Rifid R

11 Februari 2024 15:23

Iklan

Iklan

Rifid R

11 Februari 2024 15:23

Pertanyaan

Menurut Lewis A. Coser, konflik merupakan peristiwa normal yang dapat memperkuat struktur hubungan-hubungan sosial. Tidak adanya konflik dalam sebuah masyarakat tidak dapat dianggap sebagai petunjuk kekuatan dan stabilitas hubungan sosial masyarakatnya. Konflik yang diungkapkan dapat merupakan tanda hubungan sosial yang hidup dan dinamis. Sebenarnya, masyarakat yang memperbolehkan terjadinya konflik adalah masyarakat yang cenderung terhindar dari kemungkinan ledakan konflik dan kehancuran struktur sosial Maksud dari Lewis A Coser adalah?

 Menurut Lewis A. Coser, konflik merupakan peristiwa normal yang dapat memperkuat struktur hubungan-hubungan sosial. Tidak adanya konflik dalam sebuah masyarakat tidak dapat dianggap sebagai petunjuk kekuatan dan stabilitas hubungan sosial masyarakatnya. Konflik yang diungkapkan dapat merupakan tanda hubungan sosial yang hidup dan dinamis. Sebenarnya, masyarakat yang memperbolehkan terjadinya konflik adalah masyarakat yang cenderung terhindar dari kemungkinan ledakan konflik dan kehancuran struktur sosial

 

Maksud dari Lewis A Coser adalah?


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Scuta S

12 Februari 2024 11:46

Jawaban terverifikasi

Menurut Lewis A. Coser, konflik adalah bagian normal dari kehidupan sosial dan dapat memiliki efek positif dalam memperkuat struktur hubungan sosial. Ia berpendapat bahwa ketiadaan konflik dalam sebuah masyarakat tidak selalu menunjukkan kekuatan atau stabilitas hubungan sosialnya. Sebaliknya, keberadaan konflik yang diungkapkan secara sehat dapat menjadi indikator hubungan sosial yang hidup dan dinamis. Coser berpendapat bahwa masyarakat yang mengizinkan terjadinya konflik memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami ledakan konflik yang merusak struktur sosial. Dalam konteks ini, konflik yang diizinkan dan diungkapkan secara konstruktif dapat menjadi saluran untuk menyelesaikan ketegangan dan perbedaan dalam masyarakat. Dengan memperbolehkan dan menghadapi konflik, masyarakat dapat menemukan solusi yang lebih baik dan memperbaiki hubungan sosial yang ada. Dalam pandangan Coser, konflik tidak selalu negatif atau destruktif. Konflik yang diungkapkan dengan cara yang sehat dan konstruktif dapat membantu masyarakat untuk tumbuh dan berkembang. Konflik dapat memicu perubahan sosial yang diperlukan, memperkuat ikatan sosial, dan mendorong inovasi. Dengan demikian, Coser berpendapat bahwa masyarakat yang mampu mengelola konflik dengan baik dan memperbolehkannya terjadi memiliki kemungkinan lebih besar untuk mencapai stabilitas jangka panjang dan menghindari ledakan konflik yang merusak struktur sosial. _________ semoga membantu ✨


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 April 2024 13:46

Jawaban terverifikasi

Lewis A. Coser menyatakan bahwa konflik merupakan fenomena yang normal dalam masyarakat dan dapat memperkuat struktur hubungan sosial. Menurutnya, ketiadaan konflik bukanlah indikator kekuatan atau stabilitas sosial, melainkan konflik yang dikelola dengan baik dapat mencerminkan hubungan sosial yang hidup dan dinamis. Dengan memperbolehkan konflik, masyarakat dapat mengurangi kemungkinan ledakan konflik yang merusak struktur sosial secara keseluruhan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepercayaan sebagian masyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki, sekarang ini sudah tidak sesuai lagi karena dapat menimbulkan masalah sosial. Ilustrasi tersebut menggambarkan gejala sosial yang berkaitan dengan keinginan di masyarakat dan tingkat peledakan pertumbuhan penduduk di masyarakat. Hal yang mendasari gejala sosial tersebut menjadi sebuah masalah sosial adalah…. A. Pihak penentu masalah sosial B. Persepsi mengenai masalah sosial C. Masalah manifes dan masalah laten D. Perbedaan antara standar dan realitas E. Ukuran nilai dan norma Tolong bantu kak :")

9

0.0

Jawaban terverifikasi