Dhia F

30 Agustus 2024 13:16

Iklan

Dhia F

30 Agustus 2024 13:16

Pertanyaan

Mengapa nilai - nilai pancasila di katakan subjektif?? Bantu jawab dongg,secepatnya

Mengapa nilai - nilai pancasila di katakan subjektif?? 

Bantu jawab dongg,secepatnya

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

04

:

57

:

17

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Humayra G

30 Agustus 2024 15:00

Jawaban terverifikasi

<p>nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif menjelaskan bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. Dapat dijelaskan sebab : Nilai-nilai Pancasila itu timbul dari bangsa Indonesia.</p>

nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif menjelaskan bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. Dapat dijelaskan sebab : Nilai-nilai Pancasila itu timbul dari bangsa Indonesia.


Iklan

Rendi R

Community

01 September 2024 23:53

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Nilai-nilai Pancasila dikatakan <strong>subjektif</strong> karena nilai-nilai tersebut berasal dari kesadaran, keyakinan, dan pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri. Subjektifitas dalam konteks ini merujuk pada bagaimana nilai-nilai Pancasila mencerminkan aspirasi, budaya, pengalaman, dan konsensus masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, Pancasila merupakan hasil dari perenungan dan kesepakatan bangsa Indonesia tentang dasar filosofis dan ideologis negara, yang tumbuh dan berkembang dari dalam masyarakat itu sendiri, bukan dari pengaruh luar.</p><p>Subjektivitas Pancasila juga terlihat dari cara nilai-nilai tersebut diterapkan dan diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap individu dan kelompok di Indonesia, yang bisa berbeda tergantung pada latar belakang, pemahaman, dan kondisi sosial budaya masing-masing. Jadi, meskipun Pancasila bersifat universal dalam nilai-nilainya seperti kemanusiaan dan keadilan, penerapan dan penghayatannya bisa bervariasi, mencerminkan sifat subjektif dari nilai-nilai tersebut.</p>

 

Nilai-nilai Pancasila dikatakan subjektif karena nilai-nilai tersebut berasal dari kesadaran, keyakinan, dan pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri. Subjektifitas dalam konteks ini merujuk pada bagaimana nilai-nilai Pancasila mencerminkan aspirasi, budaya, pengalaman, dan konsensus masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, Pancasila merupakan hasil dari perenungan dan kesepakatan bangsa Indonesia tentang dasar filosofis dan ideologis negara, yang tumbuh dan berkembang dari dalam masyarakat itu sendiri, bukan dari pengaruh luar.

Subjektivitas Pancasila juga terlihat dari cara nilai-nilai tersebut diterapkan dan diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap individu dan kelompok di Indonesia, yang bisa berbeda tergantung pada latar belakang, pemahaman, dan kondisi sosial budaya masing-masing. Jadi, meskipun Pancasila bersifat universal dalam nilai-nilainya seperti kemanusiaan dan keadilan, penerapan dan penghayatannya bisa bervariasi, mencerminkan sifat subjektif dari nilai-nilai tersebut.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan