Howl'S H

22 Februari 2024 13:57

Iklan

Iklan

Howl'S H

22 Februari 2024 13:57

Pertanyaan

Mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang?

Mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

23 Februari 2024 03:53

Jawaban terverifikasi

<h2><strong>Mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang?</strong></h2><p>Perubahan harga barang komplementer dapat memengaruhi permintaan suatu barang karena adanya hubungan <strong>komplementer</strong> antara kedua barang tersebut. Barang komplementer adalah dua barang yang saling melengkapi dan digunakan bersama-sama. Ketika harga satu barang berubah, permintaan untuk barang komplementernya juga akan berubah.</p><p>Berikut adalah beberapa alasan mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang:</p><p><strong>1. Efek Substitusi:</strong></p><p>Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan mencari alternatif yang lebih murah. Hal ini dapat meningkatkan permintaan untuk barang komplementer lainnya yang memiliki harga lebih rendah.</p><p><strong>Contoh:</strong></p><ul><li><strong>Harga bensin naik:</strong> Konsumen mungkin beralih ke kendaraan yang lebih hemat bahan bakar, seperti sepeda motor atau mobil hybrid. Hal ini dapat meningkatkan permintaan untuk sepeda motor dan mobil hybrid.</li></ul><p><strong>2. Efek Keterkaitan:</strong></p><p>Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan membeli lebih sedikit dari kedua barang tersebut. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk barang utama dan barang komplementernya.</p><p><strong>Contoh:</strong></p><ul><li><strong>Harga printer naik:</strong> Konsumen mungkin akan membeli lebih sedikit printer dan tinta printer. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk printer dan tinta printer.</li></ul><p><strong>3. Efek Pendapatan:</strong></p><p>Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan memiliki lebih sedikit uang untuk membeli barang lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk semua barang, termasuk barang komplementernya.</p><p><strong>Contoh:</strong></p><ul><li><strong>Harga makanan naik:</strong> Konsumen mungkin akan memiliki lebih sedikit uang untuk membeli hiburan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk tiket film dan acara konser.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Perubahan harga barang komplementer dapat memengaruhi permintaan suatu barang melalui efek substitusi, efek keterkaitan, dan efek pendapatan. Arah perubahan permintaan akan tergantung pada jenis barang komplementer dan sifat perubahan harga.</p><p><strong>Catatan:</strong></p><ul><li>Analisis ini berdasarkan asumsi bahwa konsumen rasional dan selalu berusaha memaksimalkan utilitas mereka.</li><li>Faktor lain, seperti preferensi konsumen dan kondisi ekonomi, juga dapat memengaruhi permintaan suatu barang.</li></ul><p>Semoga penjelasan ini membantu!</p>

Mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang?

Perubahan harga barang komplementer dapat memengaruhi permintaan suatu barang karena adanya hubungan komplementer antara kedua barang tersebut. Barang komplementer adalah dua barang yang saling melengkapi dan digunakan bersama-sama. Ketika harga satu barang berubah, permintaan untuk barang komplementernya juga akan berubah.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perubahan harga barang komplementer dapat memenuhi permintaan suatu barang:

1. Efek Substitusi:

Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan mencari alternatif yang lebih murah. Hal ini dapat meningkatkan permintaan untuk barang komplementer lainnya yang memiliki harga lebih rendah.

Contoh:

  • Harga bensin naik: Konsumen mungkin beralih ke kendaraan yang lebih hemat bahan bakar, seperti sepeda motor atau mobil hybrid. Hal ini dapat meningkatkan permintaan untuk sepeda motor dan mobil hybrid.

2. Efek Keterkaitan:

Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan membeli lebih sedikit dari kedua barang tersebut. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk barang utama dan barang komplementernya.

Contoh:

  • Harga printer naik: Konsumen mungkin akan membeli lebih sedikit printer dan tinta printer. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk printer dan tinta printer.

3. Efek Pendapatan:

Ketika harga satu barang komplementer naik, konsumen mungkin akan memiliki lebih sedikit uang untuk membeli barang lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk semua barang, termasuk barang komplementernya.

Contoh:

  • Harga makanan naik: Konsumen mungkin akan memiliki lebih sedikit uang untuk membeli hiburan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan untuk tiket film dan acara konser.

Kesimpulan:

Perubahan harga barang komplementer dapat memengaruhi permintaan suatu barang melalui efek substitusi, efek keterkaitan, dan efek pendapatan. Arah perubahan permintaan akan tergantung pada jenis barang komplementer dan sifat perubahan harga.

Catatan:

  • Analisis ini berdasarkan asumsi bahwa konsumen rasional dan selalu berusaha memaksimalkan utilitas mereka.
  • Faktor lain, seperti preferensi konsumen dan kondisi ekonomi, juga dapat memengaruhi permintaan suatu barang.

Semoga penjelasan ini membantu!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi uang dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli terdiri dari medium of exchange dan unit of account. Adapun fungsi turunan terdiri dari uang sebagai alat pembayaran, alat penyimpan kekayaan, alat pembentuk modal, alat pemindah kekayaan, dan alat penunjuk harga. Pernyataan yang menunjukkan penerapan fungsi turunan uang yaitu ..... (Jawaban lebih dari satu) A. Pak Samsul membayar cicilan utang beserta bunganya sejumlah Rp312.000,00 B. Bu Romlah membayar uang SPP anaknya sebesar Rp250.000,00 setiap bulan. C. Harga sekilo daging ayam Rp40.000,00 dan harga sekilo daging sapi Rp125.000,00. D. Mira menyimpan sebagian uang sakunya untuk ditabung. E. Pak Setio menggunakan uang pensiun untuk mendirikan bengkel di dekat rumahnya.

7

5.0

Jawaban terverifikasi