Desta P

05 Maret 2024 13:48

Iklan

Iklan

Desta P

05 Maret 2024 13:48

Pertanyaan

Penyebab utama penduduk melakukan urbanisasi ke Pulau Jawa khususnyakota-kota besar seperti Jakarta karena


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:14

Jawaban terverifikasi

<p>Urbanisasi ke Pulau Jawa, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:</p><p><strong>Pusat Ekonomi:</strong> Pulau Jawa menjadi pusat ekonomi dan peluang pekerjaan yang menarik. Banyak industri, bisnis, dan sektor jasa berkembang di kota-kota besar di Pulau Jawa, menarik penduduk untuk mencari pekerjaan dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.</p><p><strong>Infrastruktur:</strong> Adanya infrastruktur yang lebih baik di Pulau Jawa, seperti transportasi, pendidikan, dan layanan kesehatan, dapat menjadi daya tarik bagi penduduk dari daerah lain untuk pindah dan meningkatkan taraf hidup mereka.</p><p><strong>Pendidikan:</strong> Pulau Jawa memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi dan pelatihan kerja yang memikat banyak orang untuk mengejar pendidikan dan peluang karier di kota-kota besar.</p><p><strong>Peluang Kerja:</strong> Ketersediaan pekerjaan dan peluang karier yang lebih baik di sektor formal, industri, dan sektor jasa menjadi daya tarik utama bagi urbanisasi.</p><p><strong>Akses Terhadap Layanan:</strong> Ketersediaan layanan kesehatan, hiburan, dan fasilitas umum lainnya di kota-kota besar dapat menjadi faktor penentu bagi penduduk untuk pindah ke sana.</p><p><strong>Modernisasi dan Gayahidup Urban:</strong> Beberapa orang tertarik untuk mengadopsi gaya hidup urban yang modern dan berpartisipasi dalam dinamika kota yang berkembang.</p>

Urbanisasi ke Pulau Jawa, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

Pusat Ekonomi: Pulau Jawa menjadi pusat ekonomi dan peluang pekerjaan yang menarik. Banyak industri, bisnis, dan sektor jasa berkembang di kota-kota besar di Pulau Jawa, menarik penduduk untuk mencari pekerjaan dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Infrastruktur: Adanya infrastruktur yang lebih baik di Pulau Jawa, seperti transportasi, pendidikan, dan layanan kesehatan, dapat menjadi daya tarik bagi penduduk dari daerah lain untuk pindah dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Pendidikan: Pulau Jawa memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi dan pelatihan kerja yang memikat banyak orang untuk mengejar pendidikan dan peluang karier di kota-kota besar.

Peluang Kerja: Ketersediaan pekerjaan dan peluang karier yang lebih baik di sektor formal, industri, dan sektor jasa menjadi daya tarik utama bagi urbanisasi.

Akses Terhadap Layanan: Ketersediaan layanan kesehatan, hiburan, dan fasilitas umum lainnya di kota-kota besar dapat menjadi faktor penentu bagi penduduk untuk pindah ke sana.

Modernisasi dan Gayahidup Urban: Beberapa orang tertarik untuk mengadopsi gaya hidup urban yang modern dan berpartisipasi dalam dinamika kota yang berkembang.


Iklan

Iklan

Saskia A

11 Maret 2024 04:22

Jawaban terverifikasi

<p>Karena pulau Jawa dan Jakarta merupakan pusat ekonomi di Indonesia, selain itu infrastruktur di sana sudah tergolong maju terutama di Jakarta, begitu pun dengan pendidikan&nbsp;</p>

Karena pulau Jawa dan Jakarta merupakan pusat ekonomi di Indonesia, selain itu infrastruktur di sana sudah tergolong maju terutama di Jakarta, begitu pun dengan pendidikan 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

15. Perhatikan pernyataan berikut. (1) Pulau-pulau kecil tenggelam. (2) Ekosistem mangrove menjadi rusak. (3) Kualitas air laut menurun. (4) Jumlah emisi gas semakin besar. (5) Terjadi kelangkaan pangan karena produksi padi berkurang. Pemanasan global akan berdampak pada peristiwa alam seperti ditunjukkan nomor ...... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (5) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

3

0.0

Jawaban terverifikasi