Leonardo W

19 November 2021 10:47

Iklan

Iklan

Leonardo W

19 November 2021 10:47

Pertanyaan

Pada suatu hari, Sultan Harun al Rasyid merasa seluruh anggota badannya sakit. Entah apa yang menyebabkannya. Namun, rasa sakit di sekujur tubuhnya itu lama-lama kian bertambah parah. Bahkan untuk berjalan saja terasa berat dan akhirnya ia hanya berbaring saja di atas tempat tidur. Sudut pandang yang digunakan dalam teks anekdot tersebut adalah a. Orang ketiga terbatas b. Orang pertama terbatas c. Orang ketiga serbatahu d. Orang pertama serbatahu e. Orang pertama pelaku sampingan


14

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

22 November 2021 06:58

Jawaban terverifikasi

Halo Leonardo W. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban soal ini adalah pilihan A. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik sebab teks ini bukan hanya menyajikan cerita lucu, tetapi juga memiliki makna kritikan atau sindiran. Unsur intrinsik dalam anekdot adalah tema, tokoh dan penokohan, alur/plot, latar/setting, amanat, dan sudut pandang. Sudut pandang dibagi menjadi empat sebagai berikut. 1. Orang pertama pelaku utama: kata ganti yang digunakan adalah aku/saya dan menceritakan dirinya sendiri. 2. Orang pertama pelaku sampingan: kata ganti yang digunakan adalah aku/saya dan menceritakan orang lain. 3. Orang ketiga serbatahu: kata ganti yang digunakan adalah dia/mereka atau menggunakan nama orang dan menceritakan setiap karakter yang ada dalam cerita. 4. Orang ketiga terbatas: kata ganti yang digunakan adalah dia/mereka atau menggunakan nama orang dan menceritakan satu tokoh utama saja. Berdasarkan pemaparan tersebut, sudut pandang yang digunakan dalam teks tersebut adalah orang ketiga terbatas. Penggunaan sudut pandang tersebut ditandai dengan adanya penggunaan penyebutan nama Sultan Harun al Rasyid dalam teks. Selain itu, hanya Sultan Harun al Rasyid saja yang diceritakan dalam teks sampai kalimat akhir "Bahkan untuk berjalan saja terasa berat dan akhirnya ia hanya berbaring saja di atas tempat tidur." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

985

5.0

Jawaban terverifikasi