Hilma N

03 Maret 2022 02:27

Iklan

Iklan

Hilma N

03 Maret 2022 02:27

Pertanyaan

Pemakaian bahasa Indonesia di sebuah daerah di Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, ucapan terlihat dengan mudah sebagai bahasa pergaulan, sering dikalahkan oleh bahasa daerah Di lingkungan persurat kabaran, radio, dan TV.pemakaian bahasa Indonesia belum lagi dapat dikatakan sudah terjaga baik Para pemuka kita pun pada umumya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu lebih ditingkatkan kesimpulan di atas didapat dengan cara...


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

04 Maret 2022 08:57

Jawaban terverifikasi

Halo, Hilma N, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Kesimpulan di atas didapat dengan cara penalaran deduktif. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Simpulan merupakan gagasan akhir dari suatu teks, uraian, bacaan, dan sebagainya. Adapun cara menarik simpulan dalam teks bacaan sebagai berikut: 1) Penalaran deduktif terdiri atas silogisme, yaitu akibat-sebab-sebab dan sebab-akibat-akibat. 2) Penalaran induktif terdiri atas generalisasi, yaitu akibat-akibat-sebab dan sebab-sebab-akibat. Berdasarkan pemaparan tersebut, kesimpulan di atas didapat dengan cara penalaran deduktif karena paragraf di atas memiliki penalaran akibat-sebab-sebab. Berikut ini penalaran deduktif sesuai dengan paragraf di atas. 1) Kalimat akibat "Pemakaian bahasa Indonesia di sebuah daerah di Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam." 2) Kalimat sebab "Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, ucapan terlihat dengan mudah sebagai bahasa pergaulan, sering dikalahkan oleh bahasa daerah." 3) Kalimat sebab "Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu lebih ditingkatkan." Dengan demikian, kesimpulan di atas didapat dengan cara penalaran deduktif. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

607

5.0

Jawaban terverifikasi