Michael S

11 November 2024 00:01

Iklan

Michael S

11 November 2024 00:01

Pertanyaan

pendekatan diakronis dapat membantu HOTS mendapatkan pemahaman yang lebih mendalan tentang perkembangan suatu peristiwa. mengapa demikian?

pendekatan diakronis dapat membantu HOTS mendapatkan pemahaman yang lebih mendalan tentang perkembangan suatu peristiwa. mengapa demikian?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

01

:

54

:

06

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Ikhsan K

13 November 2024 21:48

Jawaban terverifikasi

<p>Pendekatan diakronis, yang mempelajari peristiwa atau fenomena secara kronologis dari waktu ke waktu, membantu HOTS (Higher Order Thinking Skills) karena pendekatan ini memungkinkan seseorang melihat bagaimana suatu peristiwa berkembang dan berubah seiring waktu. Dengan pendekatan ini, seseorang dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab, dampak yang dihasilkan, serta pola atau tren yang terjadi. Hal ini membantu untuk:</p><p>1. Memahami Latar Belakang: Pendekatan diakronis memberi pemahaman yang mendalam tentang kondisi awal, latar belakang, dan konteks yang memengaruhi perkembangan suatu peristiwa.</p><p><br>2. Menghubungkan Sebab-Akibat: Pendekatan ini membantu menghubungkan berbagai peristiwa berdasarkan urutan waktu, yang berguna dalam memahami hubungan sebab-akibat dan menganalisis bagaimana satu peristiwa memengaruhi peristiwa lain.</p><p><br>3. Melatih Analisis Kritis dan Evaluasi: Dengan memahami perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, siswa dapat lebih kritis dalam menganalisis kebijakan atau tindakan yang diambil dalam suatu periode dan mengevaluasi apakah pendekatan tersebut masih relevan atau tidak.</p><p><br>4. Memprediksi atau Mengantisipasi Peristiwa Mendatang: Melalui pemahaman pola perkembangan suatu peristiwa di masa lalu, siswa dapat membuat prediksi yang lebih terinformasi tentang kemungkinan perkembangan di masa depan.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, pendekatan diakronis membantu HOTS dengan memberikan wawasan mendalam dan kritis tentang perkembangan suatu peristiwa, sehingga siswa dapat berpikir lebih luas dan analitis.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu🤲</p>

Pendekatan diakronis, yang mempelajari peristiwa atau fenomena secara kronologis dari waktu ke waktu, membantu HOTS (Higher Order Thinking Skills) karena pendekatan ini memungkinkan seseorang melihat bagaimana suatu peristiwa berkembang dan berubah seiring waktu. Dengan pendekatan ini, seseorang dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab, dampak yang dihasilkan, serta pola atau tren yang terjadi. Hal ini membantu untuk:

1. Memahami Latar Belakang: Pendekatan diakronis memberi pemahaman yang mendalam tentang kondisi awal, latar belakang, dan konteks yang memengaruhi perkembangan suatu peristiwa.


2. Menghubungkan Sebab-Akibat: Pendekatan ini membantu menghubungkan berbagai peristiwa berdasarkan urutan waktu, yang berguna dalam memahami hubungan sebab-akibat dan menganalisis bagaimana satu peristiwa memengaruhi peristiwa lain.


3. Melatih Analisis Kritis dan Evaluasi: Dengan memahami perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, siswa dapat lebih kritis dalam menganalisis kebijakan atau tindakan yang diambil dalam suatu periode dan mengevaluasi apakah pendekatan tersebut masih relevan atau tidak.


4. Memprediksi atau Mengantisipasi Peristiwa Mendatang: Melalui pemahaman pola perkembangan suatu peristiwa di masa lalu, siswa dapat membuat prediksi yang lebih terinformasi tentang kemungkinan perkembangan di masa depan.

