok. 3) 17 Agustus 1945 Soekarno Hatta memprokmasikan Kemerdekaan Indonesia. 4) 18 Agustus 1945 Sidang pertama PPKI yang menetapkan UUD 1945. 5) 19 September 1945 peristiwa rapat akbar di IKADA Jakarta. Rangkaian catatan peristiwa di atas yang dibuat runut sesuai dengan konsep ilmu sejarah, yaitu....

Perhatikan berikut ini!

1) 44 Agustus 1945 Kaisar Hirohito menyatakan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu

2) 16 Agustus 1945 peristiwa penculikan Soekarno dan hatta ke Rengasdengklok.

3) 17 Agustus 1945 Soekarno Hatta memprokmasikan Kemerdekaan Indonesia.

4) 18 Agustus 1945 Sidang pertama PPKI yang menetapkan UUD 1945.

5) 19 September 1945 peristiwa rapat akbar di IKADA Jakarta.

Rangkaian catatan peristiwa di atas yang dibuat runut sesuai dengan konsep ilmu sejarah, yaitu....

alt

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kinara R

13 Maret 2024 23:16

Jawaban terverifikasi

<p>Diakronik adalah cara berpikir secara kronologis atau urutan peristiwa yang terjadi dari berbagai catatan tentang suatu kejadian.&nbsp;</p><p>Kronik adalah catatan peristiwa yang diurutkan sesuai waktu kejadiannya. Kronik hanya dilakukan pencatatan terhadap peristiwa tanpa mempedulikan keterkaitan antara peristiwa yang pertama dengan yang kedua dan selanjutnya.</p><p>Periodisasi adalah proses pembabakan waktu dalam studi sejarah. Pembabakan ini dilakukan karena adanya rentang waktu.</p><p>Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan membantu penyusunan peristiwa atau kejadian menurut urutannya.Kronologi juga membantu dalam menemukan titik terang dari suatu peristiwa, misalnya peristiwa penculikan anak.</p><p>Sinkronik adalah cara berpikir dalam mempelajari peristiwa sejarah yang meluas secara ruang atau bidang, namun terbatas pada periode tertentu.&nbsp;</p><p>jadi jawabannya adalah diakronik (A) karena poin-poin tersebut dijelaskan secara kronologis (memanjang, berdimensi waktu, terus bergerak, hubungan kausalitas, sifatnya naratif, berproses serta bertransformasi, menekankan pada proses durasi, dinamis)<br>&nbsp;</p>

Diakronik adalah cara berpikir secara kronologis atau urutan peristiwa yang terjadi dari berbagai catatan tentang suatu kejadian. 

Kronik adalah catatan peristiwa yang diurutkan sesuai waktu kejadiannya. Kronik hanya dilakukan pencatatan terhadap peristiwa tanpa mempedulikan keterkaitan antara peristiwa yang pertama dengan yang kedua dan selanjutnya.

Periodisasi adalah proses pembabakan waktu dalam studi sejarah. Pembabakan ini dilakukan karena adanya rentang waktu.

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan membantu penyusunan peristiwa atau kejadian menurut urutannya.Kronologi juga membantu dalam menemukan titik terang dari suatu peristiwa, misalnya peristiwa penculikan anak.

Sinkronik adalah cara berpikir dalam mempelajari peristiwa sejarah yang meluas secara ruang atau bidang, namun terbatas pada periode tertentu. 

jadi jawabannya adalah diakronik (A) karena poin-poin tersebut dijelaskan secara kronologis (memanjang, berdimensi waktu, terus bergerak, hubungan kausalitas, sifatnya naratif, berproses serta bertransformasi, menekankan pada proses durasi, dinamis)
 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

06 April 2024 15:08

Jawaban terverifikasi

<p>Rangkaian catatan peristiwa di atas yang dibuat runut sesuai dengan konsep ilmu sejarah, yaitu:</p><p>d. kronologi</p><p>Kronologi adalah konsep dalam ilmu sejarah yang mengacu pada penyajian peristiwa-peristiwa dalam urutan waktu yang berurutan, mulai dari peristiwa yang pertama terjadi hingga yang terakhir. Dalam contoh tersebut, peristiwa-peristiwa disusun berdasarkan urutan waktu, dimulai dari peristiwa yang terjadi pada tanggal 44 Agustus 1945 hingga tanggal 19 September 1945, sehingga sesuai dengan konsep kronologi.</p>

Rangkaian catatan peristiwa di atas yang dibuat runut sesuai dengan konsep ilmu sejarah, yaitu:

d. kronologi

Kronologi adalah konsep dalam ilmu sejarah yang mengacu pada penyajian peristiwa-peristiwa dalam urutan waktu yang berurutan, mulai dari peristiwa yang pertama terjadi hingga yang terakhir. Dalam contoh tersebut, peristiwa-peristiwa disusun berdasarkan urutan waktu, dimulai dari peristiwa yang terjadi pada tanggal 44 Agustus 1945 hingga tanggal 19 September 1945, sehingga sesuai dengan konsep kronologi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam peristiwa Rengasdengklok, golongan muda mengamankan Soekarno dan Mohammad Hatta. Mohammad Hatta turut diamankan oleh golongan muda dalam peristiwa tersebut karena ... A. Soekarno meminta kepada golongan muda agar Mohammad Hatta ikut diamankan B. Mohammad Hatta berusaha menghalangi rencana pengamanan Soekarno C. Golongan muda ingin Mohammad Hatta membujuk Soekarno memproklamasikan kemerdekaan D. Mohammad Hatta mengetahui rencana pengamanan Soekarno E. Mohammad Hatta merupakan wakil ketua PPKI

7

5.0

Jawaban terverifikasi