Kadek J

30 Mei 2024 08:11

Iklan

Kadek J

30 Mei 2024 08:11

Pertanyaan

Pelayaran Hongi adalah pelayaran yang dilakukan oleh VOC dengan menggunakan senjata lengkap. Setiap tahun, dengan menggunakan perahu kora-kora milik para raja di Maluku, VOC memerintahkan para petani agar menebang sebagian pohon cengkeh mereka yang dikenal dengan ekstirpasi. Terhadap petani yang membandel, VOC akan membasmi ribuan pohon cengkeh mereka sebagai bentuk hukuman. Pelayaran dengan perahu kora-kora bertujuan mencegah penyelundupan cengkih ke luar Maluku. Dengan perahu kora-kora, VOC berkeliling mengawasi, mengejar dan menangkap pedagang gelap atau penyelundup dari Jawa, Melayu dan Banda. Tidak hanya penyelundup, VOC juga menangkap dan menghukum penduduk yang diam-diam menjual rempah selain kepada VOC. Berdasarkan teks, tujuan kebijakan yang diterapkan VOC adalah… a. Menangkap pedagang gelap atau penyelundup b. Mengamankan monopoli perdagangan c. Menangkap petani yang menjual rempah ke pihak selain VOC d. Mempertahankan kekuasaan politik di Maluku e. Menghukum petani yang menjual rempah ke pihak selain VOC

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

04

:

49

:

16

Klaim

86

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

30 Mei 2024 10:47

Jawaban terverifikasi

<p>Berdasarkan teks yang diberikan, tujuan utama kebijakan yang diterapkan VOC adalah:</p><p>b. Mengamankan monopoli perdagangan</p><p>Penjelasan:<br>- Meskipun menangkap pedagang gelap atau penyelundup (a) dan menghukum petani yang menjual rempah ke pihak selain VOC (e) juga merupakan bagian dari tindakan yang diambil oleh VOC, tujuan utama dari semua tindakan ini adalah untuk mengamankan monopoli perdagangan cengkeh.<br>- Dengan menghentikan penyelundupan dan memastikan bahwa petani hanya menjual cengkeh kepada VOC, VOC bisa mempertahankan kontrol penuh atas perdagangan cengkeh dan menjaga harga serta pasokan sesuai keinginan mereka. Ini adalah esensi dari kebijakan monopoli perdagangan yang mereka terapkan.</p>

Berdasarkan teks yang diberikan, tujuan utama kebijakan yang diterapkan VOC adalah:

b. Mengamankan monopoli perdagangan

Penjelasan:
- Meskipun menangkap pedagang gelap atau penyelundup (a) dan menghukum petani yang menjual rempah ke pihak selain VOC (e) juga merupakan bagian dari tindakan yang diambil oleh VOC, tujuan utama dari semua tindakan ini adalah untuk mengamankan monopoli perdagangan cengkeh.
- Dengan menghentikan penyelundupan dan memastikan bahwa petani hanya menjual cengkeh kepada VOC, VOC bisa mempertahankan kontrol penuh atas perdagangan cengkeh dan menjaga harga serta pasokan sesuai keinginan mereka. Ini adalah esensi dari kebijakan monopoli perdagangan yang mereka terapkan.


Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 14:36

Jawaban terverifikasi

<p>b. mengamankan monopoli perdagangan&nbsp;</p><p><br>Tujuan utama VOC adalah mengamankan kontrol atas perdagangan rempah-rempah yang berlimpah di wilayah Asia Tenggara. Hal ini mencakup produksi, pengangkutan, dan pemasaran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan lada.</p><p>Ada tiga tujuan utama dari didirikannya VOC, yaitu: Menyaingi perusahaan dagang Inggris di India, yaitu East India Company (EIC) Menguasai pelabuhan serta kerajaan-kerajaan di Indonesia. Melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia.</p><p>VOC didirikan oleh Johan Van Oldenbarnevelt pada tahun 1602 yang dilatarbelakangi adanya persaingan dagang antar pedagang Belanda. Keberadaan VOC menjadi sangat menguntungkan bagi Belanda mengingat VOC menjadi pemasukan terbesar Belanda.</p>

b. mengamankan monopoli perdagangan 


Tujuan utama VOC adalah mengamankan kontrol atas perdagangan rempah-rempah yang berlimpah di wilayah Asia Tenggara. Hal ini mencakup produksi, pengangkutan, dan pemasaran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan lada.

Ada tiga tujuan utama dari didirikannya VOC, yaitu: Menyaingi perusahaan dagang Inggris di India, yaitu East India Company (EIC) Menguasai pelabuhan serta kerajaan-kerajaan di Indonesia. Melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia.

VOC didirikan oleh Johan Van Oldenbarnevelt pada tahun 1602 yang dilatarbelakangi adanya persaingan dagang antar pedagang Belanda. Keberadaan VOC menjadi sangat menguntungkan bagi Belanda mengingat VOC menjadi pemasukan terbesar Belanda.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan