Esther E

21 Desember 2021 14:29

Iklan

Esther E

21 Desember 2021 14:29

Pertanyaan

Pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah.. kecuali..... a. Siapa calon pembeli dan bagaimana seleranya b. Eksplorasi material untuk inovasi estetik baru c. Pikirkan suatu tempat dan hiasan apa yang dibutuhkan di tempat itu d. Berkunjung ke daerah lain dan melihat contoh produk kerajinan hiasan e. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

02

:

55

:

57

Klaim

48

8

Jawaban terverifikasi

Iklan

R. Nur

28 Desember 2021 11:56

Jawaban terverifikasi

Hai Esther, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang benar adalah e. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door. Soal menanyakan tentang yang bukan merupakan pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan. Produk kerajinan Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Sumber manusia Indonesia memiliki kreativitas dan keterampilan tangan yang tinggi. Kreativitas dan keterampilan tersebut didukung pula oleh keragaman hayati dari masing-masing daerah. Perkembangan industri di setiap daerah juga membuka peluang diperolehnya bahan baku untuk kerajinan. Kerajinan menampilkan keindahan yang dihasilkan oleh keterampilan tangan dari proses pembuatannya. Salah satu produk kerajinan yang dapat dikembangkan adalah produk hiasan. Untuk membuat produk hiasan diperlukan pengembangan desain. Pengembangan desain dari limbah untuk membuat produk hiasan diawali dengan riset dengan tujuanmencari data tentang potensi limbah yang akan digunakan untuk bahan baku. Setiap tempat dapat memiliki jenis limbah yang berbeda-beda dan belum dimanfaatkan. Limbah yang akan dimanfaatkan untuk memproduksi produk hiasan harus memiliki jumlah yang cukup dengan jenis limbah, material dan bentuk yang sama, agar produk yang dihasilkan memiliki standar. Jenis, material, bentuk dan karakter dari bahan baku akan menjadi dasar untuk ide produk yang akan dibuat. Tiga pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan yaitu : a. Studi Pasar Sasaran untuk Ide Pengembangan Produk Pasar sasaran dari produk hiasan berbahan limbah sangat beragam Pasar sasaran dapat dibedakan dari usia, gender, bangsa dan etnis, pekerjaan, psikografi, tingkat ekonomi. Pasar sasaran yang berbeda memiliki selera dan daya beli yang berbeda pula. Pemahaman akan pasar sasaran akan mendukung proses pencarian ide dan penetapan harga jual. Pencarian data melalui referensi, kuisioner, pengamatan dan wawancara dapat dilakukan kepada pasar sasaran yang dituju untuk mengetahui selera dan daya beli pasar tersebut. b. Eksporasi Material untuk Ide Pengembangan Produk Proses pengembangan desain untuk produk hiasan menghasilkan nilai estetik sebagai tujuan utamanya. Pengembangan desain untuk nilai estetik adalah dengan mengeksplorasi berbagai kemungkinan keindahan dan keunikan yang dihasilkan oleh bahan limbah yang ada. Eksplorasi material dilakukan dengan membuat beberapa percobaan teknik pengolahan pada suatu material. Semakin banyak percobaan yang dilakukan, akan semakin banyak pula kemungkinan keindahan dan keunikan yang diperoleh. Pada saat melakukan eksplorasi material, pikirkan juga produk hiasan apa saja yang dapat dibuat. c. Proses Merespon Lingkungan untuk Ide Pengembangan Produk. Produk hiasan dapat berupa hiasan taman atau halaman. Produk hiasan di luar rumah dapat memanfaatkan angin dan air untuk menghasilkan gerak dan bunyi. Hiasan yang ditempatkan di luar rumah tentunya harus tahan cuaca. Material limbah yang tepat untuk hiasan di luar rumah adalah plastik, kaca, logam, dan kayu. Material serat dan kain lebih tepat digunakan untuk produk hiasan di dalam rumah atau perhiasan yang dikenakan, karena tidak tahan terhadap cuaca. Produk hiasan di dalam rumah dan perhiasan dapat pula dibuat dari material plastik, kaca, logam, dan kayu. Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang bukan merupakan pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door karena hal tersebut merupakan pendekatan pemasaran. Jadi, jawaban yang tepat adalah >> e. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door. Semoga membantu.


Siti P

12 September 2023 12:05

Apakah jawab itu benar

Iklan

Ismail M

24 Maret 2022 03:30

Yang dimaksud dengan pengembangan produk kerajinan hiasan adalah…


Muhamad A

09 Juni 2022 03:27

Pada umumnya, sebuah usaha apapun ingin mencapai keuntungan yang biasa disebut….


SUPIANDI 0

12 Oktober 2022 04:04

Sebuah produk atau karya yang dibuat oleh tangan trampil dan bukan menggunakan mesin industri adalah ...


Moh R

29 November 2022 02:11

Dengan menentukan target pasar yang tepat maka promosi produk kerajinan pasar lokal akan lebih


Riyan F

05 Desember 2023 00:20

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif adalah….


Sumantri S

08 Maret 2024 06:51

Kemasan yang bagus adalah kemasan yang memiliki 3 bagian yaitu


Rita A

21 April 2024 03:53

Ukiran selain hiasan juga berfungsi sebagai pendukung dari sebuah bangunan yg merupakan fungsi


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

35. Salah satu tujuan promosi diantaranya... A Membuat pemilik usaha menjadi terkenal B. Memperbanyak reseller C. Untuk menyebarkan informasi produk kepada masyarakat D. Untuk mengetahui konsumen E. Untuk mengetahui pesaing

20

0.0

Jawaban terverifikasi