Junna J

24 Juni 2024 14:04

Iklan

Iklan

Junna J

24 Juni 2024 14:04

Pertanyaan

Konsep energi adalah.....

Konsep energi adalah.....


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Juni 2024 22:04

Jawaban terverifikasi

<p>Konsep energi merujuk pada kemampuan suatu sistem untuk melakukan kerja. Secara umum, energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyebabkan perubahan atau melakukan kerja. Energi dapat ada dalam berbagai bentuk, seperti energi kinetik (energi yang terkait dengan gerakan), energi potensial (energi yang terkait dengan posisi atau keadaan tertentu), energi panas (energi yang terkait dengan suhu), energi listrik, dan sebagainya.</p><p>Secara lebih teknis, dalam fisika, energi dapat dijelaskan dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah bentuknya dari satu bentuk ke bentuk lainnya.</p><p>Jadi, konsep energi meliputi kemampuan untuk melakukan kerja dan eksis dalam berbagai bentuk yang dapat saling berubah.</p>

Konsep energi merujuk pada kemampuan suatu sistem untuk melakukan kerja. Secara umum, energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyebabkan perubahan atau melakukan kerja. Energi dapat ada dalam berbagai bentuk, seperti energi kinetik (energi yang terkait dengan gerakan), energi potensial (energi yang terkait dengan posisi atau keadaan tertentu), energi panas (energi yang terkait dengan suhu), energi listrik, dan sebagainya.

Secara lebih teknis, dalam fisika, energi dapat dijelaskan dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah bentuknya dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Jadi, konsep energi meliputi kemampuan untuk melakukan kerja dan eksis dalam berbagai bentuk yang dapat saling berubah.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Juni 2024 04:09

Jawaban terverifikasi

Konsep energi dalam fisika adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Energi dapat berpindah melalui interaksi fundamental, diubah bentuknya, tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Bentuk-bentuk energi: * Energi kinetik: Energi yang dimiliki benda karena geraknya. Contohnya, energi kinetik mobil yang melaju. * Energi potensial: Energi yang tersimpan pada benda karena posisi atau kondisinya. Contohnya, energi potensial pegas yang diregangkan. * Energi termal: Energi yang berhubungan dengan panas. Contohnya, energi termal yang dihasilkan dari matahari. * Energi kimia: Energi yang tersimpan dalam ikatan kimia antara atom atau molekul. Contohnya, energi kimia dalam baterai. * Energi nuklir: Energi yang tersimpan dalam inti atom. Contohnya, energi nuklir yang digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir. * Energi radiasi: Energi yang dipancarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau partikel. Contohnya, energi radiasi dari sinar matahari. Hukum kekekalan energi: Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah bentuknya. Hal ini berarti bahwa total energi dalam suatu sistem tertutup selalu konstan. Contoh penerapan konsep energi: * Mesin: Mesin bekerja dengan mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya, mesin bensin mengubah energi kimia dalam bensin menjadi energi kinetik pada roda. * Pembangkit listrik: Pembangkit listrik menghasilkan energi listrik dengan mengubah bentuk energi lain, seperti energi kinetik air (PLTA), energi kimia batubara (PLTU), atau energi nuklir (PLTN). * Tubuh manusia: Tubuh manusia membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bergerak, berpikir, dan mencerna makanan. Energi ini diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Kesimpulan: Energi adalah konsep fundamental dalam fisika yang memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Memahami konsep energi sangat penting untuk mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Haloo, ada yang bisa bantu kerjakan?

0

0.0

Jawaban terverifikasi