 

Oleh karena itu, pendekatan diakronis membantu HOTS dengan memberikan wawasan mendalam dan kritis tentang perkembangan suatu peristiwa, sehingga siswa dapat berpikir lebih luas dan analitis.

 

Semoga membantu🤲


Iklan

Rendi R

Community

Dijawab 3 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Pendekatan <strong>diakronis</strong> dalam sejarah merujuk pada kajian yang menekankan pada <strong>perubahan dan perkembangan peristiwa atau fenomena</strong> dalam rentang waktu tertentu. Pendekatan ini memungkinkan untuk melihat <strong>evolusi atau transformasi</strong> suatu peristiwa atau fenomena dari waktu ke waktu. Pendekatan ini sangat berguna dalam mengembangkan <strong>Higher Order Thinking Skills (HOTS)</strong>, yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi, dan sintesis.</p><p>Berikut adalah alasan mengapa pendekatan diakronis dapat membantu dalam mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan suatu peristiwa:</p><p>1. <strong>Melihat Perubahan dan Perkembangan dalam Konteks Waktu</strong></p><p>Pendekatan diakronis memungkinkan kita untuk memahami bagaimana suatu peristiwa atau fenomena berkembang dalam rentang waktu tertentu. Dengan menganalisis perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, kita bisa melihat <strong>sebab-akibat</strong>, <strong>konsekuensi</strong>, dan <strong>pengaruh</strong> dari peristiwa tersebut, yang pada gilirannya membantu pengembangan keterampilan analitis dalam HOTS.</p><p>2. <strong>Memahami Proses dan Dinamika Sejarah</strong></p><p>Dengan pendekatan diakronis, kita tidak hanya melihat peristiwa sejarah sebagai kejadian terisolasi, tetapi juga sebagai bagian dari <strong>proses yang lebih besar</strong>. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk mengeksplorasi dinamika dan konteks yang melatarbelakangi perubahan, seperti <strong>kondisi sosial, politik, ekonomi</strong>, dan <strong>budaya</strong> yang ada pada tiap periode. Ini mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis dan memahami hubungan antara berbagai faktor yang memengaruhi perkembangan suatu peristiwa.</p><p>3. <strong>Mengembangkan Kemampuan Analisis dan Evaluasi</strong></p><p>Dalam HOTS, kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi suatu peristiwa sangat penting. Pendekatan diakronis menuntut kita untuk melihat peristiwa dalam konteks perubahan waktu, yang memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang <strong>faktor-faktor penyebab</strong> dan <strong>akibat</strong> dari peristiwa tersebut. Ini mengasah kemampuan berpikir kritis dan evaluatif untuk memahami mengapa peristiwa tertentu terjadi, serta dampaknya pada masa depan.</p><p>4. <strong>Menghubungkan Masa Lalu dengan Masa Kini</strong></p><p>Pendekatan diakronis juga membantu menghubungkan peristiwa masa lalu dengan kondisi saat ini, yang merupakan aspek penting dari HOTS. Dengan mempelajari sejarah secara diakronis, kita dapat <strong>menarik kesimpulan</strong> atau <strong>pelajaran</strong> dari masa lalu yang relevan untuk situasi kontemporer. Hal ini melatih siswa untuk berpikir lebih <strong>reflektif</strong> dan <strong>berorientasi pada solusi</strong> dengan mengambil hikmah dari pengalaman sejarah.</p><p>5. <strong>Membangun Kemampuan Sintesis</strong></p><p>Pendekatan diakronis mengharuskan siswa untuk <strong>menghubungkan berbagai peristiwa sejarah</strong> dalam suatu rangkaian waktu, yang memperkuat kemampuan sintesis. Sintesis ini melibatkan penggabungan informasi dari berbagai periode untuk membentuk pandangan yang lebih holistik. Kemampuan untuk melihat peristiwa sebagai bagian dari pola yang lebih besar adalah salah satu komponen penting dalam HOTS.</p><p>Kesimpulan</p><p>Pendekatan diakronis memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana peristiwa-peristiwa sejarah berkembang seiring waktu. Ini melatih siswa untuk berpikir kritis, menganalisis perubahan, mengevaluasi sebab-akibat, dan menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Dengan demikian, pendekatan ini sangat efektif dalam mengembangkan <strong>Higher Order Thinking Skills (HOTS)</strong> yang mendalam dan komprehensif dalam pembelajaran sejarah.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

