Yudhistira Y
16 Agustus 2022 08:31
Iklan
Yudhistira Y
16 Agustus 2022 08:31
Pertanyaan
Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb
Habis dalam
00
:
11
:
27
:
00
5
2
Iklan
P. Avivah
Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang
27 September 2022 12:23
Jawaban yang benar adalah pemasangan boks girder, progress konstruksi tahap I MRT, status pembebasan lahan, izin kegiatan konstruksi dari pemilik lahan, panjang jalur layang, upaya keamanan, total investasi proyek, peran PT. MRT, perjanjian penyelenggaraan prasarana MRT, jumlah penumpang kereta komuter, pengoperasian MTR Hong Kong, dan rencana induk MRT Jakarta.
Kalimat fakta merupakan kalimat yang menunjukkan data dan peristiwa nyata mengenai suatu topik. Kalimat fakta biasanya didukung dengan adanya data numerik, nama daerah, dan waktu suatu kejadian secara aktual. Beberapa informasi pada teks di atas yang termasuk dalam kalimat fakta yaitu:
1. Boks girder terakhir telah terpasang di jalur Layang MRT di Jalan Kartini, Jakarta Selatan pada 31 Oktober Lalu.
2. Kontruksi proyek Tahap I MRT sudah mencapai 83,07%, dengan rincian struktur layang 74,64% dan struktur bawah tanah 91,57%.
3. Total panjang jalur layang yaitu 9,8 km yang akan melewati Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).
4. Status pembebasan lahan di Jalan Fatmawati (area Stasiun Cipete dan Stasiun Haji Nadi) masih menunggu dokumen putusan dari kasasi Mahkamah Agung.
5. Pemilik lahan Rashmee Mahesh Laimalani sudah mengizinkan MRT melaksanakan kegiatan konstruksi per 20 Oktober 2017. Sedangkan pemilik lahan Heriyantomo juga sudah mengizinkan MRT melaksanakan pekerjaan per 26 Oktober 2017.
6. Untuk keamanan, Direktur Konstruksi MRT Jakarta telah memasang alat pemadam kebakaran dan pintu khusus di empat pintu khusus stasiun untuk mencegah masuknya air ketika musim hujan yang berpotensi menimbulkan genangan di stasiun bawah tanah.
7. Investasi Proyek MRT Tahap I bernilai Rp16 trilliun .
8. PT. MRT Jakarta ditunjuk sebagai penyelenggara saran pembangunan, pengoperasian, perawatan, pengusahaan, dan penyelenggaraan kawasan berbasis transportasi (berdasarkan Perjanjian Penyelenggaraan Prasarana Angkutan Umum Massal Kereta Api (Mass Rapid Transit) Nomor 22 Tahun 2017.
9. Perjanjian Penyelenggaraan Prasarana MRT diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 30 tahun sejak tanggal penetapan izin dan data diperpanjang untuk setiap kali waktu dengan durasi terlama 20 tahun.
10. Penumpang kereta komuter di Indonesia sebanyak 1,1 juta orang setiap harinya.
11. Kerugian pengoperasian MTR Hong Kong pada 1980-1990, dan berkembang pesat setelah adanya pembangunan TOD di kawasan stasiun.
12. Ada dua rencana induk yang MRT Jakarta persiapkan, yaitu Fase I yang meliputi Dukuh Atas, Blok M-Sisingamangaraja, Koridor Fatmawati Raya (Cipete, Blok A dan Haji Nawi) dan Fatmawati. Sementara itu, untuk Fase II, di antaranya Bundara HI, Setiabudi, Bendungan Hilir dan Istora-Senayan.
Maka, dapat disimpulkan bahwa informasi-informasi yang merupakan kalimat fakta adalah pemasangan boks girder, progress konstruksi tahap I MRT, status pembebasan lahan, izin kegiatan konstruksi dari pemilik lahan, panjang jalur layang, upaya keamanan, total investasi proyek, peran PT. MRT, perjanjian penyelenggaraan prasarana MRT, jumlah penumpang kereta komuter, pengoperasian MTR Hong Kong, dan rencana induk MRT Jakarta.
· 1.0 (1)
Iklan
Ahmad R
10 November 2023 01:46
· 0.0 (0)
Tanya ke Forum
Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu
LATIHAN SOAL GRATIS!
Drill Soal
Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian
Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!