Aulia F

22 Maret 2024 01:31

Iklan

Iklan

Aulia F

22 Maret 2024 01:31

Pertanyaan

Pada masa Pendudukan Jepang banyak masyarakat yang menilai bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua yang lain pro terhadap Pemerintah Jepang. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan.

Pada masa Pendudukan Jepang banyak masyarakat yang menilai bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua yang lain pro terhadap Pemerintah Jepang. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan.

 


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:56

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua lainnya dianggap pro terhadap Pemerintah Jepang selama masa pendudukan Jepang adalah pembentukan badan pemerintahan yang dikenal sebagai Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Pemerintah Jepang membentuk Putera pada tanggal 28 Februari 1943 sebagai organisasi massa yang mendukung kebijakan Jepang dan berperan dalam memobilisasi dukungan rakyat untuk kepentingan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya. Salah satu tokoh yang terlibat dalam Putera adalah Ir. Soekarno, yang pada saat itu diangkat sebagai Ketua. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa Ir. Soekarno dan sebagian Golongan Tua lainnya bekerja sama dengan Pemerintah Jepang selama masa pendudukan tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua lainnya dianggap pro terhadap Pemerintah Jepang selama masa pendudukan Jepang adalah pembentukan badan pemerintahan yang dikenal sebagai Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Pemerintah Jepang membentuk Putera pada tanggal 28 Februari 1943 sebagai organisasi massa yang mendukung kebijakan Jepang dan berperan dalam memobilisasi dukungan rakyat untuk kepentingan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya. Salah satu tokoh yang terlibat dalam Putera adalah Ir. Soekarno, yang pada saat itu diangkat sebagai Ketua. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa Ir. Soekarno dan sebagian Golongan Tua lainnya bekerja sama dengan Pemerintah Jepang selama masa pendudukan tersebut.

 

 

 


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 07:20

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua lainnya dianggap pro terhadap Pemerintah Jepang selama masa Pendudukan Jepang adalah:</p><ul><li><strong>Pembentukan Pusat Tenaga Rakyat (Putera)</strong> Ir. Soekarno, bersama dengan para pemimpin nasionalis lainnya, mendirikan organisasi Putera yang merupakan organisasi massa yang bekerja sama dengan Pemerintah Jepang. Meskipun tujuan pembentukan Putera adalah untuk memobilisasi rakyat Indonesia dalam mendukung kemerdekaan, namun kerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang menimbulkan persepsi bahwa mereka bersikap pro terhadap pemerintahan Jepang saat itu.</li></ul>

Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Ir. Soekarno dan Golongan Tua lainnya dianggap pro terhadap Pemerintah Jepang selama masa Pendudukan Jepang adalah:

  • Pembentukan Pusat Tenaga Rakyat (Putera) Ir. Soekarno, bersama dengan para pemimpin nasionalis lainnya, mendirikan organisasi Putera yang merupakan organisasi massa yang bekerja sama dengan Pemerintah Jepang. Meskipun tujuan pembentukan Putera adalah untuk memobilisasi rakyat Indonesia dalam mendukung kemerdekaan, namun kerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang menimbulkan persepsi bahwa mereka bersikap pro terhadap pemerintahan Jepang saat itu.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tokoh yang mewakili kelompok muda yang mendesak agar pasangan Ir. Soekarno - Hatta secepatnya memproklamasikan kemerdekaan adalah... a. Sukarni Kartodiwirjo b. Frans Sumarto Mendur c. S. Suhud d. Burhanuddin Mohammad Diah e. Sayuti Melik

14

0.0

Jawaban terverifikasi