 

Pendekatan diakronis dalam sejarah merujuk pada kajian yang menekankan pada perubahan dan perkembangan peristiwa atau fenomena dalam rentang waktu tertentu. Pendekatan ini memungkinkan untuk melihat evolusi atau transformasi suatu peristiwa atau fenomena dari waktu ke waktu. Pendekatan ini sangat berguna dalam mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS), yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi, dan sintesis.

Berikut adalah alasan mengapa pendekatan diakronis dapat membantu dalam mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan suatu peristiwa:

1. Melihat Perubahan dan Perkembangan dalam Konteks Waktu

Pendekatan diakronis memungkinkan kita untuk memahami bagaimana suatu peristiwa atau fenomena berkembang dalam rentang waktu tertentu. Dengan menganalisis perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, kita bisa melihat sebab-akibat, konsekuensi, dan pengaruh dari peristiwa tersebut, yang pada gilirannya membantu pengembangan keterampilan analitis dalam HOTS.

2. Memahami Proses dan Dinamika Sejarah

Dengan pendekatan diakronis, kita tidak hanya melihat peristiwa sejarah sebagai kejadian terisolasi, tetapi juga sebagai bagian dari proses yang lebih besar. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk mengeksplorasi dinamika dan konteks yang melatarbelakangi perubahan, seperti kondisi sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang ada pada tiap periode. Ini mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis dan memahami hubungan antara berbagai faktor yang memengaruhi perkembangan suatu peristiwa.

3. Mengembangkan Kemampuan Analisis dan Evaluasi

Dalam HOTS, kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi suatu peristiwa sangat penting. Pendekatan diakronis menuntut kita untuk melihat peristiwa dalam konteks perubahan waktu, yang memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor penyebab dan akibat dari peristiwa tersebut. Ini mengasah kemampuan berpikir kritis dan evaluatif untuk memahami mengapa peristiwa tertentu terjadi, serta dampaknya pada masa depan.

4. Menghubungkan Masa Lalu dengan Masa Kini

Pendekatan diakronis juga membantu menghubungkan peristiwa masa lalu dengan kondisi saat ini, yang merupakan aspek penting dari HOTS. Dengan mempelajari sejarah secara diakronis, kita dapat menarik kesimpulan atau pelajaran dari masa lalu yang relevan untuk situasi kontemporer. Hal ini melatih siswa untuk berpikir lebih reflektif dan berorientasi pada solusi dengan mengambil hikmah dari pengalaman sejarah.

5. Membangun Kemampuan Sintesis

Pendekatan diakronis mengharuskan siswa untuk menghubungkan berbagai peristiwa sejarah dalam suatu rangkaian waktu, yang memperkuat kemampuan sintesis. Sintesis ini melibatkan penggabungan informasi dari berbagai periode untuk membentuk pandangan yang lebih holistik. Kemampuan untuk melihat peristiwa sebagai bagian dari pola yang lebih besar adalah salah satu komponen penting dalam HOTS.

Kesimpulan

Pendekatan diakronis memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana peristiwa-peristiwa sejarah berkembang seiring waktu. Ini melatih siswa untuk berpikir kritis, menganalisis perubahan, mengevaluasi sebab-akibat, dan menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Dengan demikian, pendekatan ini sangat efektif dalam mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang mendalam dan komprehensif dalam pembelajaran sejarah.

 

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan yang dimaksud dengan demokrasi liberal

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

29

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan