Nuraeni A

12 Juni 2024 13:54

Iklan

Iklan

Nuraeni A

12 Juni 2024 13:54

Pertanyaan

parlementer adalah


16

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kheisya N

13 Juni 2024 03:22

Jawaban terverifikasi

Parlementer adalah sistem pemerintahan di mana parlemen memegang kekuasaan yang besar dalam mengontrol pemerintah dan membuat kebijakan, dan kepala pemerintah (perdana menteri) dipilih oleh parlemen dan harus mempertahankan dukungan parlemen untuk terus berkuasa.


Iklan

Iklan

Khusnul M

23 Juni 2024 02:10

Jawaban terverifikasi

Sistem parlementer adalah salah satu bentuk pemerintahan di mana kekuasaan eksekutif berasal dari dan bertanggung jawab kepada legislatif (parlemen). Dalam sistem ini, kepala negara dan kepala pemerintahan biasanya dipisahkan. Kepala negara bisa berupa presiden (dalam republik parlementer) atau raja/ratu (dalam monarki konstitusional), sementara kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Berikut adalah beberapa ciri utama dari sistem parlementer: 1. Eksekutif Bertanggung Jawab kepada Parlemen: Pemerintah (kabinet) harus mendapatkan dukungan mayoritas di parlemen untuk tetap berkuasa. Jika pemerintah kehilangan kepercayaan parlemen (misalnya melalui mosi tidak percaya), maka mereka harus mengundurkan diri atau memanggil pemilihan umum baru. 2. Pemilihan Kepala Pemerintahan: Perdana menteri biasanya dipilih dari partai atau koalisi partai yang memiliki mayoritas di parlemen. Perdana menteri kemudian menunjuk anggota kabinet dari anggota parlemen. 3. Pemisahan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan: Kepala negara sering kali memiliki peran seremonial, sedangkan kepala pemerintahan (perdana menteri) menjalankan fungsi eksekutif sehari-hari. 4. Fleksibilitas dan Stabilitas: Sistem parlementer dapat lebih fleksibel dalam mengganti pemerintahan tanpa perlu mengadakan pemilihan umum yang lengkap. Ini bisa menambah stabilitas politik karena pemerintah bisa diganti dengan cepat jika kehilangan dukungan parlemen. Contoh negara dengan sistem parlementer termasuk Inggris, Kanada, Jepang, dan India. Dalam sistem ini, kolaborasi dan komunikasi antara eksekutif dan legislatif biasanya lebih erat karena mereka bergantung satu sama lain untuk keberlangsungan pemerintahan.


Navniaaa N

13 Juni 2024 13:05

Jawaban terverifikasi

Sistem demokrasi parlementer adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan politik terletak pada parlemen atau badan legislatif yang terpilih oleh rakyat. Demokrasi Parlementer adalah era ketika Presiden Soekarno memerintah menggunakan konstitusi Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950. 🌷Parlementer adalah sistem pemerintahan di mana parlemen memegang kekuasaan yang besar dalam mengontrol pemerintah dan membuat kebijakan, dan kepala pemerintah (perdana menteri) dipilih oleh parlemen dan harus mempertahankan dukungan parlemen untuk terus berkuasa.


Zidan A

23 Juni 2024 09:30

Parlementer adalah sistem pemerintahan di mana parlemen memegang kekuasaan yang besar dalam mengontrol pemerintah dan membuat kebijakan, dan kepala pemerintah (perdana menteri) dipilih oleh parlemen dan harus mempertahankan dukungan parlemen untuk terus berkuasa.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah Paragraf berikut! Fobia adalah ketakutan berlebih dengan situasi dan benda. fobia juga merupakan gangguan psikologis, contoh fobia adalah Talassophobia(fobia ketinggian) dan Arachnophobia. Jika memiliki fobia, berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater untuk perawatan lebih lanjut. Manakah yang merupakan ide pokok? A. Bagian depan B. Bagian tengah C. Bagian belakang

11

5.0

Jawaban terverifikasi