Mazaya M

29 Januari 2024 20:14

Iklan

Iklan

Mazaya M

29 Januari 2024 20:14

Pertanyaan

Menurut Max Weber, paradigma definisi sosial berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial dan maka dari tindakan tersebut. Identifikasikan beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial!

Menurut Max Weber, paradigma definisi sosial berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial dan maka dari tindakan tersebut. Identifikasikan beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:20

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br>Beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial adalah interaksionisme simbolik, tindakan sosial, dan fenomenologi. Menurut Max Weber, paradigma definisi sosial berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial dan makna dari tindakan tersebut.</p><p>Interaksionisme simbolik merupakan teori yang dikembangkan oleh George Herbert Mead.Teori tersebut menjelaskan tentang makna dan simbol dalam interaksi sosial yang dilekatkan individu pada lingkungannya. Individu dalam melakukan tindakan sosial memiliki berbagai motif yang dilakukan berdasarkan keyakinan individu sebagai bagian dari pemaknaan individu atas situasi dan kondisi suatu masyarakat. Contoh seseorang memakai pakaian, jaket, atau sepatu yang menunjukkan suatu merek tertentu ketika bermain dengan temannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki motivasi tertentu ketika memakai barang bermerek, misalnya dengan maksud untuk menunjukkan simbol, status sosial, atau mengikuti tren masa kini.</p><p>Adapun fenomenologi merupakan salah satu teori dalam paradigma ini yang menjelaskan bagaimana individu membangun makna dan konsep ketika berhubungan dengan individu lain. Berdasarkan teori ini, individu memaknai pengalamannya dan mencoba memahami dunia berdasarkan pengalamannya. Tokoh yang mengembangkan teori ini antara lain Edmund Husserl, Alfred Schutz, dan Peter L. Berger. Fenomenologi bertujuan mendapatkan data berdasarkan pengalaman-pengalaman individu dalam kehidupan sehari-harinya.</p><p>Penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Bagi para penganut paradigma ini subjek masih memiliki kesempatan untuk berkreasi dan otonom. Individu tidak dipandang sebagai subjek yang selalu dikontrol sepenuhnya oleh norma dan aturan sosial. Hal inilah yang membedakan dengar paradigma fakta sosial yang selalu menekankan norma dan aturan sosial yang dianggap mampu menguasai individu ketika hidup bermasyarakat.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial adalah interaksionisme simbolik, tindakan sosial, dan fenomenologi. Menurut Max Weber, paradigma definisi sosial berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial dan makna dari tindakan tersebut.

Interaksionisme simbolik merupakan teori yang dikembangkan oleh George Herbert Mead.Teori tersebut menjelaskan tentang makna dan simbol dalam interaksi sosial yang dilekatkan individu pada lingkungannya. Individu dalam melakukan tindakan sosial memiliki berbagai motif yang dilakukan berdasarkan keyakinan individu sebagai bagian dari pemaknaan individu atas situasi dan kondisi suatu masyarakat. Contoh seseorang memakai pakaian, jaket, atau sepatu yang menunjukkan suatu merek tertentu ketika bermain dengan temannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki motivasi tertentu ketika memakai barang bermerek, misalnya dengan maksud untuk menunjukkan simbol, status sosial, atau mengikuti tren masa kini.

Adapun fenomenologi merupakan salah satu teori dalam paradigma ini yang menjelaskan bagaimana individu membangun makna dan konsep ketika berhubungan dengan individu lain. Berdasarkan teori ini, individu memaknai pengalamannya dan mencoba memahami dunia berdasarkan pengalamannya. Tokoh yang mengembangkan teori ini antara lain Edmund Husserl, Alfred Schutz, dan Peter L. Berger. Fenomenologi bertujuan mendapatkan data berdasarkan pengalaman-pengalaman individu dalam kehidupan sehari-harinya.

Penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Bagi para penganut paradigma ini subjek masih memiliki kesempatan untuk berkreasi dan otonom. Individu tidak dipandang sebagai subjek yang selalu dikontrol sepenuhnya oleh norma dan aturan sosial. Hal inilah yang membedakan dengar paradigma fakta sosial yang selalu menekankan norma dan aturan sosial yang dianggap mampu menguasai individu ketika hidup bermasyarakat.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 01:17

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan subjek Sosiologi, khususnya teori paradigma definisi sosial oleh Max Weber. Paradigma ini berfokus pada pemahaman dan interpretasi alasan individu melakukan tindakan sosial. Penjelasan: 1. Paradigma definisi sosial dikemukakan oleh Weber sebagai studi tentang tindakan sosial antar hubungan sosial. Maksud dari tindakan sosial yakni tindakan individu yang mempunyai makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada orang lain. 2. Beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial antara lain: - Teori Aksi (Action Theory): Teori ini berfokus pada pemahaman tindakan individu dan proses sosial yang melibatkan interaksi antar individu. - Teori Interaksionisme Simbolik: Teori ini berfokus pada cara individu memahami dan menafsirkan tindakan sosial mereka berdasarkan simbol dan tanda. - Teori Fenomenologi: Teori ini berfokus pada pengalaman subjektif individu dan bagaimana mereka memahami dan menafsirkan dunia mereka. Kesimpulan: Paradigma definisi sosial oleh Max Weber berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial. Beberapa teori utama yang lahir dari paradigma ini antara lain Teori Aksi, Teori Interaksionisme Simbolik, dan Teori Fenomenologi. Semoga penjelasan ini membantu kamu ๐Ÿ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Flexing menjadi bentuk perubahan sosial kontemporer sebagai akibat kemunculan media sosial. Kehadiran media baru tersebut berdampak pada kemampuan individu dan masyarakat dalam menggunakan media. Selain menjadi konsumen, mereka dapat pula menjadi produsen atas suatu konten media sehingga mereka dapat membuat berita tentang dirinya, seperti flexing. Perubahan sosial masyarakat dalam mengunakan media ini dapat dipahami secara tepat dengan menggunakan perspektif teori..... (A) evolusi (B) konflik (C) fungsional (D) siklus Tolong pakai pembahasannya

59

0.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

19

0.0

Jawaban terverifikasi