Bayuu B

27 Maret 2024 12:45

Iklan

Iklan

Bayuu B

27 Maret 2024 12:45

Pertanyaan

Pembangunan nasional harus dapat dirasakan seluruh rakyat oleh karena itu pembangunan nasional harus berpedoman pada?


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:24

Jawaban terverifikasi

<p><br>Pembangunan nasional yang efektif dan berkelanjutan harus berpedoman pada prinsip-prinsip berikut:</p><p><strong>Keadilan Sosial:</strong> Pembangunan nasional harus memastikan adanya kesetaraan dan keadilan dalam distribusi manfaat ekonomi, sosial, dan politik kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini mencakup akses yang merata terhadap layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan pekerjaan.</p><p><strong>Partisipasi Masyarakat:</strong> Pembangunan nasional harus melibatkan partisipasi aktif dan inklusif dari seluruh masyarakat, termasuk kelompok-kelompok minoritas dan marginalisasi. Partisipasi masyarakat memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan, merumuskan kebijakan, dan mengawasi pelaksanaan program pembangunan.</p><p><strong>Pemberdayaan Ekonomi:</strong> Pembangunan nasional harus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, yang memungkinkan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Ini melibatkan penciptaan lapangan kerja, pengembangan infrastruktur, dukungan terhadap usaha kecil dan menengah, serta peningkatan akses terhadap pasar dan teknologi.</p><p><strong>Perlindungan Lingkungan:</strong> Pembangunan nasional harus memperhitungkan dampaknya terhadap lingkungan dan ekosistem alam. Ini berarti mengadopsi praktik-praktik pembangunan yang ramah lingkungan, melindungi sumber daya alam yang terbatas, dan mengurangi emisi gas rumah kaca serta polusi lainnya.</p><p><strong>Keseimbangan Regional:</strong> Pembangunan nasional harus memperhatikan keseimbangan pembangunan antar wilayah, baik secara geografis maupun ekonomis. Hal ini memastikan bahwa tidak ada daerah yang terpinggirkan atau tertinggal dalam proses pembangunan, dan pembangunan merata di seluruh wilayah negara.</p><p><br>&nbsp;</p>


Pembangunan nasional yang efektif dan berkelanjutan harus berpedoman pada prinsip-prinsip berikut:

Keadilan Sosial: Pembangunan nasional harus memastikan adanya kesetaraan dan keadilan dalam distribusi manfaat ekonomi, sosial, dan politik kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini mencakup akses yang merata terhadap layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan pekerjaan.

Partisipasi Masyarakat: Pembangunan nasional harus melibatkan partisipasi aktif dan inklusif dari seluruh masyarakat, termasuk kelompok-kelompok minoritas dan marginalisasi. Partisipasi masyarakat memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan, merumuskan kebijakan, dan mengawasi pelaksanaan program pembangunan.

Pemberdayaan Ekonomi: Pembangunan nasional harus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, yang memungkinkan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Ini melibatkan penciptaan lapangan kerja, pengembangan infrastruktur, dukungan terhadap usaha kecil dan menengah, serta peningkatan akses terhadap pasar dan teknologi.

Perlindungan Lingkungan: Pembangunan nasional harus memperhitungkan dampaknya terhadap lingkungan dan ekosistem alam. Ini berarti mengadopsi praktik-praktik pembangunan yang ramah lingkungan, melindungi sumber daya alam yang terbatas, dan mengurangi emisi gas rumah kaca serta polusi lainnya.

Keseimbangan Regional: Pembangunan nasional harus memperhatikan keseimbangan pembangunan antar wilayah, baik secara geografis maupun ekonomis. Hal ini memastikan bahwa tidak ada daerah yang terpinggirkan atau tertinggal dalam proses pembangunan, dan pembangunan merata di seluruh wilayah negara.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

31 Maret 2024 09:46

Jawaban terverifikasi

<p>Pembangunan nasional yang merata dan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat harus didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:</p><p><strong>Keadilan Sosial</strong>: Pembangunan nasional harus mengutamakan prinsip keadilan sosial, di mana semua lapisan masyarakat memiliki akses yang sama terhadap peluang dan manfaat pembangunan. Ini mencakup distribusi yang adil dari sumber daya dan kebijakan yang mengurangi kesenjangan ekonomi, sosial, dan regional.</p><p><strong>Partisipasi Masyarakat</strong>: Pembangunan nasional harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan. Dengan memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, pembangunan dapat lebih responsif terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi oleh berbagai kelompok dalam masyarakat.</p><p><strong>Kebijakan Inklusif</strong>: Kebijakan pembangunan harus inklusif, artinya mereka harus memperhitungkan kepentingan semua segmen masyarakat, termasuk kelompok minoritas, kaum miskin, dan kelompok rentan lainnya. Hal ini akan membantu memastikan bahwa manfaat pembangunan disertai dengan peningkatan kesejahteraan bagi semua warga negara.</p><p><strong>Keterjangkauan</strong>: Pembangunan nasional harus memperhitungkan keterjangkauan bagi semua lapisan masyarakat, sehingga layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan transportasi dapat diakses secara merata oleh seluruh rakyat.</p>

Pembangunan nasional yang merata dan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat harus didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:

Keadilan Sosial: Pembangunan nasional harus mengutamakan prinsip keadilan sosial, di mana semua lapisan masyarakat memiliki akses yang sama terhadap peluang dan manfaat pembangunan. Ini mencakup distribusi yang adil dari sumber daya dan kebijakan yang mengurangi kesenjangan ekonomi, sosial, dan regional.

Partisipasi Masyarakat: Pembangunan nasional harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan. Dengan memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, pembangunan dapat lebih responsif terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi oleh berbagai kelompok dalam masyarakat.

Kebijakan Inklusif: Kebijakan pembangunan harus inklusif, artinya mereka harus memperhitungkan kepentingan semua segmen masyarakat, termasuk kelompok minoritas, kaum miskin, dan kelompok rentan lainnya. Hal ini akan membantu memastikan bahwa manfaat pembangunan disertai dengan peningkatan kesejahteraan bagi semua warga negara.

Keterjangkauan: Pembangunan nasional harus memperhitungkan keterjangkauan bagi semua lapisan masyarakat, sehingga layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan transportasi dapat diakses secara merata oleh seluruh rakyat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

22. Pernyataan berikut yang menunjukkan dimensi negatif hak adalah A. Rini membelikan Sani sepasang sepatu sekolah agar bisa mengganti sepatunya yang sobek. B. Anto meminta Rio untuk membantunya menagih uangnya yang dipinjam Dimas enam bulan lalu. .C. Pak Ipul memberi potongan harga untuk baju yang dibeli Feri karena menjadi pembeli pertamanya hari ini. D. Dalam perjalanan, Pebri memberitahu Egi agar berhenti dan menunggunya melaksanakan salat magrib.

24

0.0

Jawaban terverifikasi